Tren Ngopi akan Semakin Marak di 2020, Bisnis Kopi Menjamur!

0

KabarUang.com, Jakarta – Penggemar kopi kini dimanjakan dengan banyaknya gerai kopi yang menjamur. Kabarnya, tren ngopi ini juga akan semakin marak untuk beberapa tahun ke depan seiring dengan hidup kaum urban.

Ilustrasi via Katadata

Hal ini sejalan dengan riset yang dilakukan oleh Toffin, Ario Fajar yang mengatakan bahwa tren ini berkembang tiga kali lipat. Lebih banyak dibanding dengan tahun 2016 silam. Jika saat itu hanya ada sekitar 1.000 kedai, maka untuk Agustus 2019 ini sudah ada sebanyak 2.950 kedai di Indonesia.

Bisnis Kedai Kopi akan semakin menjamur

“Kami perkirakan pada 2020 tren ini akan berlanjut berdasarkan insight dari konsumen yang dikumpulkan melalui survei online kepada kalangan muda, yakni generasi Y dan Z penggemar kopi di Indonesia,”ungkapnya selaku Head of Marketing Toffin, Ario Fajar di Jakarta beberapa hari silam, dilansir sindonews.com.

Baca Juga  Sri Mulyani Mulai Optimalisasi Penerimaan Negara Sampai Kemudahan Untuk Berusaha

Beliau juga mengatakan bahwa kedepannya industri kopi ini akan ditopang dengan keberadaan konsep kedai Coffe to Go. Nantinya gerai ini akan menyediakan produk Ready to Drink (RTD). Dia mengatakan konsumen akan memilih kopi berkualitas dengan harga yang terjangkau.

“Ini akan sangat diminati generasi yang mendominasi populasi Indonesia saat ini,”ungkapnya.

Di sisi lain, pengamat marketing Yushohady mengatakan bahwa dalam lima tahun belakangan ini, bisnis kopi belum menemukan titik jenuhnya. Menurutnya, bisnis kopi nasional ini bisa menjadi tren karena faktor ekosistem yang sesuai dengan masyarakat. Khususnya mahasiswa dan para pekerja.

Baca Juga  Jadi Petani Hidroponik 'Zaman Now' Bisa Jadi Miliarder ?

Beberapa faktor pentingnya yakni adalah faktor nongkrong yang sudah menjadi habit. Ditambah penggunaan sosial media yang semakin marak digunakan. “Beberapa faktor tersebut membentuk ekosistem yang pas. Misalnya para pekerja dan mahasiswa butuh Wi-Fi dan ruangan AC untuk bekerja dan bersosialisasi. Ini lalu menjadi value,”tambah Yuswohady.

Selain itu, dirinya juga menilai bahwa adanya kelebihan suplai kopi di Indonesia juga menjadi faktor penting mengapa warung kopi bisa secara merata melakukan produksi. Lokasi Indonesia yang strategis juga menyebabkan Indonesia menjadi penghasil kopi terbaik yang dimanfaatkan oleh pendiri kedai kopi.

Baca Juga  Subsidi Energi Baru Rp59,4 Triliun Dalam Setengah Tahun

Tren kopi ini juga dimanfaatkan oleh para investor untuk berinvestasi di gerai penyedia minuman kafein itu. Hal ini terbukti dari meningkatkan jumlah investor luar negeri yang menjadi penanam modal kopi-kopi lokal di Indonesia seperti Kopi Kenangan dan Fore.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here