Tips Agar Anak Mau Makan Makanan Sehat!

0

KabarUang.com, Jakarta – Membuat anak mau makan makanan bergizi adalah sebuah perjuangan yang harus ditempuh oleh orangtua. Hal ini karena anak yang susah makan, tidak akan mau makan makanan apapun terlebih makanan sehat.

Tidak peduli sebagus apapun makanan yang anda sajikan, boleh jadi anak anda tetap tidak mau makan. Hal inilah yang membuat para orangtua khawatir dengan kondisi kesehatan anaknya. Kurangnya asupan makanan bergizi membuat anak rentan terkena penyakit.

Ilustrasi via Alodokter

Namun, saat ini sudah ada penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition Education and Behavior. Penelitian ini tips agar anak anda mau makan makanan sehat. Anda harus menyediakan makanan dengan frase nutrisi yang berpusat pada anak anda agar dia mau memakan makanan yang anda sajikan.

Baca Juga  8 Tips Investasi Pasif Income

Pada studi yang dilakukan oleh Washington State University Vancouver, para peneliti mendekati 98 keluarga. Rata-rata usia anaknya yakni 6 hingga 9 tahun. Penelitian ini dilakukan sebanyak 6 minggu. Makanan sehat yang disediakan berupa sayuran seperti tomat, paprika, lentil dan quinoa.

Terdapat tiga cara yang dilakukan oleh peneliti. Dilansir dari bisnis.com kasus pertama, mereka berulang kali terpapar pada satu makanan. Kedua, mereka terpapar makanan dengan frase nutrisi yang berpusat pada anak. Terakhir, dua makanan disajikan tanpa intervensi.

Hasilnya mengejutkan. Cara kedua adalah cara paling efektif yang bisa dilakukan untuk membuat anak mau makan makanan sehat. Frase yang berpusat pada anak bisa diartikan sebagai sebuah ungkapan motivasi.

Baca Juga  Tips Kenalkan Agama pada Anak Sejak Dini!

Buatlah ungkapan spesifik agar anak anda mau makan makanan sehat

Buatlah ungkapan yang lebih spesifik dibanding dengan mengatakan bahwa ‘sayuran itu sehat’. Jadi, buatlah suatu ungkapan yang membuat mereka mau memakan sayuran yang anda sajikan. Misalnya saja dengan ungkapan ‘Beetroot akan membantu kamu berlari cepat dan melompat lebih tinggi’. ‘Wortel akan membuat matamu bagus’. ‘Buah akan membuat kamu menjadi lebih pintar’.

Ungkapan seperti inilah yang membuat anak mau makan makanan sehat karena ada tujuan yang jelas. Untuk itu, anda juga perlu mengedukasi diri anda tentang makanan sehat. Seperti mengetahui apa kandungan yang ada di dalam buah dan sayur. Selain itu, anda juga harus mengetahui manfaat dari mengkonsumsi buah dan sayur itu sendiri.

Baca Juga  Cara Mengambil Uang di ATM Mandiri

Itulah tips yang bisa anda lakukan agar anda mau makan makanan sehat. Buatlah ungkapan spesifik yang membuat anak anda jatuh cinta dengan makanan sehat. Selamat mencoba.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here