Perkembangan Investasi di Indonesia – Data BKPM (PMDN dan PMA)

0
Grafik trend perkembangan investasi di Indonesia tahun 2015 - 2019 (target vs realisasi)
Ilustrasi Kinerja Investasi Indonesia via Katadata.co.id

Perkembangan investasi di Indonesia dari sisi angka mengalami trend peningkatan meskipun cenderung melambat. Hal ini terlihat dari laporan data realisasi investasi Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) baik dalam bentuk realisasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) maupun realisasi Penanaman Modal Asing (PMA).

Pengertian Investasi Menurut Para Ahli

Pengertian Investasi Menurut Para Ahli
Ilustrasi pengertian investasi

Pengertian investasi menurut beberapa ahli adalah suatu tindakan atau aktivitas pada suatu tempat atau instrument pada periode tertentu dengan pengharapan memperoleh keuntungan atau peningkatan nilai dari hasil penggunaan dana tersebut.

Investasi menurut Salim HS dan Budi Sutrisno adalah suatu aktivitas penanaman modal yang dilakukan oleh penanam modal (investor), baik investor lokal maupun investor asing dalam berbagai jenis usaha yang terbuka untuk investasi.

Menurut James C VanHorne pengertian investasi adalah suatu kegiatan memanfaatkan kas pada saat ini dengan tujuan untuk mendapatkan hasil barang di masa yang akan dating.

Tujuan Investasi Dalam Usaha

Dari beberapa defenisi ahli terkait investasi, secara general dapat disimpulakn beberapa tujuan dari aktivitas penanaman modal atau investasi. Berikut beberapa diantara tujuan investasi.

1. Mendapatkan pemasukan atau penghasilan

Melalui instrumen investasi, investor berharap memperoleh pemasukan atau penghasilan tetap dan cenderung bertambah melebihi nilai yang diinvestasikan dalam jangka waktu menengah dan panjang.

2. Ekspansi atau memperbesar skala usaha/bisnis/asset/keuangan

Dengan investasi, investor mengharapkan bertambahnya skala usaha atau bisnis yang sedang dibangun, memperbesar jumlah dan value asset yang berdampak pada peningkatan kondisi keuangan dari investor maupun bisnisnya.

3. Jaminan usaha/bisnis

Dari investasi di berbagai sektor investor baik perorangan maupun badan usaha mengharapkan adanya jaminan berdasarkan investasi mereka terhadap keberlangsungan usaha atau bisnisnya untuk jangka waktu tertentu.

4. Mengurangi terjadinya persaingan usaha secara langsung

Investasi merupakan salah satu metode memperoleh penghasilan bagi penanam modal tanpa harus melakukan persaingan langsung sebagaimana yang terjadi pada pemilik usaha atau bisnis, dimana untuk membangun bisnisnya untuk memperoleh margin dan hasil usaha, harus melalui persaingan dengan perusahaan lain dalam industri yang sama.

Baca Juga  3 Cara Memulai Investasi Saham Bagi Pemula

Bentuk dan Jenis Investasi

Bentuk-bentuk dari investasi secara umum dapat dibedakan atas Investasi pada Aktiva Riil dan Investasi pada Aktiva Finansial.

Sedangkan jenis-jenis investasi yang biasa dilakukan oleh investor baik perorangan maupun badan usaha diantaranya adalah Deposito, Investasi Saham, Reksadana, Obligasi, Properti dan Investasi Emas.

Perkembangan Investasi di Indonesia

Investasi merupakan kontributor terbesar kedua dalam perekonomian Indonesia
Ilustrasi Perkembangan Investasi di Indonesia

Investasi merupakan kontributor terbesar kedua dalam perekonomian Indonesia dari sisi pengeluaran setelah konsumsi. Investasi memiliki persentasi signifikan dalam menopang perekonomian negara.

Data Perkembangan Investasi di Indonesia Tahun 2015 – Tahun 2019 (Perbandingan Kinerja Target dan Realisasi)

Perkembangan kinerja investasi pada tahun 2015 dari target investasi Rp 519,5 triliun, tercapai realisasi investasi sebesar Rp 545,4 triliun. Angka ini naik di tahun 2016, dimana dari target investasi Rp 594,8 triliun, terealisasi investasi sebesar Rp 612,8 triliun.

Pada tahun berikutnya 2017, dari target investasi sebesar Rp 678,8 trilun, dicapai realisasi perkembangan investasi di Indonesia sebesar Rp 692,8 triliun. Penurunan kinerja terjadi pada tahun 2018. Di tahun 2018 dari target investasi sebesar Rp 765 triliun, hanya terealisasi Rp 721,3 triliun (tidak tercapai).

Hal yang sama terjadi pada tahun 2019, dimana dari target investasi sebesar Rp 792 triliun, data hingga oktober tahun 2019 baru mencapai Rp 601,3 triliun (Data BKPM, Bank Dunia, OECD, Kemenkeu & Katadata).

Data Kinerja Investasi di Indonesia Triwulan III tahun 2019

Data Kinerja Investasi di Indonesia Triwulan III tahun 2019
Ilustrasi Kinerja Investasi via mediumcom

Realisasi perkembangan investasi di Indonesia periode Triwulan III (Juli-September) tahun 2019 dari data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencapai Rp 205,7 triliun, tercata mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2018 sebesar 18,4%.

Baca Juga  Dolar Kini Menguat Ditopang Positifnya Data Ekonomi AS

Dari angka realisasi investasi tersebut, realisasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) mengalami kenaikan 18,9% dari periode sama tahun 2018 yaitu sebesar Rp 100,7 triliun.

Sisanya merupakan realisasi investasi Penanaman Modal Asing (PMA) yang juga mengalami kenaikan 17,8% dari periode sama tahun 2018 yaitu Rp 105 triliun.

Dari realisasi Penanaman Modal Asing (PMA), Singapura menyumbang angka US$ 1,9 miliar (27,1%), Belanda sebesar US$ 1,4 miliar (20%), Tiongkok di angka US$ 1 miliar (14,3%), Jepang menyumbang US$ 0,9 miliar (12,9%) serta Hongkong sebesar US$ 0,5 miliar (5,7%).

Berdasarkan sektor usaha, PMDN dan PMA memperoleh angka realisasi perkembangan investasi di Indonesia dari sektor Transportasi, Gudang dan telekomunikasi dengan nilai Rp 39,3 triliun (19,1%), sektor Listrik, Gas dan Air sebesar Rp 39,1 triliun (19%), sektor Konstruksi menyumbang Rp 16,9 triliun (8,2%), sektor Perumahan, Kawasan Industri dan Perkantoran realisasi investasi di angka Rp 16,9 triliun (8,2%) dan sektor Tanaman Pangan, Perkebunan, dan Peternakan yang menyumbang realisasi sebesar Rp 15,6 trilun (7,6%).

Dari data sebaran wilayah perkembangan investasi di Indonesia untuk realisasi Triwulan III tahun 2019, Pulau Jawa masih menguasai konsentrasi tujuan penanaman modal yakni sebesar Rp 112,1 triliun. Angka ini mengalami kenaikan sebesar 14,4% dibanding periode yang sama tahun 2018.

Dari Rp 112,1 triliun investasi di Pulau Jawa, sumbangan berasal dari beberapa proyek besar di wilayah pulau Jawa yakni; DKI Jakarta dengan nilai proyek sebesar Rp 41,1 triliun (20%), Riau sebesar Rp 13,1 triliun (6,4%), Jawa Barat menymbang angka sebesar Rp 33m4 triliun (16,2%), Jawa Tengah di angka Rp 11,1 triliun (5,4%), serta Jawa Timur yang realisasi investasinya mencapai angka Rp 14,8 triliun (7,2%).

Baca Juga  Dari Korea Selatan, Jokowi Bawa Hyundai Investasi ke Indonesia Senilai Rp 21 Triliun

Tantangan dan Hambatan Investasi di Indonesia

Di tahun 2019 telah tercatat 190 kasus yang menjadi hambatan perkembangan investasi di Indonesia. Hambatan tersebut berasal dari 32,6% terkendala pada perizinan. 17,3% terhambat pada proses pengadaan dan pembebasan lahan. 15,2% terhambat regulasi dan 24,9% faktor lainnya.

Konsentrasi Investasi Berdasarkan Wilayah di Indonesia

Peta Sebaran Wilayah Investasi di Indonesia

Dari perspektif sebaran wilayah investasi, data per kuartal III tahun 2019 tercatat investasi terfokus di wilyaha pulau Jawa yakni sebesar 54,9% dan 45,1% sisanya tersebar di berbagai wilayah di luar pulau Jawa.

Pandangan Dunia Internasional Terhadap Pertumbuhan Investasi Indonesia

Bank Dunia merilis peringkat kemudahan berusaha atau Ease of Doing Business. Data pada tahun 2019, dari target peringkat 40 dunia, Indonesia menduduki peringkat 73 dunia.

Menurut Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) data tahun 2018 merilis peringkat Indonesia di Asia Tenggara dari negara yang memiliki regulasi dinilai menghambat perkembangan investasi berada pada posisi ke-2 setelah negara Filipina.

Demikian data statistik kinerja pertumbuhan atau perkembangan investasi di Indonesia yang disarikan dari berbagai sumber diantaranya Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Balai Pusat Statistik (BPS), Bank Dunia, Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD), Katadata, Kemenkeu RI dan sumber lainnya, semoga bermanfaat!

Baca juga:

  1. Posisi Investasi Internasional Indonesia Kini Mulai Merangkak Naik
  2. Iklim Investasi Membaik Dana Asing Masuk Indonesia Capai Rp 49,6 Triliun
  3. [Infografik] Data Kinerja Investasi Indonesia Tahun 2015 – 2019

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here