Pentingnya Menghindari Perilaku Konsumtif dan Tips Cara Menghindarinya

0
Ilustrasi via lastlongerrightnowcom

KabarUang.com, Jakarta – Teknologi adalah sebuah media yang digunakan manusia untuk membantu menjalankan aktifitas termasuk berbelanja.

Penerapan teknologi untuk berbelanja dan bertransaksi tentunya menimbulkan banyak akibat yang diterima konsumen, salah satunya adalah perilaku konsumtif

Konsumtif adalah sebuah perilaku dimana seseorang sangat suka menghabiskan uangnya untuk berbelanja barang barang yang tidak dibutuhkan.

Akibat dari perilaku konsumtif kita sering kali tidak menyadari uang kita habis karena perilaku tersebut, selain itu perilaku konsumtif dapat mengurangi kesempatan seseorang untuk menabung karena uangnya habis untuk berbelanja.

Perilaku konsumtif juga dapat mengakibatkan inflasi, seperti dimuat di softwaretokonet, apabila masyarakat mempunyai perilaku konsumtif, permintaan barang dan jasa akan naik.

Baca Juga  Simak Bahan Alami Untuk Rambut Agar Tidak Gampang Rontok

Meningkatnya permintaan barang dan jasa akan menyebabkan harga-harga secara umum juga mengalami kenaikan, dengan demikian perilaku konsumtif akan dapat menimbulkan inflasi.

Oleh karena itu perilaku konsumtif merupakan kebiasaan buruk yang harus dihilangkan.

Berikut merupakan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meghilangkan perilaku konsumtif:

1. Membuat Batasan Pengeluaran Harian

Membatasi pengeluaran setiap hari merupakan sebuah hal kecil yang sangat penting untuk menghindari perilaku konsumtif, dengan membuat batasan pengeluaran tiap harinya maka keuangan akan lebih terkontrol.

Baca Juga  Kemendagri Kini Usulkan Tidak Ada Pilkada di Lokasi Ibu Kota Baru Yang Baru

2. Memprioritaskan Kebutuhan

Terkadang kita tidak menyadari bahwa barang yang dibeli itu merupakan barang yang tidak terlalu dibutuhkan atau malah tidak dibutuhkan sama sekali.

Oleh karena itu sebelum membeli barang sebaiknya berpikirlah terlebih dulu, apakah barang yang akan dibeli dibutuhkan atau tidak dibutuhkan.

3. Kurangi Jalan jalan di Mall

Wajar jika setiap kali jalan jalan di sebuah mall pasti setiap orang akan tertarik untuk membeli sesuatu. Sebab itu jika ingin mengurangi perilaku konsumtif kita harus mengurangi jalan jalan di mall.

Baca Juga  Transaksi Digital Menjamur, Bagaimana Nasib Uang Tunai Saat Ini?

4. Menabung

Menabung merupakan sebuah hal yang baik untuk menghindari perilaku konsumtif. Jika menabung sudah menjadi kebiasaan, maka tindakan yang mulanya konsumtif atau suka menghabiskan uang akan berubah menjadi tindakan yang tidak akan merugikan.

Menabung sangat berguna bagi masa depan kita maupun keturunan kita nanti.

Penulis: Paxy Ramadhan
Editor: Muh Karu

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here