Mulai Februari 2020 Mendatang, Whatsapp Tak Bisa Pakai HP Jadul

Ada berita buruk untuk pengguna smartphone jadul alias keluaran lama di tahun baru ini. Aplikasi WhatsApp di ponsel-ponsel itu segera tidak bisa menggunakan WhatsApp lagi, nih.

0
ilustrasi via livemint com
ilustrasi via livemint com

KabarUang.com , Jakarta – Ada berita buruk untuk pengguna smartphone jadul alias keluaran lama di tahun baru ini. Aplikasi WhatsApp di ponsel-ponsel itu segera tidak bisa menggunakan WhatsApp lagi, nih.

Kebijakan WhatsApp ini karena pihak aplikasi mengatakan berhenti mendukung sistem operasi yang sudah berusia lama itu. Mulai dari Windows Phone, Android, dan iOS kena imbas dari kebijakan ini.

Pertama yang perlu bersiap-siap adalah pengguna  Windows Phone, sistem operasi ini segera dimatikan pada akhir tahun. Sedangkan untuk sistem operasi Android dan iOS masih bisa hidup hingga Februari tahun depan.

Baca Juga  APBN 2020 Dorong Untuk Dukung Pencapaian Prioritas Pembangunan Nasional

Jadi, bagi para pengguna Android versi 2.3.7, iPhone dengan iOS 8 ataupun lebih tua lagi masih bisa menggunakan WhatsApp hingga 1 Februari 2020 mendatang, dilansir laman Channel News Asia, Minggu, 15 Desember 2019.

Untuk pengguna dengan sistem operasi tersebut nantinya tidak akan bisa membuat akun baru. Termasuk juga me-verifikasi akun yang sudah ada pasca Februari tahun depan.

Selain itu mereka yang terdampak ini juga tidak bisa menggunakan sejumlah fitur lagi dalam waktu dekat. Pihak WhatsApp juga telah mengonfirmasi bahwa mereka tidak akan secara aktif lagi mengembangkan aplikasi pada OS-OS jadul tersebut.

Baca Juga  5 Jajaran Bisnis Kuliner Burger Ini Milik Artis Ternama

“Karena Kami tidak lagi secara aktif mengembangkan sistem operasi tersebut, sejumlah fitur kemungkinan akan berhenti berfungsi kapanpun,” kata pihak WhatsApp.

WhatsApp masih akan mendukung pengoperasian aplikasinya pada ponsel Android yang menjalankan OS 4.0.3+. Nasib yang sama juga diterima pada iPhone dengan iOS 9+ dan sejumlah ponsel dengan KaiOS 2.5.1+ termasuk pada JioPhone dan JioPhone 2.

WhatsApp juga mengumumkan akan mencabut dukungan layanannya untuk iPhone lawas, khususnya iPhone yang masih menjalankan iOS 8.

Baca Juga  Pasar Modal RI Ternyata Masih 'Belum Merdeka', Investor Kini Masih Didominasi Asing

Penyetopan ini akan mulai berlaku pada bulan Februari 2020 mendatang.

Menurut keterangan dari WhatsApp, saat ini pengguna iOS 8 sudah tidak bisa membuat akun baru atau memverifikasi akun yang sudah ada di aplikasi tersebut.

“Kalau sekarang WhatsApp masih aktif di perangkat iOS 8 Anda, maka Anda bisa menggunakannya sampai 1 Februari 2020,” tulis WhatsApp.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here