Tips Libas Stress! 3 Cara Ini Ampuh Bantu Kamu Atasi Stress

0

KabarUang.com, Jakarta – Pernah gak sih merasa stress ? Sampai akhirnya ga bisa berpikir jernih. Bahkan, stress juga sangat berdampak pada kehidupan. Kamu yang harusnya belajar untuk ujian besok, malah ga bisa belajar sama sekali karena stress itu sendiri.

Ilustrasi via unsplash/icons8

Mungkin juga tugas yang kamu hadapi saat ini sangat kompleks, tapi stress yang kamu alami mengganggu kamu. Ketika kamu tahu bagaimana caranya mengatasi stress, kamu bisa jadi probadi yang lebih produktif. Berikut ini cara ampuh yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi stress :

1. Treat Assesment

Intinya ketika kamu menghadapi suatu masalah, coba tanyakan apa inti masalah yang kamu hadapi. Sebagian besar masalah yang kamu hadapi itu kemungkinan sudah pernah kamu alami sebelumnya. Masalah deadline, masalah sosial sama temen, masalah soal komunikasi sama pacar dan masih banyak masalah lainnya.

Baca Juga  Ingin Liburan Tapi Dompet Tetep Aman, Yuk Simak Tips nya Disini

Lalu kalau ternyata masalahnya memang bener-bener baru gimana? Misalnya masalah skripsi yang baru kamu hadapi. Nah, kalau hal ini terjadi sama kamu, yang harus kamu lakukan adalah pikirkan jenis masalah yang sama dengan masalah yang sedang kamu hadapi itu. Skripsian itu sama dengan tugas yang harus selesai. Jadi, kamu bisa memikirkan bagaimana caranya menghilangkan stress dari mengalisa masalah dengan positif. Kamu boleh juga bertanya atau mengingat seseorang yang sudah pernah melewati masalah yang sedang kamu hadapi.

2. Keadaan darurat

Langkah selanjutnya untuk mengatasi stress adalah kamu harus mengetahui kapan waktunya keadaan darurat. Keadaan baru bisa dikatakan sebagai keadaan darurat ketika kamu tidak bisa menemukan solusi dari masalah yang dihadapi.

Misalnya kamu sedang menegerjakan skripsi, lalu kamu bingung karena gak ada ide untuk melanjutkan skripsi kamu, bahkan kamu juga merasa takut untuk konsultasi dengan dosen. Sekilas, keadaan ini memang menyebalkan bahkan bisa membuat kamu merasa kelimpungan sendiri. Namun, sebenarnya jika kamu memikirkan masalah ini baik-baik, selalu ada hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi permasalahan ini.

Baca Juga  Tips Hindari Jet Lag Saat Liburan

Kamu bisa googling, bisa mencoba mencari buku lain, bisa minta pendapat kaka tingkatmu yang sudah lulus, bisa minta pendapat ke dosen lain tentang skripsian yang sedang kamu kerjakan. Intinya, fokuslah pada apa yang bisa kamu kerjakan sekarang bukan fokus ke masalahnya.

3. Fokus pada proses

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan adalah fokus pada prosesnya. Sadari bahwa sebenarnya kamu tidak bisa menyelesaikan semua masalah sekaligus. Kamu bisa mengambil langkah kecil yang nantinya langkah ini akan berdampak pada langkah selanjutnya. Misalnya, kembali soal masalah skripsi yang belum selesai dikerjakan.

Baca Juga  Tips Meningkatkan Rasa Percaya Diri dalam Menjalani Hari Esok!

Boleh jadi langkah kecil yang bisa kamu ambil adalah menyalakan laptop. Setelah itu barulah kamu fokus pada proses selanjutnya. Mencari sumber lain atau bertanya misalnya. Kamu tidak akan bisa fokus pada hal besar sebelum kamu memulai langkah kecil. Jadi, tentukan langkah pertama yang akan kamu lakukan, kapan dan dimana kamu akan melakukannya.

Itulah hal yang kamu bisa lakukan untuk mengatasi stress. Intinya, adalah fokus pada solusi yang bisa kamu lakukan saat ini, bukan fokus pada hal-hal yang mungkin belum terjadi di masa depan.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here