Tips Kenali Tanda Bahwa Kamu Berada di Toxic Relationship!

0

KabarUang.com, Jakarta – Menurut John Gottman dalam bukunya “The Four Hoursemen of Marriage” ada 4 hal yang dapat memprediksi perceraian. Dimana ketika keempat ini terjadi, cepat atau lambat pada akhirnya hubungan itu akan berakhir.

Ilustrasi via HelloSehat

Dalam bukunya juga, beliau mengatakan bahwa ketepatan penelitian ini mencapai 85%. Jadi, keempat hal ini adalah tanda-tanda bahwa hubunganmu berada dalam masa kritis.

1. Kritik

Hal pertama yang bisa memicu perceraian adalah kritik. Bukan berarti kamu tidak boleh mengritik pasanganmu agar dia bisa menjadi lebih baik lagi. Namun, kamu juga harus bisa membedakan kritik seperti apa yang diperbolehkan.

Perlu dibedakan bahwa kritik dan keluhan itu jelas berbeda. Kritik itu terjadi ketika yang dipermasalahkan adalah orangnya. Kritik juga memberi kesan bahwa apapun yang dilakukan orang itu adalah masalah. Beda dengan keluhan, dimana kamu tidak suka ketika dia melakukan satu hal yang spesifik. Masalahnya ada di perilakukanya bukan di orangnya.

Baca Juga  Tips Tentang Self-Love dan Cara Menerapkannya!

Dalam sebuah hubungan, komplain itu adalah hal yang baik. Hal ini karena kita bisa mengembangkan hubungan kita dengan pasangan. Namun, kritik, bisa menghancurkan hubungan.

2. Sifat defensif

Sifat defensif ini adalah sifat dimana kamu tidak menerima kritikan ketika kamu melakukan kesalahan. Bahkan, kamu cenderung menyalahkan pasanganmu ketika kamu disalahkan. Hubungan itu bukan pertandingan sepak bola. Jadi, ga usah serangan balik.

Hal yang kamu butuhkan adalah kedewasaan. Kamu bisa dengan mudah mengakui kesalahan tanpa harus menyelahkan siapapun. Bahkan kamu juga bisa menanyakan apa solusi yang tepat agar kamu tidak mengulangi kesalahan yang sama pada pasanganmu.

Baca Juga  Ingin Redakan Asam Lambung? Ini Tips 5 Jus Penetralnya

3. Penghinaan

Selanjutnya toxic relationship bisa kita identifikasi lewat penghinaan. Jika salah satu dari kamu sudah melakukan penghinaan, misalnya dengan melakukan ejekan sarkas, meremehkan profesi atau bahkan meremehkan fisik. Ketika ini terjadi, maka cepat atau lambat kamu akan pisah dengan pasangan.

John Gottman mengatakan bahwa penghinaan adalah prediktor terbaik dari perceraian. Tidak ada penghinaan sedikit pun di pernikahan yang stabil dan bahagia. Jadi, memang semua orang messed up di waktu-waktu tertentu. Namun, penghinaan ini spesial, karena jumlah penghinaan di pernikahan yang stabil dan bahagia itu 0.

Baca Juga  Sering Menunda-nunda Pekerjaan? Ini Dia Kebiasaan Meghan Markle Yang Bisa Ditiru

4. StoneWalling

Stonewalling ini bisa diartikan ngebatu, pura-pura menjadi tembok dan bersikap tidak respect. Jika diaplikasikan kedalam perilaku stonewalling ini seperti tidak membalas chat pasangan atau bahkan memblokir nomor pasangan, buang muka atau bahkan yang lebih jauh dari itu.

Itulah beberapa tanda bahwa kamu sedang berada di toxic relationship. Namun, bukan berarti ketiga hal diatas tidak pernah terjadi dalam suatu hubungan, namun ketika hal itu terjadi kamu akan segera menyelesaikan permasalahannya.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here