Kabupaten Siak Undang Nissa Sabyan untuk Rayakan Gerhana Matahari Cincin

0

KabarUang.com, Siak – Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak mengadakan acara festival guna menyambut Gerhana Matahari Cincin di Kampung Bunsur, dimana menjadi tempat terbaik untuk menyaksikan gerhana pada Kamis (26/12).

Ilustrasi via Harian Singgalang

Acara festivalnya sendiri sudah dimulai dengan kegiatan workshop. “Kegaiatan di Kampung Bunsur telah dimulai dengan kegiatan workshop lubang jarum dan pemutaran film pada Selasa malam kemarin (24/12),”ungkap Ketua Panitia Gerhana Matahari Cincin (GMC) yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Pariwisata Siak, Fauzi Asni, Rabu (25/12).

Kepala Dinas Pariwisata Siak menuturkan bahwa saat ini pun masih digelar lokakarya lubang jarum dan hal-hal yang berhubungan dengan astronomi di Kampung Bunsur. Selain itu, agenda pada Rabu malam ini di Kecamatan Siak ialah bershalawat bersama di Lapangan Siak Bermadah.

Baca Juga  Dari Korea Selatan, Jokowi Bawa Hyundai Investasi ke Indonesia Senilai Rp 21 Triliun

Acara puncaknya akan dilaksanakan pada Kamis besok (26/12). Pihaknya juga sudah menyiapkan kacamata terbesar yang juga akan masuk dalam catatan Museum Rekor Indonesia untuk kacamata terbesar.

“Itu kacamatanya sedang dibuat,”ungkap Fauzi Asni.

Kabarnya besok akan turun hujan di Kabupaten Siak saat gerhana. Ini menurut BMKG. Pihak Fauzi sendiri mengatakan bahwa hujan yang bisa jadi kendala tersebut ia serahkan kepada alam. Pihaknya juga tidak bisa menanggulangi hujan turun.

Baca Juga  Hari Ini Harga BBM Pertamina Jenis Pertamax, Pertamax Turbo, Dextile dan Pertamina Dex Turun

Acara ini pun akan turut dimeriahkan oleh Nissa Sabyan, penyanyi gambus yang terkenal untuk memeriahkan acara di panggung Gerhana Matahari Cincin. Sejumlah pedagang juga akan turut memenuhi lokasi Lapangan Bola di Kampung Bunsur untuk menunjang amunisi yang dibutuhkan penonton.

Lokasi pengamatan saat terjadinya gerhana ini juga berada di tepi Selat Padang yang memisahkan dua Pulau, yakni Sumatera dan Padang. Di tengahnya akan terlihat rig pengeboran minyak lepas pantai Energi Mega Persada Malacca Strait, dilansir dari antaranews.com.

Berdasarkan pengamatan Lembaga Antariksa dan Penerbangan (LAPAN), Kampung Bunsur dan Kota Singkawang ini dijadikan sebagai tempat terbaik untuk pengamatan gerhana matahari cincin. Fenomena yang terjadi 300 tahun sekali ini akan terjadi pada pukul 10.00 WIB di sejumlah daerah lainnya. Untuk di Kampung Bunsur Kecamatan Sungai Apit sendiri akan terjadi pada pukul 12.00 WIB.

Baca Juga  Tingkatkan Penjualan Kurban Lewat Digital, Dompet Dhuafa Gandeng E-Commerce
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here