Jangan Boros, Ini Cara Mengatur Keuangan untuk Resolusi Tahun 2020!

0

KabarUang.com, Jakarta – Tahun baru 2020 tinggal menghitung hari, biasanya pasti ada harapan yang ingin dicapai. Tak jarang harapan itu membutuhkan uang yang perlu disiapkan.

Ilustrasi via Liputan6.com

Hal ini seperti yang disampaikan oleh Perencana Keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE) MIke Rini Sutikno. Beliau membagikan tips yang bisa anda terapkan agar bisa mengatur keuangan di tahun 2020 meski banyak harapan yang berhubungan dengan keuangan.

Tiga langkah untuk mengatur keinginan di tahun 2020

Hal pertama yakni mempersiapkan mental dan sikap hidup realistis. Rini mengatakan bahwa impian itu harus diiringi dengan kemampuan keuangan yang ada. Hal ini karena tak jarang, keinginan kita bertolak belakang dengan keadaan finansial kita.

Baca Juga  Awali Tahun 2020 dengan Menabung, Berikut Tipsnya!

“Kayaknya kalau mengikuti berbagai keinginan, pertama harus realistis dulu ya. Kita memang ingin mencapai berbagai harapan di masan depan atau tahun 2020. Apa yang kita harapkan itu umumnya membutuhkan keuangan. Namun, sumber keuangan kita kan ada batasnya,”jelasnya dilansir detik.com.

Langkah selanjutnya, kedua, siapkan daftar keinginan yang sangat ingin dicapai olehmu di tahun 2020.

“Misalnya kalau lagi browsing shopping online, masukan saja ke daftar wish-listnya, atau ke keranjang dulu. Kan belum dibeli ya. Jadi boleh kita create itu dulu supaya kita tahu apa saja yang kita inginkan, kita harapkan,”jelasnya.

Selanjutnya, langkah terakhir adalah buat time frame dari wishlist yang sudah ditetapkan. Maksudnya adalah dari banyak harapan yang sudah dibuat, anda perlu tahu mana harapan yang bisa dijangkau di tahun ini, mana harapan yang bisa dijangkau di tahun-tahun selanjutnya.

Baca Juga  Ingin Liburan Tapi Dompet Tetep Aman, Yuk Simak Tips nya Disini

Bukan hanya itu, pisahkan pula mana harapan yang berupa keinginan dan mana harapan yang termasuk kebutuhan. Dengan begini, anda bisa lebih mudah mengatur keuangan anda di tahun 2020 mendatang.

“Pokoknya kalau kebutuhan itu harus ada, nggak mungkin enggak. Sementara kalau keinginan itu sebenarnya anda tetap bisa kok melanjutkan hidup tanpa itu. It’s not necessary, bukan necessities (kebutuhan) lah ya, tetapi nice to have,”jelas Rini.

Dengan menyeleksi daftar keinginan ini juga , anda lebih mengetahui mana kebutuhan yang harus segera diutamakan baik untuk jangka pendek maupun jangk panjang.

Baca Juga  Tips Mengobati Rasa Takut akan Masa Depan

“Berarti kan sekarang ada wishlist, sudah ada time frame, nah sekarang diseleksi. Yang harus ada itu adalah priority. Yang tidak priority, itu nanti bakalan dikurangi. Tapi sebelum dikurangi marilah kita jumlahkan terlebih dahulu. Yang time frame-nya di atas 2020 anda jumlahkan. Berapa sih uang yang dibutuhkan untuk mewujudkan impian anda? Wah uangnya belum ada, ya sudah menyicil saja, menabung saja dulu,”paparnya.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here