Indonesia – Rusia Semakin Kuat Bangun Hubungan Internasional di Bidang Perekonomian dengan Berinvestasi

Pemerintah Rusia menjadikan upaya penguatan hubungan dagang dan investasi sebagai fokus dalam hubungan bilateral dengan Indonesia pada 2020.

0
ilustrasi via news okezone com
ilustrasi via news okezone com

KabarUang.com , Jakarta – Pemerintah Rusia menjadikan upaya penguatan hubungan dagang dan investasi sebagai fokus dalam hubungan bilateral dengan Indonesia pada 2020.

Wakil Duta Besar Federasi Rusia untuk Indonesia, Oleg V Kopylov,dalam press briefing yang digelar di Jakartapada Rabumengatakan bahwa Indonesia dan Rusia telah menikmati hubungan yang sukses dan produktif selama 2019, namun kerja sama kedua negara dalam bidang ekonomi, dagang, dan investasi masih perlu diperkuat.

Kopylov menyebut nilai perdagangan bilateral antara Indonesia dan Rusia pada 2019 cenderung meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Total perdagangan kedua negara tahun ini diperkirakan dapat mencapai 3 miliar dolar AS.

Baca Juga  Sebanyak 960.494 Penumpang Kini Mulai Beralih Ke Kapal Laut Selama Mudik Lebaran Kali Ini

“Belum ada angka pasti, namun kami memperkirakan angka perdagangan akan mencapai 3 miliar dolar AS,” katanya.

Meski demikian, dia meyakini kedua negara masih memiliki potensi untuk memperkuat hubungan dagang dan investasi. Rusia pun terus berusaha untuk memaksimalkan potensi yang ada dengan Indonesia.

Dia menyebut dalam satu tahun terakhir, Rusia telah meningkatkan impor atas salah satu komoditi unggulan Indonesia, yakni minyak kelapa sawit. Nilai ekspor minyak kelapa sawit (CPO) asal Indonesia ke Rusia diperkirakan mencapai 800.000 dolar AS pada 2019. “Kami akan terus menjaga (impor CPO) ini,” ujarnya.

Baca Juga  Jokowi Semakin Dorong Digitalisasi Keuangan Indonesia Ditengah Maraknya Pengguna Internet

Wadubes Kopylovpun menyampaikan bahwaRusia tak berencana untuk mengurangi impor CPO dari Indonesia meski komoditas tersebut tengah menghadapi masalah pembatasan di Uni Eropa.

Lebih lanjut, dia mengatakan hubungan Indonesia dan Rusia dalam bidang ekonomi akan dapat diperkuat ke depannya melalui perjanjian kerja sama strategis yang rencananya akan menjadi salah satu agenda utama dalam kunjungan Presiden Vladimir Putinke Indonesia pada 2020.

Putin dijadwalkan mengunjungi Indonesia pada tahun depan, namun pihak Kedubes Rusia di Jakarta belum dapat memastikan tanggal kunjungan Presiden Rusia itu.

Baca Juga  Kemenkeu Ambisi Bangun Ekonomi Berkelanjutan Melalui Investasi

Selain itu, Kedua negara juga aktif dalam upaya bersama untuk memperkuat stabilitas dan kemakmuran kawasan. Melalui Hubungan Dialog ASEAN-Rusia dan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia Timur dan bersama dengan ASEAN serta mitra regional lainnya.

“Ketika Rusia menjadi Mitra Strategis ASEAN dan Indonesia menjadi koordinator negara untuk Hubungan Dialog ASEAN-Rusia tahun lalu, kami yakin bahwa ikatan regional kami yang kuat akan membantu membentuk masa depan yang lebih baik untuk kawasan ini dan untuk saling menguntungkan semua pihak,” ujar Menteri Darmin.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here