Harga Pakan Ikan Tinggi, Ini yang Dilakukan Menteri Edhy

0

KabarUang.com, Jakarta – Harga pakan ikan yang tinggi membuat Menteri Kedaulatan dan Perikanan Edhy Prabowo harus memikirkan strategi untuk mengatasinya. Beliau bahkan berjanji akan mengatasi tingginya harga pakan ikan yang banyak dikeluhkan.

Langkah untuk mengatasi tingginya pakan ikan

Saat ini, ada dua langkah yang akan ditempuhnya demi mengatasi harga pakan ikan yang tinggi. Langkah pertama, Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan memberikan bantuan berupa mesin pembuat pakan ikan modern. Mesin ini nantinya akan diberikan kepada balai perbenihan dan budidaya ikan. Adanya bantuan mesin ini diharapkan dapat memberikan pelajaran kepada masyarakat agar bisa membuat pakan ikan yang berkualitas.

Ilustrasi via Kompas.com

Selain itu pula, masyarakat akan diberitahukan cara untuk mengatasi pakan ikan yang sedang tinggi. “Disamping itu, kita akan bantu setiap kelompok-kelompok pembudidaya ikan melalui pakan ikan mandiri untuk mengatasi permasalahan pakan ikan yang mahal,”ungkap Menteri Edhy dilansir dari bisnis.com pada Sabtu (7/12).

Baca Juga  Menteri Susi Segera Ingatkan Bahwa Ada Ancaman Kematian Ikan di Danau Toba

Pakan ikan mandiri juga dijadikan sebagai alternatif bagi pada pebudidaya perikanan untuk mengurangi ketergantungan pada pakan industri. Hal ini karena selama beberapa tahun ini KKP terus memberikan bantuan pakan ikan mandiri kepada sejumlah pembubidaya yang tergabung menjadi prioritas KKP pada periode 2019 hingga 2024.

Selanjutnya, langkah kedua yang diambil ialah KKP akan menjalin komunikasi yang baik dengan para pengusaha pembuat pakan ikan. Hal ini dilakukan guna mencari solusi terbaik sebagai jalan keluar dari permasalahan tingginya harga pakan ikan. Sebab, permasalahan ini berimbas pada mahalnya biaya produksi para pembudidaya. Hal ini juga yang menjadi faktor menurunnya gairah industri yang terjadi beberapa taun ini.

Baca Juga  Menteri Susi Segera Ingatkan Bahwa Ada Ancaman Kematian Ikan di Danau Toba

Menteri Edhy juga menceritakan bahwa lima tahun yang lalu, ongkos produksi pembudidaya dari pakan ikan ini sekitar 40%, saat ini ketika terjadi kenaikan menjadi 70%.

“Nah, ini ada naik 30 persen dalam lima tahun itu masalahnya gimana? Kami mau tahu apakah itu masalahnya di distribusi atau terlalu banyak perantara jadi banyak tengkulaknya? Ini akan kita cari jalan keluarnya,”ungkapnya.

Selain itu juga, KKP akan menghidupkan kembali komisi yang dahulu pernah terbentuk. “Komisi tuna dan lain sebagainya untuk menjaring informasi dan masukan-masukan setiap saat,”jelansya.

Baca Juga  Menteri Susi Segera Ingatkan Bahwa Ada Ancaman Kematian Ikan di Danau Toba

Hingga saat ini, KKP sendiri sudah memproduksi 7 ton bibit ikan setiap tahunnya. Beliau mengharapkan agar angka ini terus menigkat setiap tahu. Dia juga sudah membuat pola model yang bisa diaplikasikan untuk perikanan budidaya, baik air tawar, payau maupun air laut.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here