CEO Alphabet Resign, Bos Google Ikut Gantikan Posisinya

Kepala Eksekutif Google Sundar Pichai akan menggantikan Larry Page sebagai CEO dari perusahaan induk Alphabet Inc. Hal ini memperpanjang kemunduran dari peran publik dan manajemen aktif oleh Page dan Sergey Brin di perusahaan yang mereka dirikan bersama 21 tahun yang lalu.

0
ilustrasi via merdeka com
ilustrasi via merdeka com

KabarUang.com , Jakarta – Kepala Eksekutif Google Sundar Pichai akan menggantikan Larry Page sebagai CEO dari perusahaan induk Alphabet Inc. Hal ini memperpanjang kemunduran dari peran publik dan manajemen aktif oleh Page dan Sergey Brin di perusahaan yang mereka dirikan bersama 21 tahun yang lalu.

“Meskipun sudah merupakan hak istimewa yang luar biasa untuk terlibat dalam manajemen perusahaan sehari-hari dalam waktu yang lama, kami percaya ini saatnya untuk mengambil peran sebagai orang tua yang bangga, menawarkan saran dan cinta, tetapi tidak mengomel setiap hari!” kata Page dan Brin dalam blog.

Page, Brin dan Pichai semuanya berbagi penekanan pada pengembangan perangkat lunak kecerdasan buatan untuk membuat pencarian web dan tugas-tugas lain lebih cepat. Sementara pemimpin produk, Pichai, telah meningkatkan upaya untuk membuat teknologi seperti itu tersedia secara global.

Baca Juga  Kopi Kenangan Menerima Suntikan Dana Sebesar 275 M,Berikut Pendapat CEO

Tetapi, visi tersebut menghadapi pengawasan yang belum pernah terjadi sebelumnya, dengan pemerintah di lima benua menuntut perlindungan yang lebih baik, perilaku yang kurang kompetitif dan lebih banyak pajak dari perusahaan periklanan online terbesar di dunia.

ibuan karyawan telah memprotes. Beberapa bahkan telah mengundurkan diri, karena ketidakpastian yang berkelanjutan tentang mengapa dogma “don’t be evil” yang terkenal di Google, dan setelah dianut oleh Page dan Brin, tampaknya mulai retak.

Perampingan manajemen dapat membantu Alphabet merespons tantangan dengan lebih baik dan fokus pada peningkatan laba, kata investor. Alphabet, yang memiliki lebih dari dua belas perusahaan termasuk bisnis teknologi mobil self-driving Waymo dan perusahaan perangkat lunak perawatan kesehatan Verily, muncul pada 2015 sebagai bagian dari restrukturisasi Google.

Baca Juga  Wishnutama Undur Diri, Ia Kenalkan Sahabatnya Sebagai Pengganti CEO NET

Page, yang dikenal memiliki harapan besar dan pemikiran kuat tentang detail teknologi, ingin fokus pada pengembangan bisnis baru tersebut, yang secara kolektif menghabiskan uang. Dia meninggalkan unit terbesar dan paling menguntungkan Alphabet, Google, ke Pichai yang sangat mendelegasikan laporan langsung untuk mengelola berbagai lini produk. Brin tetap sebagai presiden Alphabet, menghabiskan waktu untuk robotika dan proyek penelitian lainnya.

Tetapi Page dan Brin, yang dulunya sering hadir di acara-acara publik dan di kantor pusat Google, sekarang terlihat lebih jarang. Mereka mundur ke belakang, terutama untuk Page sebagai CEO, telah menarik kritik dalam dua tahun terakhir dari karyawan dan anggota parlemen AS yang menuntut jawaban darinya daripada Pichai tentang proyek-proyek perusahaan yang kontroversial seperti pencarian eksperimental aplikasi untuk pengguna China.

Baca Juga  PNS Yang Urus Persiapan Pensiun, Dapat 'Bonus' Gaji

Sementara itu, pekerjaan pengawasan Page sebagian besar jatuh ke Direktur Keuangan Alphabet Ruth Porat untuk bisnis pemula dan Direktur Hukum Alfabet David Drummond untuk dua dana investasi besar perusahaan.

Page dan Brin akan tetap menjadi direktur, tetapi masing-masing akan menyerahkan gelar CEO dan presiden mereka, segera, kata Alphabet. Peran presiden tidak akan diisi, kata perusahaan, menjelaskan perubahan yang telah lama dibahas.

“Suara Page telah terganggu selama bertahun-tahun karena kondisi kronis, tetapi kesehatannya tidak berperan dalam keputusan untuk mundur,” kata Alphabet.

Meskipun secara publik mundur, para pendiri masih mengendalikan lebih dari 51 persen saham. Pada April, Page memegang 26,1 persen dari total suara voting Alphabet, Brin 25,25 persen dan Pichai kurang dari 1 persen. Saham alfabet naik 0,64 persen setelah pengumuman menjadi 1.303 dolar AS.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here