Tips Cara Menyembuhkan Holistik dan Gangguan Mental!

0

KabarUang.com, Jakarta – Dewasa ini isu kesehatan mental sedang marak diperbincangkan. Penyakit gangguan mental yang biasa dibicarakan yakni depresi, bipolar dan skizofrenia.

Pada tahun 2018 WHO mencatat lebih dari 300 juta penduduk dunia mengalami depresi. Sedangkan sebanyak 60 juta penduduk dunia mengalami bipolar. Untuk skizofrenia sendiri dialami oleh lebih dari 23 juta orang di dunia.

Ilustrasi via Tribunnews.com

“Saat ini, masyarakat di Indonesia juga sedang dihadapkan pada meningkatnya tekanan dan tantangan di berbagai area kehidupan. Ini sangat mempengaruhi kesehatan mental,”ungkap Robin Muljadi, seorang Managing Director The Golden Space Indonesia, dilansir bisnis.com.

Beliau mengatakan agar masyarakat mencari jalan keluar untuk menghadapi transformasi digital, sosial media dan berbagai ketidakpastian dalam dunia. Dimana hal inilah yang membuat seseorang mengalami gangguan kecemasan, amarah dan mengalami depresi.

Baca Juga  Toxic Kerja? Ini Dia Tips Untuk Menghadapinya

Robin sendiri mengatakan bahwa banyak sekali orang yang tidak sadar bahwa sebenarnya dirinya sedang mengalami depresi. Dia mengatakan bahwa depresi tidak boleh dianggap sesuatu yang sepele.

Biasanya seseorang yang mengalami depresi, dia membutuhkan teman atau sahabat yang dapat dipercaya untuk mengelurakan keluh kesahnya. Namun, dibutuhkan beberapa teknik dan trik khusus untuk menghilangkan gejala depresi dari seseorang.

Biasanya, seseroang yang mengalami depresi sulit mempercayai orang lain. Untuk itu, cara mengurangi depresi bisa dilakukan dengan mengatur perasaan dan pikiran. Silvia Basuki seorang Sales Director PT Akasha Mas Indonesia menambahkan bahwa tidak semua orang memiliki kemampuan untuk mengontrol perasaannya sendiri.

Baca Juga  Sukses dengan Imperfect, Jessica Mila Beberkan Tips Menaikkan Berat Badan!

Dia mengatakan solusi yang tepat bagi orang yang tidak bisa mengontrol perasaannya adalah dengan meditasi yang benar. “Holistic healing seperti bermeditasi adalah solusi yang tepat,”ungkap Silvia.

Cara mengatasi gangguan kesehatan mental

Seorang psikolog Rosdiana Setyaningrum juga mengatakan bahwa meditasi ini akan berdampak positif bagi kehidupan sehari-hari. Namun, perlu diperhatikan bahwa meditasinya harus didampingi seorang fasilitator yang sudah bersertifikat.

“Namun, bukan dengan meditasi lalu masalah akan selesai, tetapi degan meditasi maka lebih fokus dan tenang lalu melihat masalah dengan lebih jelas. Terkadang orang yang memiliki maslaah lebih cepat takut, panik dan emosi sangat disarankan untuk meditasi dan melakukan hal-hal yang positif,”jelasnya.

Baca Juga  Tips Membangkitkan Semangat Hidup!

Hasil dari meditasi sendiri membuat jiwa kita lebih tenang dan mindful. Pada saat inilah, seseorang baru bisa menganalisa masalah dengan baik. Namun, Rosdiana mengatakan apabila sudah mengalami depresi berat, meditasi saja tidak disarankan. Beliau menyarankan agar orang tersebut pergi ke psikolog dan konsultasi dengan seorang psikiater.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here