Bisnis Informasi? Berikut Pengusaha Tajir Televisi Asal Indonesia

Dalam daftar 50 konglomerat Indonesia yang dirilis Majalah Forbes belum lama ini, terdapat tiga pengusaha televisi. Ketiganya memang wajah-wajah lama yang sudah sering singgah di daftar orang terkaya.

0
ilustrasi via liputan6 com
ilustrasi via liputan6 com

KabarUang.com , Jakarta – Dalam daftar 50 konglomerat Indonesia yang dirilis Majalah Forbes belum lama ini, terdapat tiga pengusaha televisi. Ketiganya memang wajah-wajah lama yang sudah sering singgah di daftar orang terkaya.

Ketiga nama tersebut adalah Hary Tanoesoedibjo, Eddy Kusnadi Sariaatmadja, dan Chairul Tanjung. Jika dibandingkan, harta siapa yang paling terbanyak? Ini jawabannya:

Eddy Kusnadi Sariaatmadja

Di urutan ke-41 dalam daftar orang terkaya versi Forbes per Desember 2019 ini, terdapat nama Eddy Kusnadi Sariaatmadja. Ia dikenal sebagai pendiri Grup Emtek tahun 1983.

Grup Emtek memegang beberapa stasiun televisi, yakni SCTV, Indonesia, O Channel, dan TV kabel. Emtek juga berkongsi dengan Alibaba untuk mengembangkan pembayaran digital Dana. Berkat bisnisnya tersebut, total kekayaan Eddy mencapai 780 juta dolar AS atau sekitar Rp 10,96 triliun.

Baca Juga  Alibaba Bukukan Pendapatan Sekitar Rp239,4 Triliun, Meningkat Sekitar 42%

Hary Tanoesoedibjo

Selanjutnya, Hary Tanoesoedibjo dikenal sebagai rajanya media massa. Pemilik Media Nusantara Citra (MNC) Group ini membawahi 60 perusahaan, terdiri dari stasiun televisi, radio, media online, dan koran.

Tahun ini, Hary Tanoe menempati posisi ke-32 sebagai orang terkaya dengan mengantongi kekayaan sebesar 1 miliar dolar AS atau sekitar Rp 14 triliun.

Chairul Tanjung

Dan yang paling terkaya adalah Chairul Tanjung. Pria yang akrab disapa CT ini duduk di posisi ke-9 sebagai orang terkaya di Indonesia. Ia mengantongi kekayaan sebesar 3,6 miliar dolar AS atau sekitar Rp 50,59 triliun.

Baca Juga  5 Bisnis yang Laku Setiap Hari

Ayah dari Putri Tanjung ini merupakan pendiri CT Corp, perusahaan yang bergerak di bidang media, ritel, dan perbankan. Sejumlah perusahaan yang dimilikinya antara lain Transmart Carrefour, Bank Mega, Trans TV, Trans7, dan Trans Studio.

Jakob Oetama

Salah satu orang terkaya di Indonesia selanjutnya yang punya stasiun televisi, yaitu Jakob Oetama. Namanya selain dikenal sebagai pemilik media Kompas, juga menjadi pemilik dari Kompas TV.

Mulanya berkarir sebagai wartawan lalu bersama PK Ojong mendirikan majalah Intisari pada 1963 dan koran Kompas tahun 1965.

Baca Juga  Ini Dia Harta Artis Terkaya dan Berbakat Kelas Dunia Taylor Swift

Perlahan-lahan, tapi pasti. Jakob Oetama mulai merambah ke berbagai bisnis lewat grup Kompas Gramedia. Mulai dari media, retail, penerbitan, hotel, resort, manufaktur, event organizer, hingga pendidikan.

Saat stasiun televisi sudah banyak, barulah Kompas TV didirikan tahun 2011. Belakangan Kompas Gramedia meluncurkan stasiun televisi baru yang diberi nama KTV tahun 2015.

Berkat Kompas Gramedia, Jakob Oetama bisa memiliki kekayaan hingga US$ 1,65 miliar atau Rp 24 triliun. Namanya pun masuk daftar orang terkaya di Indonesia versi Globe Asia.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here