7 Tips Sukses agar Anak Berprestasi Ala Nadiem Makarim

0

KabarUang.com, Jakarta – Setiap orangtua pastinya menginginkan anak yang bisa berprestasi dimasa depan. Untuk itu, peran orangtua sangat besar dalam mendidik anak agar anak sukses nantinya. Menteri Pendidikan, Nadiem Makarim membagikan beberapa tips agar anak anda bisa berprestasi. Berikut ini hal yang harus ditegaskan oleh orangtua kepada anaknya.

Ilustrasi via Suara.com

1. Berani berkata ‘Tidak’

T erapkan ajaran bahwa tidak semua ajakan harus dijawab dengan kata ‘Ya’. Anda sebagai orangtua memiliki peran untuk memberikan pengertian mana ajakan yang boleh diikuti dan mana ajakan yang tidak boleh diikuti. Berikan rambu-rambu bahwa ada hal-hal yang tidak boleh dilakukan.

Misalnya saja ketika ada anak teman anda yang mengajak anak anda untuk bermain padaha besok adalah hari ujian di sekolahnya, anda harus dengan tegas berkata ‘tidak’ untuk melarang anak anda bermain. Dengan begini, anak anda mengerti bahwa hal itu adalah hal yang tidak boleh dilakukan.

Baca Juga  5 Indikator Saham Paling Akurat

2. Lingkungan menentukan kesuksesan

Lingkungan yang baik akan membuat pribadi seseorang menjadi baik. Untuk itu, sebagai orangtua, anda harus bisa memilihkan lingkungan yang baik untuk anak anda. Carilah lingkungan belajar yang mendukung tumbuh kembang anak anda menjadi pribadi yang baik.

Pilihlah sekolah yang memang menjunjung tinggi budi pekerti yang baik dengan prestasi akademik yang bagus. Selain itu, pilihlah juga lingkungan yang bersih untuk menunjang kesehatan anak anda.

3. Berusaha di atas rata-rata

Menjadikan anak cerdas bukanlah hal yang mudah. Anda, sebagai orangtua harus berusaha keras untuk membuatnya mengerti apa yang harus dipelajarinya. Terlebih, ketika anak anda kecerdasannya masih dibawah rata-rata, tidak ada salahnya anda berusaha lebih keras dibanding ibu lain agar anak anda bisa menyusul ketertinggalannya. Namun, perhatikan pula kondisi kesehatan anak anda. Jangan dipaksakan jika anda memang tidak bisa melakukannya. Sesuaikan porsi belajar dengan kemampuan anak anda.

Baca Juga  4 Pola Asuh yang Merusak Pertumbuhan Anak

4. Karakteristik adalah hal yang harus dimiliki

Membangun karakteristik yang baik pada anak membutuhkan kerja keras yang konsisten. Mulailah mengajarkan karakteristik ini sejak dini. Hal ini agar karakteristik yang baik bisa tumbuh pada anak anda ketika dia sudah besar. Karakteristik ini bisa membuat anak mama jadi terlihat dan mudah dikenali.

5. Manfaatkan kesempatan

Tips selanjutnya adalah memanfaatkan kesempatan yang ada. Jika anak anda berkesempatan untuk bisa mengikuti les, katakanlah bahwa hal ini tidak dimiliki semua orang. Dengan begini, anak anda akan berpikir lebih bijak, bersyukur dan bisa memanfaatkan kesempatan yang ada.

6. Eksekusi

Jika anda menginginkan anak anda menjadi anak yang cerdas, namun harapan itu hanya sekedar diucapkan, maka hal itu menjadi sangat sia-sia. Inilah mengapa eksekusi itu jauh lebih penting dibandingkan gagasan itu sendiri.

Baca Juga  Tips Negosiasi Gaji bagi untuk Fresh Graduate agar Kamu Dapat Gaji Maksimal!

7. Pikirkan dampaknya bagi semua

Setiap perbuatan yang kita lakukan pasti akan berdampak, entah itu bagi diri sendiri atau bagi orang lain. Peran anda sebagai orangtua adalah memberitahukan apa dampak yang akan terjadi dari apa yang dikerjakan anak kepada anak anda dan orang disekitarnya. Jika yang dikerjakan anak anda tidak berdampak positif untuk dirinya dan sekitarnya, maka jangan melakukan hal itu.

Itulah beberapa tips yang Nadiem Makarim berikan agar anak anda bisa menjadi anak yang sukses.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here