5 Hal Sederhana Ini Bisa Tumbuhkan Karakter Positif pada Anak!

0

KabarUang.com, Jakarta – Setiap orang tua tentunya memiliki harapan yang besar pada anak. Terlebih, harapan agar anak bisa tumbuh berkembang menjadi anak yang baik.

Ilustrasi via unsplash/stem_t4l

Untuk mengembangkan karakter baik pada anak, bisa dilatih sejak dini. Beberapa hal sederhana ini bisa dilakukan untuk menumbuhkan karakter positif pada anak :

1. Menabung di Celengan

Mengajarkan anak menabung di celengan bisa menumbuhkan karakter yang positif pada anak. Dengan begini, anak dilatih untuk bisa menyisihkan uangnya. Mereka diajarkan untuk berhemat dan tidak boros. Lebih jauh lagi, mereka jadi tahu skala prioritas. Barang mana yang boleh mereka beli dengan uangnya atau barang mana yang tidak perlu dibeli agar uangnya bisa disisihkan untuk menabung.

Anda bisa mengajarkan anak untuk menyisihkan uang mereka secara perlahan. Mulailah untuk menyisihkan dari nominal yang paling kecil. Setelah anak terbiasa menabung dengan nominal kecil, suatu saat mereka akan bisa menabung dengan nominal yang besar seiring dengan kebutuhannya yang semakin banyak.

Baca Juga  Lakukan Hal Ini Agar Tetap Glowing Selama WFH!

2. Mengambil Makanannya Sendiri

Hal sederhana selanjutnya agar anak bisa menjadi pribadi yang mandiri adalah ajarkan anak untuk mengambil makanannya sendiri. Seiring dengan kemampuan mereka untuk memegang benda-benda, ajarkan anak untuk mengambil makanannya sendiri. Jangan selalu manjakan anak dengan selalu menyediakan makanannya.

Mungkin di awal, hal ini agak repot untuk dilakukan. Namun, kebiasaan kecil ini bisa menjadikan anak mandiri dan belajar untuk mengambil makanan sesuai dengan kebutuhannya. Dengan begini, anak juga bisa belajar memilih makanan. Mana yang dia suka dan mana yang dia tidak suka. Sehingga tidak ada lagi makanan yang dia tidak makan. Ia jadi belajar untuk memilih sekaligus bertanggung jawab dengan pilihannya.

Baca Juga  Tips Bangkit dari Rasa Malas Belajar !

3. Mencuci Peralatan Makan Sendiri

Setelah selesai makan, ada baiknya bunda juga ajarkan anak untuk mencuci perlatan makannya sendiri. Hal ini juga mengajarkan anak tanggung jawab atas perbuatannya sendiri. Meski hal ini terlihat sepele, ini akan menghindarkan dia dari sifat egois saat dia dewasa.

4. Punya Binatang Peliharaan atau Tanaman Kesayangan

Biasanya anak-anak tertarik dengan binatang atau tanaman. Ketika memang mereka ingin memilikinya, anda bisa membelikan hal yang mereka sukai. Biarkan mereka mencoba merawat peliharaan atau tanamannya dengan baik.

Hal ini akan mengajarkan tentang kepedulian. Jadi, sang anak tidak hanya mengurus dirinya sendiri, dia juga belajar untuk mengurus hal lainnya seperti binatang peliharaannya atau tanamannya. Dia juga akan belajar tanggung jawab untuk bisa merawat tanaman atau binatang peliharaannya agar tetap hidup.

Baca Juga  4 Tips Mengatasi Bosan Saat SFH (School From Home)

5. Menekuni Hobi

Setiap anak pasti punya kecenderungan yang berbeda-beda. Usahakan agar anda tahu apa hobi anak anda. Dengan begini, anda bisa mengarahkan anak anda agar mereka bisa menekuni hobinya. Tidak hanya berfokus pada pelajaran sekolah saja.

Kelak, sang anak bisa terus mengembangkan hobinya dan menjadi ahli pada bidangnya. Dengan begini, anak anda memupunya keahlian khusus. Bahkan hobi ini nantinya juga bisa menambah penghasilan sang anak.

Itulah beberapa hal sederhana yang bisa anda ajarkan selaku orang tua kepada anak agar anak anda memiliki sikap positif.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here