Yuk Simak Tips Ini , Agar Tidak Kebablasan Pinjaman Online

0
Ilustrasi via unsplash/gunaivi

KabarUang.com, Jakarta – Di era yang serba digital seperti zaman sekarang ini, pinjaman uang atau kredit online menjadi mudah didapatkan. Bagaimana tidak? Cara pengajuannya yang relatif lebih mudah dibandingkan dengan bank atau lembaga konvensional dan persetujuannya yang serba instan, sangat membantu seseorang yang sedang membutuhkan bantuan keuangan. 

Bagi yang belum pernah mendapatkan layanan kartu kredit, tren pinjaman online ini bisa menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia dalam urusan layanan keuangan yang selama ini belum pernah mendapatkan akses kredit dalam hidupnya.

Dengan segala kemudahan yang bisa dinikmati dari layanan fintech ini bisa berbuah manis juga pahit bagi masyarakat. Lalu, bagaimana caranya supaya layanan fintech ini berbuah manis sehingga tidak kebablasan saat berutang di aplikasi pinjaman online? Berikut yang harus diperhatikan.

1. Gunakan Pinjaman untuk Kebutuhan Produktif

Banyak orang yang menyalahgunakan kemudahan meminjam uang secara online untuk memenuhi kebutuhan konsumtif mereka. Sebelum pinjam uang secara online, ada baiknya untuk mengkategorikan dulu kebutuhan utang. Apakah termasuk utang produktif, atau malah konsumtif?

Baca Juga  Milenial Wajib Baca! Untuk Atur Tabungannya

Pinjaman yang baik adalah pinjaman yang digunakan untuk keperluan yang produktif. Artinya utang yang didapat bukan untuk berfoya-foya, tetapi untuk kebutuhan yang memang harus dipenuhi atau menjadikan utang sebagai alat untuk mendapatkan pundi-pundi uang lainnya, karena nilai aset yang dibeli dengan cara berutang bisa meningkat seiring waktu. Contoh utang produktif misalnya untuk modal bisnis, investasi, biaya kesehatan, pendidikan dan modal untuk menikah. 

Untuk kebutuhan produktif seperti itu, tentu tak masalah pinjam uang secara online. Sedangkan jika pinjaman digunakan untuk memenuhi kebutuhan konsumtif seperti untuk membeli gadget keluaran terbaru hanya untuk kebutuhan gengsi saja, maka sebaiknya urungkan niat tersebut. Sebab, orang yang memiliki utang konsumtif cenderung lebih berisiko terlilit utang. 

2. Hitung Kemampuan Membayar Kredit

Walaupun seseorang sudah berutang untuk kebutuhan produktif, bukan berarti orang tersebut tidak memperhatikan dan memperhitungkan kemampuan membayar kredit setiap bulannya. Rasio cicilan yang ideal tidak akan melebihi 30% gaji bulanan yang didapatkan. Walaupun semua itu tergantung profil dan risiko tiap masing-masing individu, lebih baik cari penghasilan tambahan bila ingin berutang melebihi 30% dari gaji bulanan.

Baca Juga  IHSG Dibuka pada Level 6.420 Yang Artinya Masih Berada di Zona Hijau

3. Pilih Fintech dengan Bunga Rendah dan Tenor Panjang

Biasanya pinjaman online mengenakan bunga lebih tinggi dibandingkan lembaga kredit konvensional seperti bank. Proses pendaftaran dan pencairan dananya yang serba cepat menjadi salah satu alasan kenapa bunganya lebih tinggi. Namun, banyak aplikasi pinjam uang online yang memanfaatkan keunggulan mereka untuk mengenakan bunga kelewat tinggi yang tak masuk akal, bahkan mencapai 1%-3% per hari dengan tenor yang cepat, hanya 30 hari sampai 3 bulan saja.

Padahal, ada juga fintech yang mengenakan bunga tak jauh dari bank serta tenor yang panjang. Contohnya Kredivo, dengan bunga yang bersaing dengan bank konvensional, yaitu mulai dari 0 –  2,95% per bulan, nikmati cicilan kredit di e-commerce kesayangan dengan tenor yang cukup panjang, mulai dari 1, 3,6 hingga 12 bulan. Sangat menguntungkan bukan? 

Baca Juga  Ingin Nyaman Saat Traveling Ke Destinasi Baru? Coba Tips Ini

4. Manfaatkan Promo yang Ditawarkan

Pada akhir tahun ini, pasti banyak sekali diskon besar-besaran dari berbagai macam e-commerce dan pinjaman online. Contohnya Kredivo, yang mengadakan promo akhir tahun bertajuk SALEAmatan pada 12.12 nanti. Nikmati promo cicilan hingga Rp2,1 juta di berbagai macam e-commerce yang sudah bekerja sama dengan Kredivo.

Nah, jangan sampai melewati kesempatan ini, karena kalian bisa mendapat extra discount dengan cara membeli barang incaran ketika promo 12.12 berlangsung di e-commerce pilihan dan gunakan kode promo dari Kredivo. Menguntungkan sekali bukan?

Jadi, kredit online bisa berbuah manis apabila orang yang menggunakan jasa ini dengan cerdik seperti yang sudah dijelaskan di atas. Jangan sampai diri kita sendiri mengubah layanan yang bisa dimanfaatkan dengan baik ini menjadi buah yang pahit dan merugikan diri sendiri.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here