Tips Public Speaking agar Maksimal Tampil di Hadapan Umum!

0

KabarUang.com, Jakarta – Saat ingin berbicara di hadapan khalayak, sebagian orang seringkali lupa mempersiapkan diri sehingga penampilannya kurang maksimal. Ketika materi yang akan disampaikan sudah disiapkan, setidaknya ada dua hal yang harus anda perhatikan yakni look dan audio. Setidaknya ada 4 hal yang bisa membuat keduanya tampil lebih menarik :

Ilustrasi Public Speaking via unsplash/kanereinholdtsen

1. Kepercayaan diri

Tips pertama yang paling penting dalam public speaking adalah rasa percaya diri. Ini merupakan akar dari public speaking. Ketika anda sudah merasa percaya diri, maka anda akan lebih mudah menguasai teknik- teknik selanjutnya, seperti vokal, gestur dan sebagainya.

Lalu? Bagaimana agar kita bisa menjadi percaya diri ? Percaya diri sendiri adalah keyakinan untuk sukses dalam megerjakan suatu perkerjaan tertentu, dalam hal ini public speaking. Jadi, pertama anda sampaikan pikiran positif pada diri anda sendiri bahwa anda bisa melakukan yang terbaik.

Anda tidak boleh merasa minder dan tidak boleh merasa terintimidasi oleh audience. Jika anda merasa minder, yakinkan pada diri anda bahwa setiap manusia memiliki keunikannya masing-masing.

Baca Juga  Tips 6 Langkah agar Orang Bisa Menyukai Kita!

Kepercayaan diri ini bisa meningkat dengan dua hal yakni dengan latihan dan jam terbang. Jadi, semakin banyak anda latihan anda akan tahu apa yang harus anda lakukan saat berbicara didepan umum. Sedangkan yang kedua, ketika jam terbang anda semakin banyak maka anda akan bisa mengantisipasi hal-hal apa saja yang mungkin akan terjadi saat public speaking. Jadi, anda akan semakin yakin ketika melakukan public speaking.

2. Teknik vokal

Selanjutnya ada beberapa teknik vokal yang harus diperhatikan saat public speaking. Diantaranya adalah volume, pacing/speed, artikulasi dan intonasi. Pertama adalah volume. Pastikan bahwa audience bisa mendengar suara anda. Ketika anda berbicara menggunakan microphone, jangan simpan microphone terlalu dekat atau terlalu jauh. Jadi, pastikan volumenya pas.

Pacing ini akan menentukan gaya and adalam berbicara. Hal ini dientukan oleh dua hal pula yakni materi dan audience. Jika audeince adalah remaja dan materi yang disampaikan tidak terlalu berat, anda bisa berbicara dengan cepat supaya tidak terkesan membosankan.

Baca Juga  Cara Mengambil Uang di ATM Mandiri

Selanjutnya artikulasi juga harus anda perhatikan. Jika anda berkata A maka katakanlah dengan membuka mulut lebar agar terdengar seperti A. Pastikan tidak ada miss communication. Terakhir adalah intonasi. Jika anda berbicara dengan nada datar, maka itu terkesan membosankan. Dengan adanya intonasi, audience akan lebih tertarik mendengarkan anda berbicara.

3. Ekspresi dan gesture

Ketiga adalah ekspresi dan gestur. Kedua hal ini penting untuk menunjang visual atau penampilan anda saat melakukan public speaking. Ekspresi dan gestur ini akan membuat anda semakin terlihat menarik saat di atas panggung.

Anda bisa menggunakan seluruh komponen wajah untuk berekpresi. Mulai dari alis, mata hidung, pipi dan mulut ketika anda berbicara. Caranya yakni gunakan energi ketika anda berbicara sehingga wajah anda bisa lebih berekspresi.

Selain itu juga gestur, gestur ini adalah gerak tubuh anda terturama di bagian tangan dan kepala. Seperti yang sudah dikatan di pertama bahwa percaya diri adalah akar dari public speaking, rasa percaya diri ini juga yang bisa mengontrol gestur anda. Ketika anda percaya diri, anda akan mampu mengontrol gerak tubuh anda sendiri. Gerakan tanganmu senatural mungkin, lakukan ketika dirasa perlu saja.

Baca Juga  Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Beli Rumah

4. Komunikatif

Terakhir adalah komunikatif. Berbicara didepan umum bukan berati kita hanya fokus pada diri kita sendiri, namun kita harus fokus terhadap audience. Hal ini karena harus membuat audience mengerti apa yang hendak kita sampaikan.

Untuk melakukan komunikatif, anda bisa menyapa mereka, mengajukan pertanyaan. Semakin positif pertanyaan yang anda sampaikan bisa membuat audience tertarik dengan pembicaraan anda.

Itulah beberapa tips yang harus anda lakukan ketika public speaking.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here