Tips Meningkatkan Minat Membaca, Yuk Baca Buku!

0

KabarUang.com, Jakarta – Budaya literasi adalah budaya yang sedang digalakkan di Indonesia. Malas membaca menjadi problematika yang sangat memprihatikan. Padahal, membaca sendiri banyak memberikan banyak manfaat.

Ilustrasi via Yuk Tahu

Dengan membaca artinya kamu membuka jendela dunia. Hal ini karena banyak informasi yang bisa kamu dapatkan dengan membaca. Jika kamu adalah orang yang malas membaca, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan minat membaca :

1. Tingkatkan rasa penasaran dengan hal yang baru

Membaca sesuatu artinya kamu ingin mencari tahu tentang sesuatu. Rasa penasaran dengan hal baru inilah yang harus kamu tingkatkan untuk meningkatkan minat bacamu. Cobalah untuk selalu penasaran dengan lingkungan sekitarmu. Pupuk rasa penasaran ini untuk mendapatkan wawasan baru dengan membaca buku.

Baca Juga  Tips Hadapi Musim Hujan, Atasi Kulit Kering Dengan Minyak Ini

Rasa penasaran dan rasa ingin tahu akan membuat kamu ingin membaca sesuatu. Jadi, kamu bisa meningkatkan minat baca dengan meningkatkan rasa penasaran dengan hal yang baru. Setelah itu, kamu bisa mencari buku yang bisa menjawab rasa penasaranmu.

2. Membuka pikiran agar bisa mendapatkan informasi penting

Agar kamu tertarik membaca, kamu harus membuka pikiranmu untuk mendapatkan informasi. Dengan pikiran yang terbuka, kamu akan mudah menerima informasi dari membaca. Minat membacamu pun akan meningkat ketika kamu membuka pikiran. Untuk itu, cobalah untuk selalu berpikir terbuka sebelum kamu membaca sesuatu.

Baca Juga  Tips Agar Anak Mau Makan Makanan Sehat!

3.Mencari inspirasi dari orang yang sudah sukses

Tips selanjutnya untuk meningkatkan minat baca adalah dengan mencari inspirasi orang-orang yang sudah sukses. Ketika kamu merasa malas dan bosan untuk membaca buku, kamu bis amelihat contoh inspiratif seperti Drs. Mohammad Hatta dan Prof. Dr. B.J Habibie yang gemar sekali membaca.

Dengan melihat kedua tokoh diatas, kamu akan terinspirasi untuk terus mengembangkan kemampuanmu lewat membaca. Kamu bisa mengetahui apapun yang ingin kamu ketahui dari membaca sesuatu. Tidak hanya dari buku, kamupun bisa membaca artikel-artikel online yang membangun.

4. Bacalah apa yang kamu sukai

Untuk meningkatkan minat baca yang ada di dirimu, cobalah untuk membaca hal yang kamu sukai. Jika kamu tertarik dalam dunia psikologi, kamu bisa banyak membaca buku yang ada kaitannya dengan dunia pasikologi. Jika kamu suka membaca novel, pilihlah jenis novel yang kamu sukai. Mulai dari novel romansa, aksi, horror atau jenis novel lainnya yang kamu sukai.

Baca Juga  Tips Kenali Tanda Bahwa Kamu Berada di Toxic Relationship!

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan minat baca.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here