Tips Kenalkan Agama pada Anak Sejak Dini!

0

KabarUang.com, Jakarta – Bagi anda orangtua yang memiliki anak, jangan ragu untuk kenalkan anak pada agama sejak dini. Hal ini karena seorang anak yang mengenal agama cenderung selalu berbuat baik. Untuk itu, mengenal agama sejak dini kepada anak adalah tugas para orangtua.

Orangtua diharuskan untuk memberikan bekal agama yang cukup bagi anak sejak dini. Namun, memperkenalkan agama pada anak memang bukan hal yang mudah. Hal ini karena orangtua tidak bisa secara cepat megenalkan agama kepada anak. Berikut tips mengenalkan agama pada anak yang bisa anda coba.

Ilustrasi via BeritaIn

1. Jelaskan agama yang dianut

Hal pertama yang perlu anda lakukan sebagai orangtua yang ingin mengenalkan agama pada anak adalah menjelaskan agama yang anda anut. Dari banyaknya agama yang ada, anda perlu memperjelas hal ini kepada anak. Jelaskan secara singkat kepada anak tentang agama tersebut.

Baca Juga  Pulau Tuvalu Terancam Hilang Akibat Kerusakan Alam Penyebab Volume Air Laut Yang Terus Naik

Setelah itu, anda juga bisa memilihkan pendidikan agama yang bisa anak dapatkan segera mungkin. Entah anda akan menyekolahkannya di sekolah berbasis agama ataupun mengikutsertakan anak anda pada kegiatan keagamaan yang ada seperti mengaji dan sekolah minggu.

2. Kenalkan rutinitas keagamaan

Setelah menjelaskan soal agama yang anda anut, langkah selanjutnya adalah mengenalkan anak pada rutinitas keagamaan. Mislanya saja jika anda beragama Islam, kenalkan ritual seperti solat. Jika anak anda adalah seorang laki-laki, maka sang ayah bisa mengajaknya untuk solat di mesjid. Entah untuk solat fardu yang 5 waktu atau solat di hari Jumat.

Anda juga bisa mengajarkan doa-doa kepada anak anda sejak dini. Seperti doa-doa sehari-hari yang biasa digunakan. Misalnya doa makan, doa hendak tidur, doa masuk rumah, doa masuk kamar mandi dan masih banyak lagi. Kegiatan mengenalkan rutinitas keagamaan ini secara tidak langsung membuat anak terbiasa dengan rutinitas agama yang dianutnya. Sehingga kelak ketika dewasa sudah terbiasa untuk melaksanakannya.

Baca Juga  Berlibur Jadi Salah Satu Impian Milenial Dari Penatnya Pekerjaan

3. Bercerita

Cara lain untuk mengenalkan agama kepada anak bisa dilakukan dengan bercerita. Terkadang, menjelaskan secara singkat tentang agama tidak cukup bagi anak. Anda harus merangkai cerita agar anak anda paham apa yang anda katakan.

Lewat bercerita, anda bisa menanamkan nilai-nilai keagamaan yang ingin anda tanamkan. Terlebih, saat ini sudah banyak buku cerita yang berkisah tentang kejadian-kejadian yang erat kaitannya dengan agama. Bahkan anda pun bisa menceritakan kisah para Nabi dan Rasul kepada anak untuk mengenalkan anak pada agama sejak dini.

4. Menjawab pertanyaan anak dengan jujur

Dari ketiga hal yang sudah anda lakukan di atas, tak jarang sang anak menjadi lebih penasaran dengan hal-hal tersebut. Biasanya anak akan bertanya untuk menghilangkan rasa penasarannya. Peran anda sebagai orangtua adalah menjawab pertanyaan anak anda dengan jujur. Meskipun mereka tidak sepenuhnya mengerti, cobalah untuk menjawab pertanyaan anak dengan jujur.

Baca Juga  12 Tahun Bersama, Ini Tips Jalin Hubungan Suami Istri Ala Ernest Prakarsa dan Meira Anastasia

Jika anda memang tidak bisa menjawab pertanyaannya, maka anda harus mengatakan dnegan sejujurnya bahwa tidak tahu. Katakanlah bahwa anda akan menjawab pertanyaan itu di lain waktu setelah anda bertanya kepada yang lebih paham. Itulah beberapa tips yang bisa anda terapkan untuk mengenalkan agama pada anak sedini mungkin.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here