Tips Belajar Efektif, Cara Cepat Belajar Apapun!

0

KabarUang.com, Jakarta – Banyak dari kita yang merasa sibuk. Maksudnya kita sempat terpikirkan untuk belajar sesuatu hal yang baru, tetapi kita merasa kita tidak punya waktu untuk melakukannya. Namun, channel Youtube Satu Persen membagikan tips bagaimana cara belajar yang efektif dan berapa waktu yang dibutuhkan agar kita menjadi bisa melakukan sesuatu tersebut.

Ilustrasi via Liputan6

Menurut Prof. Erickson dari Florida State University, kita membutuhkan waktu selama 10.000 jam untuk bisa jago dalam suatu bidang. Entah itu bidang matematika, olahraga, sains dan masih banyak lagi. Waktu 10.000 jam ini sama dengan ketika kita meluangkan waktu dari jam 9 pagi hingga 5 sore selama 5 tahun berturut-turut.

Realistisnya orang-orang hanya punya waktu sekitar 5 jam di hari weekday. Dan tidak setiap orang ingin menjadi jago dalam suatu bidang, hanya ingin bisa. Tidak harus jado yang terpenting bisa. Dari sinilah muncul pertanyaan baru, berapa waktu yang harus diluangkan agar kita bisa melakukan sesuatu dengan benar di bidang yang kita inginkan ?

Baca Juga  5 Tips Jadi Rekan Kerja yang Menyenangkan, Buat Suasana Kantor yang Asik!

Hal ini dijawab oleh Josh Kaufman, bahwa waktu yang dibutuhkan untuk mempelajari sesuatu yang tidak kamu ketahui hingga tahu adalah 20 jam. Ya, hanya 20 jam saja. Misalnya saja, kamu ingin belajar bermain musik, belajar membaca dengan bahasa yang baru, atau menyetir mobil. Kamu bisa membagi 20 jam itu ke dalam beberapa bagian. Misalnya dibagi menjadi 3 hari, satu minggu atau bahkan satu bulan.

Tips memaksimalkan 20 jam tersebut :

  • Deconstruct teh skill
Baca Juga  Tips Cara Mengatasi Rasa Minder Paling Ampuh!

Jadi, tips yang pertama adalah deconstruct the skill. Maksudnya adalah kamu bisa melihat skill menjadi subskill bukan dalam satu kesatuan besar. Misalnya kamu ingin belajar bermain gitar. Pecahan-pecahan yang dimaksud itu adalah bagian-bagian dari gitarnya. Mislanya belajar mengenal cord, belajar memetik senar, atau belajar dari satu jenis lagu ke jenis yang lainnya. Itulah subskill yang pertama yang harus kamu pelajari.

  • Keluar dari zona nyaman

Selanjutnya, tips yang kedua adalah kelaur dari zona nyaman. Kalau kamu sudah melakukan satu bagian dalam skill tersbeut, pastikan juga untuk selalu belajar suatu hal dimana kamu belum nyaman dalam bidang tersebut. Terus kembangkan apa yang ingin kamu pelajari.

  • Jangan ditunda-tunda
Baca Juga  Membaca Buku bisa Semenyenangkan Main Games ? Berikut Tipsnya!

Ketika kamu ingin belajar sesuatu hal yang baru. Jangan buat target yang terlalu jauh, misalnya seperti kamu ingin belajar bermain gitar minggu depan, bulan depan atau bahkan tahun depan. Ini adalah cara yang salah. Hal ini karena realitanya kamu hanya akan menunda seuatu tersebut. Jadi, ketika kamu ingin memulai sesuatu cobalah untuk memulai sesegera mungkin.

Itulah tips yang bisa anda terpakan dalam belaajr yang efektik. Pastikan kamu mengalokasikan waktumu untuk sesuatu yang bermanfaat.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here