Tips Bangkit dari Rasa Malas Belajar !

0

KabarUang.com, Jakarta – Bagi sebagian pelajar, belajar adalah hal yang sangat membosankan. Namun, hal ini penting untuk meraih kesuksesanmu di masa depan. Belajar adalah modal utama setiap orang untuk menggapai kesuksesan. Belajar juga adalah proses yang tak lekang oleh waktu karena belajar bisa kita lakukan dimana saja dan kapan saja.

Ilustrasi via Thayyiba

Tapi ada kalanya semangat seseorang dalam hal belajar luntur. Serangan rasa malas bisa hadir dari berbagai pihak. Malas belajar ini bisa datang saat kamu merasa kehilangan motivasi. Nah, untuk mengembalikan semangat dalam belajar, berikut ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan :

1. Tentukan tujuan belajar

Hal pertama yang harus kamu lakukan agar kamu semangat belajar adalah menentuka tujuan. Bukan tujuan yang tertera dalam RPP atau di mana pun itu. Tapi, kamu harus punya tujuan sendiri ketika kamu belajar.

Baca Juga  Tips Ampuh untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris!

Misalnya saja, kamu mau belajar bahasa Inggris agar kamu bisa berkomunikasi dengan orang luar negeri, atau agar kamu bisa memahami lirik lagu yang sedang kamu dengarkan bahkan mengerti sebuah film yang sedang kamu tonton.

Dengan begini, kamu tidak akan merasa malas belajar karena kamu punya tujuan belajarmu. Maka dari itu, buatlah tujuan belajar setiap hari di setiap mata pelajaran agar kamu terus memotivasi dirimu sendiri agar semangat belajar.

2. Mindset : Semua mata pelajaran itu penting

Selanjutnya adalah tetapkan mindset bahwa semua mata pelajaran itu penting. Alasan mengapa seseorang malas belajar karena menganggap mata pelajaran yang satu itu tidak penting. Meskipun kamu tidak merasakan langsung manfaat mempelajari suatu pelajaran, kamu harus memiliki mindset bahwa semua mata pelajaran itu penting.

Baca Juga  Milenial Wajib Baca! Untuk Atur Tabungannya

Ini yang akan membuat kamu jadi bangkit semangat belajar lagi. Yakinlah bahwa suatu saat nanti, apa yang kamu pelajari akan sangat bermanfaat di kehidupan masa depan kelak. Ubahlah mindset bahwa mata pelajaran itu tidak penting.

3. Memberi hadiah dan hukuman pada diri sendiri

Terakhir, tips agar kamu semangat dalam belajar adalah memberikan hadiah sekaligus hukuman kepada diri sendiri. Misalnya saja ketika kamu akan menghadapi ulangan esok hari dan kamu belajar seminggu sebelumnya lalu ternyata nilaimu bagus, maka kamu wajib memberikan hadiah kepada dirimu sendiri.

Baca Juga  Tips Ampuh untuk Tidak Membenci Diri Sendiri! Love Your Self!

Namun, sebaliknya. Jika kamu akan menghadapi ulangan dan ternyata kamu tidak belajar lalu kamu mendapatkan nilai yang jelek, kamu harus memberikan hukuman kepada dirimu sendiri. Mislanya dengan menambah hafalan, menambah jam belajar, tidak memperbolehkan mendapatkan hiburan seperti nonton tv, mendengarkan musik dan lainnya.

Itulah beberpa tips yang bisa kamu terapkan untuk membangkitkan semangat belajarmu.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here