Tips Ampuh untuk Tidak Membenci Diri Sendiri! Love Your Self!

0
Ilustrasi via unsplash/michaeldam

KabarUang.com, Jakarta – Tanpa disadari, banyak orang yang seringkali menyahkan diri sendiri, bahkan membenci diri sendiri. Namun, perilaku ini akan memberikan dampak psikologis yang negatif bagi dirimu. Berikut ini beberapa tips ampuh agar kamu tidak lagi membenci dirimu sendiri. Yuk berubah.

1. Jangan terpengaruh dengan pendapat orang lain

Saat ini banyak beredar cuitan “Hidup kita yang jalanin, orang lain yang komentarin”. Cuitan yang ramai di twitter ini menunjukkan pada kita bahwa banyak sekali orang yang sering mengomentari orang lain. Bahkan terkadang, komentar orang lain menjadi alasan kita untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu. Hal ini karena kita berpikir apapun yang akan kita lakukan sudah pasti akan menjadi bahan komentar orang lain.

Sikap inilah yang membuat kita tidak menjadi diri sendiri. Bahkan cenderung membenci diri sendiri karena gagal melakukan sesuatu hanya karena takut dengan komentar orang lain. Mulai saat ini, jadilah pribadi yang tidak terpengaruh oleh pendapat orang lain. Jika kamu ingin melakukan sesuatu, maka lakukanlah. Lakukan apapun yang membuat dirimu bahagia.

Baca Juga  Kini Skin Care Korea dengan Bahan Dasar Alami Hadir di Indonesia

2. Hindari bicara buruk tentang dirimu

Alasan mengapa kita selalu membenci diri sendiri karena secara tidak sadar kita selalu berkata buruk tentang diri sendiri. Ketika kita merasa gagal melakukan sesuatu, seringkali kita menyahkan diri kita sepenuhnya. Inilah yang menimbulkan rasa kebencian terhadap diri sendiri.

Seringkali kita lupa dengan pencapaian yang sudah kita lakukan. Padahal, banyak sekali hal-hal baik yang sudah kita kerjakan. Cobalah untuk menghargai diri sendiri karena ada banyak hal yang sudah dilakukan. Cobalah untuk menerima bahwa kita tidak akan sepenuhnya bisa melakukan segala sesuatu tanpa kegagalan. Dengan begini, kamu tidak lagi berbicara buruk tentang dirimu sendiri.

Baca Juga  Ini Dia! Khasiat Bawang Putih Untuk Kecantikan dan Kesehatan

3. Hindari melakukan sesuatu yang kamu benci demi orang lain

Selanjutnya alasan mengapa kita seringkali membeci diri sendiri adalah kita harus melakukan sesuatu yang kita benci demi orang lain. Padahal, kamu perlu menghormati dirimu sendiri. Jangan tunduk terhadap keinginan orang lain hanya karena kamu ingin membuat mereka bahagia.

Sadari bahwa kamu punya keterbatasa dan tidak bisa membahagiakan setiap manusia. Ketika kamu dihadapkan dengan masalah diatas, cobalah untuk menolaknya. Jangan melakukan apa yang kamu benci hanya karena kamu ingin membahagiaan mereka. Kamu pun berhak bahagia dengan menolak apa yang tidak ingin kamu lakukan.

4. Patuhi kode moralmu

Banyak orang membenci dirinya karena melanggar prinsip mereka sendiri. Entah karena terpaksa atau bahkan dipaksa. Setiap orang memiliki prinsip hidup tersendiri. Kamu yang lebih tahu sampai dimana kamu boleh melakukan sesuatu atau tidak melakukan sesuatu. Jika hal itu tidak membuat dirimu nyaman, untuk apa kamu melakukan hal itu?

Baca Juga  Perut Buncit Jadi Rata dengan Kebiasaan Ini di Pagi Hari!

5. Kendalikan emosi

Marah hanya akan merusak dirimu sendiri. Berujung pada perasaan tidak nyaman karena sudah marah dan banyak hal negatif yang timbul dari kemarahan. Untuk, cobalah untuk mengendalikan emosi dengan baik dan berdamai dengan keadaan.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar tidak membenci diri sendiri. Ayo, love yourself.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here