Tips Ampuh untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris!

0

KabarUang.com, Jakarta – Bahasa Inggris yang menjadi bahasa Internasional menuntut masyarakat untuk mempelajarinya. Bagi anda yang ingin melatih kemampuan bahasa Inggris bisa dilakukan dengan beberapa cara. Berikut ini tips ampuh untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris :

Ilustrasi Belajar Bahasa Inggris via unsplash/benwhitephotography

1. Miliki teman untuk berlatih berbahasa Inggris

Hal pertama yang harus anda lakukan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu adalah dengan cara memiliki tema untuk berlatih. Teman ini bisa kamu jadikan sebagai pasanganmu untuk melatih percakapan bahasa Inggrismu atau bahkan teman menulis dalam bahasa Inggris. Bukan hanya menulis surat bahkan untuk berkomunikasi lewat media sosial.

Lebih bagus lagi jika pasangan berlatihmu adalah seorang native speaker atau penutur asli bahasa Inggris. Untuk mendapatkan native speaker ini anda bisa mengikuti kursus bahasa Inggris atau bergabung dengan klub Inggris agar anda termotivasi.

Baca Juga  Mulai Stop 3 Kebiasaan Ini, Jika Kamu Ingin Sukses Besar

2. Dengarkan lawan bicara dengan baik

Selanjutnya saat sedang berlatih percakapan, cobalah untuk menyeimbangkan fokus antara mendengarkan lawan bicara dengan membalas percakapan. Hal ini karena dari mendengarkan, anda bisa mendapatkan pelajaran. Entah itu kosakata baru atau bahkan ilmu baru yang belum anda ketahui. Setelah itu, simak baik-baik apa inti dari pembicaraan lawan bicara. Pastikan anda dapatkan apa intinya. Hal ini agar percakapan berjalan secara dua arah.

3. Merekam latihan percakapan

Seperti yang kita ketahui, pelafalan yang salah dalam bahasa Inggris akan menimbulkan salah arti atau bahkan salah paham. Untuk melatih pronounciationmu, anda bisa merekam suaramu ketika sedang berlatih percakapan. Setelah itu, dengarkan dan mintalah seorang native speaker atau orang yang lebih menegerti tentang pronounciation untuk membenarkan pelafalan yang dirasa masih salah atau belum tepat.

Baca Juga  Belajar Jadi Ibu Milenial dari Acara Popmama Parenting Academy 2019!

4. Membaca dengan keras

Tips lainnya yang dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu adalah membaca dengan keras. Bacaan ini boleh dari buku, koran atau sumber apapun dengan bahasa Inggris. Dari rekaman tersbeut kita bisa mengetahui benar atau tidaknya pelafalan yang sudah kita ujarkan. Membaca keras juga memberikan kesempatan pada diri sendiri untuk fokus terhadap pelafalan.

5. Berbicara pada diri sendiri

Tips terakhir yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu adalah dengan berbicara pada dirimu sendiri. Kemampuan berbahasa Inggris seperti ini bisa dilatih. Misalnya saja anda berkomitmen pada diri anda sendiri untuk berbicara selama 10 menit ketika anda berada di malam hari.

Baca Juga  5 Website Rekomendasi Bagi Kamu yang Tertarik Belajar Web Design!

Semakin anda sering berlatih berbicara bahasa Inggris pada diri sendiri, maka anda akan semakin terbiasa dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Ingggris. Seperti pepatah mengatakan bahwa bisa karena terbiasa. Untuk itu, anda harus terbiasa berbicara dengan menggunakan bahasa Inggris.

Itulah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggrismu. Selamat mencoba.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here