Tips Tentang Self-Love dan Cara Menerapkannya!

0
Ilustrasi Self Love via unsplash/brookecagle

KabarUang.com, Jakarta – Banyak orang yang mengatakan bahwa self-love itu penting. Namun, sudahkah anda tahu apa definisi self-love sendiri ? Seorang praktisi psikologi, Margaret Paul Ph.D mengatakan bahwa mencintai diri sendiri sebagai perilaku memahami nilai sebenarnya dalam diri, tentang apa yang sebenarnya ada di dalam diri anda, bukan menilai diri berdasarkan penampilan fisik atau performa diri.

Mencintai diri sendiri adalah perihal menghargai diri anda sediri, tentang kelebihan dan kekurangan yang anda miliki. Hal ini bertujuan agar anda tidak selalu terpaku pada kekurangan anda sendiri yang hanya membuat anda jauh dari rasa mensyukuri.

Lalu, bagaimana cara menerapkan self-love pada diri sendiri ? Menurut Deborah Khoshaba Psy.D, ada setidaknya 7 cara untuk menerapkan self-love :

1. Sadar

Hal pertama yang harus anda lakukan untuk menerapkan self-love adalah sadar. Maksudnya adalah anda sadar akan apa yang anda rasakan, pikirkan dan inginkan. Sadar akan kelebihan serta kekurangan diri. Sadar dalam hal ini juga berarti anda bisa bertindak sebagai diri anda sendiri bukan sebagai apa yang orang lain inginkan.

Baca Juga  Ganti Makanan Gula ke Sayuran, Dengan Terapkan Diet Ala Cleaning Eating

2. Bertindak atas apa yang dibutuhkan

Hal selanjutnya untuk menerapkan self-love dilakukan dengan cara bertindak atas apa yang dibutuhkan. Seperti yang kita ketahui, banyak dari diri kita yang selalu bertindak sesuai dengan keinginan kita sendiri. Padahal, boleh jadi tindakan itu adalah tindakan yang salah. Untuk itu, kita harus bertindak atas apa yang dibutuhkan bukan atas apa yang diinginkan.

3. Perawatan diri (Self-care)

Self-love bisa dimulai dengan self-care. Mencintai diri sendiri sama dengan kita merawat diri. Memperhatikan kebutuhan dasar atas diri sendiri bukanlah hal yang egois, namun itu adalah cara kita untuk mencintai diri. Tidur yang cukup, pola makan yang teratur hingga interaksi sosial yang sehat adalah bagian dari perawatan diri dalam menerapkan self-love.

4. Memberi batasan

Selanjutnya self-love juga berarti kita memberikan seuah batasan. Maksudnya kita harus tegas dengan apa-apa yang memang tidak ingin kita lakukan. Jika anda merasa hal itu akan merugikan diri anda sendiri, maka jangan ragu untuk mengatakan “tidak” pada apa yang tidak ingin anda lakukan.

Baca Juga  Ternyata Orang Yang Tidak Memiliki Persahabatan Rentan Meninggal di Usia Muda

5. Protect yourself

Protect yourself juga merupakan bagian dari self-lofe. Bawa orang yang tepat untuk masuk kedalam hidup anda. Sebaliknya, jangan biarkan orang yang tidak tepat atau orang-orang toxic masuk kedalam hidup anda. Hal ini karena mereka hanya akan menambah beban hidup dan menyakiri diri anda sendiri.

6. Forgive yourself

Banyak orang yang mudah memaafkan orang lain atas apa yang mereka lakukan. Namun, sedikit dari diri kita yang mampu memaafkan diri sendiri. Padahal, forgive yourself adalah hal yang harus anda lakukan. Hal ini karena kesalahan yang dibuat bisa kita jadikan sebagai pelajaran. Anda juga harus menerima fakta bahwa anda memang tidak sempurna. Untuk itu, maafkan diri anda sendiri.

Baca Juga  Waspadai! Sakit Kepala Bisa Jadi Gejala Awal Stroke

7. Hiduplah dengan tujuan yang jelas

Terakhir, cara untuk menerakan self-love bisa anda lakukan dengan menentukan tujuan hidup. Anda harus tahu apa yang anda lakukan, apa yang ingin anda capai dan kemana tujuan hidup anda. Inilah yang bisa anda lakukan untuk menerapkan self-love.

“Self-love is an action not a state of feeling good.” – Deborah Khoshaba.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here