Pribadi Introvert ? Kenali Arti dan Karakteristiknya!

0

KabarUang.com, Jakarta – Banyak dari kita yang sering mendefinisikan bahwa kepribadian introvert adalah mereka yang tidak suka bersosialisasi, pemalu dan cenderung pendiam. Bahkan sebagian lagi mengatakan, bahwa pribadi introvert tidak memiliki kemampuan yang baik dalam public speaking.

Ilustrasi Introvet via unsplash/verneho

Introvert pada awalnya dikembangkan oleh psikolog yang bernama Carl Jung. Beliau adalah orang yang pertama membedakan jenis kepribadian, introversion dan extroversion. Selain itu, ada juga beberapa fungsi dasar kepribadian yang lain seperti feeling, sensing, judging dan thinking.

Introversion sendiri beliau artikan sebagai kecenderungan seseorang untuk mencari sumber energi dari dalam diri mereka. Berbanding terbalik dengan extroversion yang mencari sumber energi dari luar.

Baca Juga  Jika Waktu Bisa Kembali , Ini Dia Tanggapan Orang-orang Sukses

Jadi, jika hidup kita diibaratkan sebuah baterai, orang-orang introvert adalah orang yang rechargenya dengan diri mereka sendiri. Mereka mendapat energinya ketika mereka sendiri. Hal ini berbeda dengan ekstrovert dimana mereka charging dengan cara bertemu serta berinteraksi dengan seseorang.

Secara umum, ada beberapa karakteristik yang bisa dilihat dari seorang introvert :

1. Orang yang butuh menghabiskan waktu sendiri

Kembali lagi ke nature atau sifat dasar seorang introvert yang selalu punya waktu senidri untuk melakukan charging. Jadi, kalau kamu merasa suka melakukan banyak hal sendiri dan merasa energimu penuh ketika melakukan hal-hal sendirian, boleh jadi kamu adalah seorang introversion.

Baca Juga  Sering Stres Karena Kerja? Tak Baik Loh! Ini Dia Tips Untuk Menghindarinya

2. Jangan menginisiasi obrolan

Bukan berarti orang introvert itu gak suka ngobrol. Namun, biasanya seorang introvert lebih suka obrolan yang tidak basa-basi, cenderung lebih kepada inti dari obrolan tersebut. Mereka suka percakapan yang lebih meaningful dan bermanfaat.

3. Orang introvert lebih menyukai pertemanan yang lebih kecil

Poin ini sebenarnya karakterisitik yang unik. Hal ini karena ketika seorang introvert bergabung dengan kelompok kecilnya mereka tidak akan terlalu menghabiskan banyak energi. Namun, beda lagi hal nya jika mereka dihadapkan dengan segerombolan orang yang jumlahnya banyak. Mereka akan merasa lebih banyak meguras energi.

Baca Juga  Kenali Tantangan Bagi Fresh Graduate yang Akan Bekerja di Startup

4. Orang introvert suka bekerja sendiri

Kembali ke poin pertama, bukan mereka tidak bisa bekerja sama dengan orang lain. Namun, mereka mudah lelah jika bekerja dengan banyak orang. Itulah beberapa karakteristik yang menonjol dari seorang introversion.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here