Co-CEO Gojek Andre Soelistyo Pendapatan Tumbuh 2 Kali Lipat Selama 12 Bulan Terakhir

0
ilustrasi via today online com
ilustrasi via today online com

KabarUang.com , Jakarta – Co-CEO Gojek Andre Soelistyo mengungkapan kontribusi margin positif mampu dicetak hampir seluruh layanan utama Gojek. Meski tak mengungkapkan berapa nominalnya, Andre mengakui pendapatan Gojek dalam 12 bulan terakhir tumbuh dua kali lipat.

Andre mengatakan kontribusi pendapatan tersebut didominasi dari tiga layanan utama Gojek. “ Ini dari pesan antar makanan dan minuman, pembayaran, serta transportasi online,” kata Andre.

Andre melihat nantinya pasar akan melihat Gojek sebagai salah satu pembentuk indeks konsumsi pelanggan di Indonesia atau bahkan Asia Tenggara. Sebab, kata dia, transaksi di aplikasi Gojek yang meliputi transportasi daring, makanan, belanja dan pembayaran sangat berhubungan erat dengan pengeluaran rumah tangga.

Baca Juga  Pelabuhan Tenau Kupang Bisa Dikembangkan Jadi Hub Kata Presiden Jokowi

“Pengeluaran tersebut mencakup keperluan dasar, sehingga tidak akan berfluktuasi secara signifikan,” kata dia.

Setelah Nadiem Makarim mundur sebagai CEO, Gojek saat ini dimpimpin oleh dua Co-CEO yakni Kevin Aluwi dan Andre Soelistyo. Kevin mengatakan rencana jangka panjang Gojek akan fokus ke dalam empat strategi.

“Strategi ini ada pada empat hal, yaitu peningkatan kepuasan pelanggan, penyelarasan pertumbuhan dan keberlanjutan bisnis, menjadi perusahaan global melalui ekspansi internasional, dan mewujudkan Gojek sebagai tempat bekerja yang berkelas dunia,” kata Kevin.

Baca Juga  Industri Manufaktur RI Kian Hari Makin Kompetitif

Kevin mengatakan Gojek merupakan pelopor konsep super app yang telah membuktikan kesuksesan model ekosistem bisnis. Menurutnya, saat ini Gojek mampu menghubungkan jutaan orang, pelanggan, pengemudi, merchant, dan penyedia layanan.

Dia menilai konsep tersebut menjadi referensi para pemain di industri teknologi global. “Keberhasilan sistem operasi Gojek dibuktikan dengan pertumbuhan total pengguna aktif bulanan yang mencapai 1,5 kali lipat dalam satu tahun terakhir,” ujar Kevin.

Kevin menambahkan, capaian tersebut berdasarkan data dari sebuah platform global independen yang menganalisis  penggunaan aplikasi mobile sedunia. Hal tersbeut menurutnya didukung dengan bertambahnya jumlah pelanggan yang menggunakan setidaknya tiga layanan Gojek dalam sebulan.

Baca Juga  Boeing Telah Rugi Rp41 Triliun di Kuartal II-2019 Imbas Dari 737 Max di Stop

Dia menilai Gojek cukup sukses dengan menciptakan ekosistem terintegrasi dengan tiga super app. Ketiga super app tersebut untuk membantu pelanggan menyelesaikan permasalah dalam kehidupan sehari-hari, untuk mitra pengemudi dan penyedia layanan mendapatkan penghasilan tambahan, serta super app untuk merchant mengembangkan bisnis.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here