Cara Menghitung Harga Wajar Saham Perusahaan

0
Ilustrasi via unsplash/josealjovin

KabarUang.com, Jakarta – Cara menghitung harga wajar saham merupakan salah satu big question buat para investor , baik mengenai metode perhitungan yang di gunakan dan prediksi prediksinya.

Dalam melakukan valuasi, mau tidak mau kita harus mengerti sedikit cara membaca laporan keuangan sebab perhitungan valuasi melibatkan item-item dalam laporan keuangan perusahaan. Untung saja, seorang teman baik kami, Edison telah memaparkan dengan sangat baik bagaimana cara membaca laporan keuangan.

Warren Buffett mengatakan bahwa nilai intrinsik (nilai wajar) suatu saham didefinisikan sebagai nilai saat ini dari aliran kas masuk yang akan didapatkan sepanjang umur hidup perusahaan tersebut.  Nilai saat ini dari uang yang akan kita dapatkan di masa depan merupakan konsep time value of money.

Buffett mengatakan bahwa cara ini adalah satu-satunya cara yang masuk akal untuk mengevaluasi keatraktifan dari suatu investasi dan bisnis. Pemikiran Warren Buffett mengenai nilai intrinsik ini banyak dipengaruhi oleh John Burr Williams, yang merupakan orang yang pertama kali mengemukakan pemikiran mengenai nilai intrinsik ini.

Charles S. Mizrahi dalam bukunya “Getting Started Of Investing” menjelaskan sebuah cara sederhana dalam melakukan penilaian harga wajar saham. Meskipun sederhana bukan berarti cara ini tidak efektif.  Keindahan dari cara ini justru berasal dari kesederhanaannya.

Baca Juga  Emas Antam Harganya Dinyatakan Turun, Hari Ini Dijual Di Angka Rp709.000/Gramnya

Pada kesempatan kali ini kita akan bahas salah satu metode menghitung harga wajar saham berdasarkan kepada proyeksi EPS . Metode ini diperkenalkan oleh Charles S.Mizrahi dalam bukunya Getting Started in Value Investing.

Cara ini cukup sederhana dan mudah untuk di terapkan . Mari kita praktekan metode Charles S. Mizrahi ini : Kita ambil saja salah satu perusahaan sebagai contoh saham BBNI , ROE BBNI ada di level 12.78 % dan rata rata pertumbuhan EPS nya selama 5 tahun adalah 12.1 % . Mari kita lihat detail dari BBNI dalam table di bawah ini :

ilustrasi via analisafundamentalcom
ilustrasi via analisafundamentalcom

Dari tabel di atas , EPS yang kita gunakan adalah TTM atau Trailing Twelve Month sebesar 688 rupiah.

Untuk menghitung harga wajar saham BBNI , langkah pertama adalah kita tentukan proyeksi EPS untuk 5 tahun kedepan dengan aturan sebagai berikut

  • Jika EPS growth nya selama 5 tahun > 15 % kita gunakan 15 % sebagai angka proyeksi
  • Jika EPS growth nya selama 5 tahun <15% kita gunakan 10% sebagai angka proyeksi

Adapun alas an dari 15 % ini adalah di dalam sejarah perusahaan , sangat lah sulit untuk menjaga growth EPS di atas 15% selama 5 tahun maka kita pakai 15% sebagai batasan nya.

Dalam hal ini EPS growth dari BBNI selama 5 tahun adalah 12.1% ada di bawah 15% maka kita pergunakan 10% sebagai angka untuk proyeksi EPS 5 tahun kedepan. Cara menghitung nya cukup simple , mari kita perhatikan tabel di bawah ini.

Baca Juga  Pepsi Putuskan Hengkang Dari Indonesia, Regulasi di Indonesia Dianggap Kurang Menarik Bagi Investor
ilustrasi via analisafundamentalcom

Angka End of year 1 di dapat dari mengalikan EPS TTM dengan (1+0.1)%  = 688 x 1.1 % .

Jika kita menggunakan 15% maka pengalinya adalah (1+0.15)% atau 1.15 % . Demikian seterusnya hingga kita dapati proyeksi EPS tahun ke 5. Setelah itu langkah berikutnya adalah menjumlahkan semua proyeksi EPS dari tahun pertama sampai tahun ke lima. Kita dapati 4620.34 rupiah .Karena deviden pay out ratio nya 30.93% maka total deviden yang di peroleh selama 5 tahun kedepan adalah 1429.07 rupiah didapatkan dengan mengalikan 4620.34 x 30.93 %.

ilustrasi via analisafundamentalcom

Langkah kedua adalah menentukan proyeksi P/E dengan ketentuan

  • Jika P/E sekarang >20 maka kita gunakan P/E 17 untuk proyeksi kita
  • Jika P/E sekarang sama atau kurang dari 20 maka kita gunakan P/E =12 sebagai proyeksi kita.

Perhatikan table di atas , kita masukan P/E untuk proyeksi sebesar 12 karena P/E BBNI ada di 10.83 . Kita dapati harga proyeksi saham di tahun ke 5 sebesar 13296.37  rupiah . Di peroleh dengan mengalikan EPS tahun ke 5 dengan PE sebesar 12 .  Jadi Total Harga Saham BBNI di tahun ke 5 adalah 14725.44 rupiah diperoleh dengan menjumlahkan 13296.37 + 1429.07 rupiah yg merupakan deviden di tahun ke 5.

Baca Juga  Investor Berburu Aset Safe Haven, Dolar AS Kini Ditinggalkan

Langkah berikutnya yang harus kita ambil adalah menentukan berapa harga yang harus kita bayarkan saat ini . Sebelum kita menghitung harga hari ini , perlu kita ketahui nilai dari Country risk premium di negara Indonesia , risk premium ini berubah ubah seiring waktu , untuk country risk premium saat ini Indonesia ada di kisaran 7.5 % dan BI rate ada di level 4.2% .

Return dari investasi kita tentunya harus di atas total country risk premium dan BI rate , jadi minimum return yang kita inginkan adalah 4.2% + 7.5% = 11.7 %.  Dengan minimum return 11.7 % akan kita dapati harga wajar saham BBNI sebagai berikut :

ilustrasi via analisafundamentalcom

Kita peroleh harga wajar saham BBNI di angka 8468.42 rupiah , harga saham hari ini untuk BBNI adalah 7450 rupiah . Dari perhitungan kita dapatkan Margin of Safety sebesar 12.03 % . Harga saham BBNI masih murah .

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here