Tips Cara Mengatasi Rasa Minder Paling Ampuh!

0

KabarUang.com, Jakarta – Pernah gak sih kamu merasa minder ketika memasuki lingkungan baru ? Setelah itu, kamu merasa seperti rendah diri. Seakan-akan kita tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan orang lain. Hal ini, seringkali membuat kita sulit beradaptasi dengan lingkungan baru, bahkan kita cenderung menutup diri dengan lingkungan sosial yang baru.

Ilustrasi via Republika

Terlebih, saat ini sosial media membuat mereka terlihat hebat dengan segala pencapaian mereka. Namun, pada kenyataanya boleh jadi, mereka tidak sehebat yang terlihat di sosial media. Boleh jadi, kamu juga terlalu memandang rendah diri kamu sendiri dengan tidak akurat.

Jadi, hal yang bisa kamu lakukan untuk melawan rasa minder adalah dengan tidak memandang diri sendiri rendah. Cobalah untuk melatih diri untuk memandang diri sendiri secara akurat. Hal ini bisa juga dikenal dengan self-awareness. Hal ini agar kamu tidak memandang diri kamu terlalu negatif atau bahkan terlalu positive.

Baca Juga  Tips Melapangkan Hati Menerima Kritikan di Tempat Kerja!

Alih-alih merasa rendah diri, kamu harus bisa menerima segala kekurangan dan kelebihan yang kamu miliki. Namun, bukan berarti dengan kamu menerima kekuranganmu, lalu kamu berhenti berkembang. Hal ini harus terus diperbaiki.

Katakanlah kepada dirimu bahwa kekuranganmu ini dan itu, namun katakan pula bahwa kamu bisa memperbaiki setiap kekurangan yang kamu miliki setiap harinya. Itulah yang dinamakan self-awareness.

Self-awereness ini adalah kesadaran mengenai diri sendiri. Mkasudnya, kamu tahu betul siapa dirimu, kelebihan yang kamu miliki, kekurangan yang kamu miliki dan kedepannya kamu akan menjadi seperti apa.

Rasa self-awareness yang kuat membuat kamu merasa kamu tidak akan terpengaruh dengan papaun yang lingkungan katakan. Karena kamu percaya bahwa kamu mengenal dirimu lebih baik dibanding dengan orang lain.

Baca Juga  Tips Agar Anak Mau Makan Makanan Sehat!

Namun, sebaliknya, ketika kamu memiliki self-awareness yang lemah, kamu cenderung lebih mendengarkan lingkunganmu. Hal ini bisa membuat kamu merasa lebih rendah diri atau bahkan sebaliknya.

Sayangnya, self-awareness ini butuh proses pembelajaran yang panjang. Sehingga kamu butuh kesabaran untuk bisa mengenal dirimu sendiri. Namun, bukan berati bahwa kamu tidak bisa memahami dirimu sendiri.

Cara self-awareness

Hal pertama yang kamu bisa lakukan untuk self-awareness adalah dengan membuat sebuah list yang berisi kekurangan dan kelebihan kamu. Sehingga kita tidak menjadi orang yang minder, karena seperti yang kita ketahui bahwa setiap manusia memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Hal kedua yang bisa kamu lakukan untuk mengenali diri sendiri adalah dengan mendengarkan feedback dari orang lain. Hal ini karena pandangan orang lain bisa lebih objektif dibandingkan dengan kita sendiri. Hal ini juga membantu kita mengenali diri kita dari luar.

Baca Juga  Cara Mengambil Uang di ATM Mandiri

Selanjutnya adalah kamu bisa menulis rencana, prioritas utama dan value apa yang kamu pegang. Dengan menulis rencana, prioritas dan value apa yang kamu pegang kamu jadi tahu apa yang akan kamu lakukan di kehidupan selanjutnya untuk memperbaiki dirimu. Selain itu, kamu juga jadi mengetahui apa prioritas dalam hidup kamu.

Terakhir, yaitu meditasi. Meditasi ini akan membantu dirimu melihat diri sendiri dari perspektif yang lain. Itulah beberapa tips untuk mengenal diri sendiri agar kamu tidak lagi merasa minder.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here