Cara Melihat Harga Saham Tahunan, Laporan Keuangan

Bagi seorang pemula yang baru belajar bermain saham, wajib tau bagaimana cara mencari harga saham di laporan keuangan atau pun harga saham update harian bulanan dan tahunan. Untuk mencari data tersebut berarti anda harus mencari harga openng (pembukaan), high (tertinggi), low (terendah) dan close (penutupan) atau OHLC kalau kita singkatnya.

0
ilustrasi via woop id
ilustrasi via woop id

KabarUang.com , Jakarta – Bagi seorang pemula yang baru belajar bermain saham, wajib tau bagaimana cara mencari harga saham di laporan keuangan atau pun harga saham update harian bulanan dan tahunan. Untuk mencari data tersebut berarti anda harus mencari harga openng (pembukaan), high (tertinggi), low (terendah) dan close (penutupan) atau OHLC kalau kita singkatnya.

Dan Bagaimana jika ingin mencari saham tahunan? Kalai anda mau cari harga saham tahunan (kuartal IV). Itu artinya, anda harus mencari harga saham akhir tahun per tanggal 31 Desember.

Tanggal 31 Desember bursa saham pasti tutup, karena 31 Desember adalah hari libur Bursa Efek Indonesia (BEI). Maka, carilah harga saham per tanggal 30 Desember. Namun jika tanggal 30 Desember dan 29 Desember adalah hari sabtu dan minggu, maka carilah harga saham tahunan per tanggal 28 Desember. Dan sebagai informasi lainnya bursa saham Indonesia buka hari Senin-Jumat (kecuali hari libur).

Namun tenang, anda bisa mengitung harga saham tahunan dari beberapa cara selain dari harga saham penutupan di IDX. Berikut penjelasan cara mencari saham tahunan di IDX dan yang lainnya :

1. Mencari Harga Saham di IDX

Awalnya kita harus membuka situs www.idx.co.id , hingga nanti akan muncul pilihan menu Data Pasar lalu pilih lagi bagian Ringkasan Saham. Untuk langkah selanjutnya, dalam mencari saham akhir tahun/tahunan di IDX, anda bisa setting tanggal akhir Desember. Kemudian, anda harus mencentang menu-menu : Kode saham, tertinggi, terendah, penutupan, dan sebelumnya.

Baca Juga  Menteri ESDM Temui CEO Freeport di AS Untuk Pastikan Soal Smelter Serta Lingkungannya

Di situs IDX, harga open price seringkali tidak tampil (nilainya nol). Maka dari itu, anda bisa menggunakan harga “sebelumnya”. Harga penutupan hari sebelumnya biasanya tidak jauh beda dengan harga open price. Maka, untuk open price, anda bisa ambil harga sebelumnya.

2. Beli Data Closing Price 7 Tahun Terakhir

Untuk membeli data closing price ini, kita cukup mencari nya di internet. Bentuknya nanti ada file excel yang sudah di oleh dan sudah dihitung return-nya masing-masing ulai dari tahun 2011 sampai tahun 2017. Total ada 607 eminten.

Selain itu, data nya juga sudah di urutkan berdasarkan waktu IPO sahamnya, dimana yang lebih dulu IPO itu berada di posisi paling atas.

 3. Mencari Data Via Google

Sebenarnya ini cara paling mudah untuk menemukan harga saham semua perusahaan yang resmi terdaftar di OJK maupun BEI.

Caranya simple sekali, cukup ketik IDX:KODE SAHAM maka akan langsung muncul grafik harga saham hariannya secara default. Kode saham maksudnya begini, misal kamu mau cari harga saham PGAS, maka ketikkan IDX:PGAS

Baca Juga  IHSG Ditutup 6.278, Saham Barito Pacific Naik 20,69 Persen

Biasanya, kalau kode saham yang mau anda cari harga sahamnya di Google bukan dari susunan 4 huruf yang lazim atau ada samanya dengan kata lain, maka langsung ketikkan saja kodenya tanpa tambahan IDX sebelumnya.

Contohnya, karena kode saham PT BA  bisa dibilang hanya mewakili perusahaan PT Bukit Asam Tbk. maka langsung saja ketik PTBA tanpa IDX: maka grafik harga sahamnya akan langsung tampil.

Berbeda kalau anda mau mengetikkan harga saham PT. Bumi Resources Tbk. maka tidak bisa langsung mengetik kode BUMI tanpa IDX: sebelumnya, karena kata tersebut maknanya bisa berarti planet bumi yang kita tempati.

 3. Mencari Data Lewat Yahoo Finance

Kalau lewat widget yang disedikan yahoo ini lebih lengkap lagi karena langsung menampilkan grafiknya, baik itu harian, bulanan dan tahunan.

Salah satu kekurangan dari tools Yahoo tersebut adalah karena loadingnya yang kadang lambat banget. Jadi butuh kuota data yang maksimal untuk mengaksesenya.

Adapun untuk langkah lebih rincinya adalah sebagai berikut:

  • Ketik di browser alamat ini: https://finance.yahoo.com/quote/
  • Kemudian ketik kode sahamnya pelus “.jk” dibelakangnya, misalnya mau nyari harga saham LPCK, maka ketik di kolom pencarian kode LPCK.JK maka akan langsung muncul sederetan saham yang menggunakan kode tersebut, termasuk saham LPCK yang listing di luar negeri. Tapi, kamu harus klik yang ada JKnya, yaitu LPCK.JK.
  • Setelah diklik maka akan langsung muncl haga sahamnya yang terbaru, termasuk berapa persen dan poin penurunannya hari itu.
Baca Juga  RedDoorz Terima Dana Segar US$45 juta Dipakai Untuk Kejar Segmen Akomodasi Asia Tenggara

Jika mau menampilkan grafik berdasarkan hari, bulan atau tahunnya maka klik salah satunya apakah 1D, 5D, 1M dan seterusnya seperti yang saya tandai dengan linkaran merah dan tanda panah pada gambar di atas.

5. Mencari Data Saham Lewat Akun Sekuritas

Semua pasti sudah paham apa itu perusahaan sekuritas dan fungsinya kan? Kalau belum baca langsung artikelnya dari tautan tersebut.

Jadi perusahaan sekuritas ini adalah perusahaan yang mempunyai peran sebagai pialang atau broker untuk para investor yang ingin trading saham di BEI. Jadi tidak bisa langsung ke BEI kalau mau beli saham, harus lewat perusahaan sekuritas tersebut.

Caranya, kalau misalnya kamu menggunakan layanan dari Mandiri Sekuritas, maka langsung saja ketik menu ‘Trade‘ yang ada di menu atas (lihat lingkaran merah gambar di bawah), kemudian di samping kanan di bagian kolom ‘Stock search’ ketik kode sahamnya lalu klik ‘GO‘ maka akan langsung muncul harga real time-nya.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here