Biji-bijian Kecil Chia Seed, Ternyata Bisa Turunkan Bobot Gula Darah

Chia seed merupakan jenis biji-bijian kecil yang berasal dari tanaman Salvia hispanica L.Tanaman ini tumbuh di Meksiko dan Amerika Selatan. Namun sekarang ini, chia seed sudah banyak masuk ke Indonesia dan menjadi salah satu makanan organik favorit. Rasa dari chia seedsendiri cenderung hambar.

0
ilustrasi via sehatQ com
ilustrasi via sehatQ com

KabarUang.com , Jakarta – Chia seed merupakan jenis biji-bijian kecil yang berasal dari tanaman Salvia hispanica L.Tanaman ini tumbuh di Meksiko dan Amerika Selatan. Namun sekarang ini, chia seed sudah banyak masuk ke Indonesia dan menjadi salah satu makanan organik favorit. Rasa dari chia seedsendiri cenderung hambar.

Nama chia seed atau biji chia cukup populer belakangan ini, terutama di kalangan pecinta makanan organik. Chia seed disebut memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya dapat membantu proses penurunan berat badan.

Namun banyak yang salah kaprah karena tak sedikit yang menganggap chia seed sebagai biji selasih. Padahal, keduanya sangat berbeda. Chia seed adalah biji-bijian kecil yang berasal dari tanaman Salvia hispanica L, yaitu tanaman yang tumbuh di Meksiko dan Amerika Selatan. Tapi kini, chia seed sudah banyak tersedia di Indonesia dan menjadi salah satu makanan organik favorit.

Baca Juga  Tips & Trick Puasa Sehat ala Clarin Hayes

Ditemui saat peluncuran The New FastBite with Chia Seeds, Clinical Nutrition Specialist, Dr. Juwalita Surapsari M.Gizi, SpGKA, turut menjabarkan beberapa kandungan sehat serta manfaat dari chia seed ini.

“Chia seed memiliki kandungan yang kaya nutrisi, seperti karbohidrat, protein, air, asam lemak omega-3 yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan asam lemak omega-6,” ujarnya.

Selain itu, chia seed juga mengandung sejumlah vitamin dan mineral, seperti vitamin A dan B, kalsium, mangan, fosfor, selenium, kalium, zinc, magnesium, tembaga, serta antioksidan.

Baca Juga  Selalu Makan Gorengan Saat Buka Puasa? Yuk Intip Dampaknya Bagi Kesehatan

“Chia seed juga dapat membantu menurunkan berat badan. Selain itu, membantu mengurangi keinginan untuk makan, dengan cara mencegah masuknya beberapa makanan ke dalam sistem tubuh. Dalam arti, biji chia ini dapat mencegah penyerapan kalori ke dalam tubuh kamu, sehingga membuat kita merasa kenyang lebih lama dan membantu diet. Biji chia juga mampu menyerap 10 kali air yang masuk ke dalam tubuh,” tuturnya.

Baca Juga  3 Usaha Makanan Unik dengan Modal Kecil

Sedangkan untuk penderita diabetes, Juwalita menjelaskan, biji chia dapat memperlambat perubahan karbohidrat menjadi gula sederhana yang dapat mengontrol gula darah. Juwalita menambahkan, sebenarnya konsumsi chia seed tidak memiliki batasan, namun jika dikonsumsi berlebihan bisa menyebabkan kembung.

“Saat masuk ke dalam pencernaan, biji chia ini akan membentuk gel, makanya bisa membuat kita merasa kenyang lebih lama. Jadi, kalau dikonsumsi kebanyakan bisa jadi kembung,” ujarnya.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here