Apa itu Open Minded ? Sudahkah kita Open Minded ?

0

KabarUang.com, Jakarta – Banyaknya isu yang ada membuat kita bebas berpendapat dimanapun. Kebebasan berpendapat membuat kita terbagi menjadi dua kubu. Kita bisa disebut kubu open minded atau sebaliknya, close minded. Namun, sebenarnya apa sih open minded itu ?

Ilustrasi via Mastah.org

Menurut John Lambie, open minded adalah orang yang bisa menerima atau menampung lebih dari dari satu pendapat atau perspektif. Jadi, orang yang open minded itu adalah orang yang bisa melihat segala sesuatu tidak hanya dari satu sudut pandang tetapi dari berbagai pandangan.

Sebaliknya, orang yang close minded itu adalah orang yang hanya berpegang teguh pada satu pandangan dan menganggap bahwa pandangan lain salah. Inilah yang sering kita jumpa di banyak kasus, terutama di sosial media. Tak jarang ketika kita melihat ada orang yang berbeda pandangan dengan kita, kita langsung menjudge seseorang.

Baca Juga  Apa Saja Perbedaan Saham Syariah dan Konvensional?

Padahal boleh jadi pandangan orang lain itu berguna dan bisa jadi memiliki kebenaran tersendiri. Inilah kecenderungan orang yang close minded. Hal ini pula yang berbahaya karena pandangan kita menjadi sempit dan kita menganggap bahwa pandangan orang lain adalah negatif. Hal ini juga akan mencegah diskusi dari kedua belah pihak yang berbeda perspektif. Alhasil kita menjadi stuck dengan pengetahuan kita.

Lalu ? Sudahkah kita menjadi orang yang open minded ? Orang yang open minded itu akan menerima dan memikirkan pandangan yang berbeda itu. Namun, menerima itu bukan berarti kamu menjadi mengadopsi semua ide yang didapat. Jadi, kita punya sikap untuk menerima pandangan yang berbeda.

Baca Juga  Punya Kartu Kredit? Hindari Hal Ini Agar Tidak Terjerat Pembengkakan Tagihan

Pentingnya open minded

Lalu ? Mengapa open minded itu penting ? Hal ini karena untuk menemukan ide yang terbaik, kita perlu terbuka pada ide-ide yang terkesan tidak masuk akal. Misalnya saja dengan segala kecanggihan teknologi saat ini, itu semua bermula dari orang yang open minded, yang percaya bahwa ada banyak hal yang bisa dikembangkan di dunia ini.

Jika dahulu kita tidak percaya bahwa kita bisa menjelajahi dunia dengan kendaraan udara, mungkin hingga saat ini pesawat tidak akan pernah ada. Jika dahulu kita tidak percaya bahwa kita bisa berkomunikasi jarak jauh, mungkin saat ini tidak ada smartphone. Inilah pentingnya opend minded agar hidup kita bisa terus berkembang lebih baik lagi.

Baca Juga  Keuntungan Saham per Bulan, Perhitungan dan Analisa Keuntungan

Jadi, komponen inti dari orang yang open minded adalah menerima dan menghargai perspektif orang lain. Hal ini bisa jadi sulit bagi sebagian orang, karena perspektif dan pendapat orang lain boleh jadi bertolak belakang dengan yang kita miliki. Namun, perlu kita ketahui, bahwa banyak hal didunia ini yang maish terkesan abu-abu. Banyak hal yang mungkin kita salah dalam menilainya. Untuk itu, kita perlu jadi orang yang open minded.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here