7 Tanda Bahwa Kamu Butuh ke Psikolog!

0
Ilustrasi via unsplash/tjump

KabarUang.com, Jakarta – Banyaknya persoalan hidup yang kita hadapi seringkali membuat psikologi kita terganggu, entah itu kita merasa stress, lelah atau bahkan hampir menyerah dalam menghadapi hidup.

Biasanya, hal pertama yang kita lakukan adalah curhat kepada teman, sahabat atau keluarga. Namun, sedikit dari kita yang berani konsultasi kepada psikolog. Padahal, boleh jadi kita memang butuh bantuan dari tenaga profesional yakni seorang psikolog.

Untuk itu, channel Satu Persen merangkum beberapa artikel dari psychologytoday, goodtherapy dan lain-lain yang memuat daftar signs you should see a theraphist. Berikut ini beberapa tanda bahwa kamu mmbutuhkan seorang psikolog :

1. Stress berlebih

Tanda pertama yang mengindikasi bahwa kamu butuh psikolog adalah ketika kamu merasa segala masalah dihidupmu begitu intens dan rasanya sangat berat, lalu kamu mengalami stress. Mengalami stress memang hal yang wajar dalam kadar tertentu. Namun, ketika kamu merasa stressmu berlebih dan kamu menjadi tidak produktif karenanya, ini mengindikasi bahwa kamu butuh bantuan psikolog untuk mengatasi persoalanmu.

Baca Juga  Tips Menebalkan Alis dan Bulu Mata! Mudah dan Murah!

2. Lelah berkepanjangan

Setiap orang merasakan lelah, namun lelah berkepanjangan adalah suatu masalah yang harus diatasi. Hal ini bisa terjadi ketika kamu merasa kamu kurang tidur padahal jam tidurmu sudah panjang. Bahkan bisa pula ketika kamu merasa susah bangun tidur karena rasa lelah yang tak kunjung hilang. Indikasi ini juga menandakan bahwa kamu butuh bantuan psikolog.

3. Mengalami kehilangan

Selanjutnya indikasi lain yang menandakan bahwa kamu butuh psikolog adalah ketika kamu merasa kehilangan. Kehilangan disini bisa disebabkan oleh meninggalkan orang terkasih, putus cinta atau bahkan dipecat dari pekerjaan. Setiap orang pasti melewati masa ini.

Seseorang yang merasa kehilangan bisanya mengalami masa denial, marah, bergainning, bahkan kesedihan yang intens sehingga akhirnya kamu bisa menerima keadaan. Selama proses ini kamu akan merasa keseharianmu terganggu. Namun, ketika proses ini membuat kamu menjauhi temanmu, atau bahkan karena ini kamu melakukan hal-hal yang kurang baik. Inilah saatnya, kamu butuh bantuan psikolog.

4. Menjauh dari kehidupan sosial

Tanda lainnya bahwa kamu membutuhkan psikolog adalah ketika kamu menjauh dari kehidupan sosial. Memang setiap orang membutuhkan waktu sendiri, terlebih jika kamu adalah seorang introvert. Tetapi lain ceritanya, ketika kamu adalah orang yang bahagia ketika berbaur dengan orang disekitarmu atau extrovert. Kemudian, kamu berubah menjadi pribadi yang berpikir bahwa dekat dengan orang lain adalah suatu beban dan bukan lagi kesenangan. Ketika hal ini sudah terjadi, tidak ada salahnya kamu konsultasi ke psikolog.

Baca Juga  Ross Perot Telah Berpulang, Ini Hal Positive dari Dirinya

5. Menggunakan barang berbahaya

Ketika kamu merasa masalah yang kamu hadapi sangat berat lalu kamu menggunakan barang berbahaya untuk melarikan diri dari masalah, saat inilah kamu butuh bantuan psikolog. Barang berbahaya ini banyak macamnya seperti alkohol, obat-obatan terlarang, misalnya ekstasi.

Mengatasi masalah dengan cara yang tidak sehat, membuat kamu memiliki kemungkinan tinggi untuk melakukannya lagi ketika dihadapkan dengan masalah yang berbeda. Hingga akhirnya kamu merasa ketergantungan dengan barang berbahaya tersebut.

6. Ingin mengembangkan diri

Pergi ke psikolog tidak selalu karena kamu sedang mengatasi masalah, namun bisa juga untuk mengembangkan diri. Misalnya, kamu ingin tahu prospek kedepan soal hidupmu, soal bakat yang kamu miliki dan bagaimana cara mengembangkannya. Jadi, pergi ke psikolog bukan melulu soal masalah yang sedang kamu hadapi, ketika kamu ingin hidupmu lebih produktif dan bahagia, kamu pun bisa mengonsultasikannya kepada psikolog.

Baca Juga  Apa Itu Konsep Hidup Minimalis ? Bagaimana Cara Memulainya ?

7. Ingin mengakhiri hidup

Ini tanda terakhir yang mengindikasikan bahwa kamu benar-benar butuh bantuan seorang psikolog. Ketika kamu punya pikiran untuk mengakhiri hidup, sempat ingin mencoba bunuh diri dan menyakiti diri sendiri, saat inilah kamu membutuhkan seorang psikolog.

Jadi, ternyata psikolog bukan hanya untuk seseorang yang memiliki masalah atau gangguan, tetapi untuk semua orang yang ingin sehat dan bahagia jiwanya.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here