6 Cara Bermain Saham Online untuk Pemula

0

KabarUang.com, Jakarta – Bagi anda yang baru terjun kedalam investasi saham, anda harus berhati-hati. Hal ini karena investasi saham sangat tinggi resikonya. Jika anda bermain saham tanpa pemahaman yang cukup anda akan mengalami kerugian. Namun, anda tidak perlu khawatir berikut ini 6 cara bermain saham online untuk pemula yang bisa anda coba terapkan.

Ilustrasi via SahamOke

1. Memilih sekuritas dengan biaya transaksi yang kecil

Cara bermain saham online untuk pemula yang pertama adalah anda harus memilih sekuritas dengan biaya transaksi yang kecil. Maksudnya apa ? Dalam investasi saham, seperti yang kita ketahui, kita diharuskan membuka rekening efek (rekening dana nasabah) yang nantinya akan difasilitasi oleh perusahaan sekuritas itu. Maka dari itu, pilihlah skeuritas dengan biaya transaksi yang kecil.

Setelah nantinya rekening itu jadi, anda harus melakukan top-up uang ke rekening efek. Uang di rekening efek itulah yang nantinya menjadi e-money anda. Dengan uang itu juga anda bisa membeli saham-saham online yang anda inginkan.

Nah, maksudnya biaya transaksi ini adalah biaya pembelian serta penjualan saham itu sendiri. Nantinya biaya ini akan menjadi sumber pendapatan perusahaan broker yang berkaitan. Misalnya saja, ada sekuritas yang menerapkan biaya sebesar 0,19 persen untuk pembelian serta 0,29 persen untuk penjualannya, dan masih banyak lainnya.

Ini menandakan jika biayanya makin kecil, maka investor juga makin diuntungkan bukan ? Namun, bukan berarti yang biayanya besar itu tidak layak untuk dipilih. Boleh jadi pelayanan mereka terhadap nasabah lebih bagus.

Baca Juga  Saham di Eropa Naik? Berikut Penjelasan Rinci Alasannya

2. Jangan pelit dan kebablasan

Selanjutnya, cara bermain saham online bagi pemula adalah dengan cara jangan pelit tapi juga jangan kebablasan. Setelah rekening efekmu bisa digunakan dan aplikasi trading sudah ada di laptopmu, selanjutnya tugasmu adalah top up atau transfer dana ke rekening itu.

Terkadang, banyak yang saat ini masih ragu dalam berinvestasi. Namun, tenang saja, kamu bisa memulai investasi saham dengan modal hanya Rp 5 ribuan saja. Hal ini karena ada harga saham yang per lembarnya hanya Rp 50 rupiah.

Ketika melakukan transaksi usahakan untuk tidak menggunakan uangmu seluruhnya, namun, jangan pula hanya membeli saham dengan harga Rp 5 ribu, karena itu tidak akan membuat anda menjadi kaya atau mendapatkan keuntungan yang besar.

3. Pilih saham di indeks LQ45

Biasanya Bursa Efek Indonesia akan mengeluarkan indeks saham berdasarkan ukuran statistik perubahan gerak harga dari kumpulan saham yang dipilih berdasarkan kriteria tertentu. Cara bermain saham online untuk pemula adalah dengan memilih saham yang tergabung dalam indeks LQ45 atau IDX30.

Pasalnya, saham-saham di indeks ini memiliki likuiditas yang sangat tinggi. Selain fundamental perusahaan yang tinggi, saham-saham ini juga dinilai baik. Terlebih saham-saham yang tergabung dalam indeks itu juga sering disebut sebagai blue chip.

Baca Juga  DPD Panggil Wamenkeu Untuk Bahas Kerangka APBN Tahun 2020

Jadi, bisa dipastikan bahwa memilih saham yang ada di kedua indeks ini adalah cara yang paling aman. Begitulah cara bermain saham online untuk pemula.

4. Beli saham perbankan

Selanjutnya cara bermain saham online untuk pemula bisa dilakukan dengan cara membeli saham perbankan. Hal ini karena perusahaan mereka merupakan perusahaan dengan bisnis yang sederhana. Selain itu juga, produk-produk yang digunakan akan mencetak laba yang signifikan.

5. Lakukan average down saat mengalami kerugian

Selanjutnya cara bermain saham online untuk pemula adalah melakukan average down ketika anda merasa mengalami kerugian. Jadi, ketika anda melihat ada kerugian sebesar 2 persen di satu saham, maka beli saja saham yang saat itu sedang mengalami penurunan harga. Cara bermain saham online yang satu ini dikenal dengan average down.

Bisa dikatakan average down ini adalah strategi investasi dengan melakukan pembelian saham secara bertahap ketika harga di pasar sedang menurun. Cara bermain saham online untuk pemula dengan average down ini akan membuat nilai investasimu tidak akan terjun bebas, maksudnya dia akan mengikuti kondisi pasar. Terlebih ketika kondisinya sudah mulai pulih, return yang anda miliki bisa meningkat.

6. Gunakan strategi bermain saham jangka panjang dan pendek

Terakhir, cara bermain saham online untuk pemula adalah dengan menerapkan strategi atau tips ketika bermain saham baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Investasi jangka panjang bisa dilakukan dengan cara top up bursa efek setiap bulannya disesuaikan dengan budget. Hal ini terlepas dari naik atau turunnya harga saham saat itu, yang terpenting kapitalnya besar. Namun, jika harga sedang turun drastis, tentu anda bisa memborong saham yang ada.

Baca Juga  Rupiah Menguat Tipis ke Angka Rp14.190/USD

Sedangkan, jika anda bermain saham jangka pendek hal yang harus anda lakukan adalah anda harus mengetahui batas rendah dari harga saham yang diincar. Caranya bisa dengan mencari informasi seputar industri saham di portal berita dan mencermati tren fluktuatif harga saham yang anda incar. Inilah yang disebut dengan trading saham.

Jadi, cara bermain saham online untuk pemula dalam investasi jangka pendek adalah dengan membeli saham di harga terendah lalu cepat-cepat menjualnya dengan keuntungan di atas 5 persen sebelum harga sahamnya turun lagi.

Itulah beberapa cara bermain saham online untuk pemula.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here