5 Tips Jadi Rekan Kerja yang Menyenangkan, Buat Suasana Kantor yang Asik!

0

KabarUang.com, Jakarta – Tuntutan dunia kerja yang berat bisa membuat suasana kantor yang menegangkan ketika teman kantor tidak mendukung. Untuk itu, anda bisa membuat suasana kantor anda menjadi tempat yang mengasikan apabila anda ingin menjadi rekan kerja yang menyenangkan.

Ilustrasi via Inc.com

Berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk menjadi teman kantor yang menyenangkan:

1. Jangan egois

Siapapun di dunia ini sepakat bahwa sifat egois adalah sifat yang paling tidak disukai. Untuk itu, untuk menjadi rekan kerja yang menyenangkan, anda harus menyingkirkan sifat egois anda. Meskipun anda dan rekan anda memiliki pekerjaan yang berbeda di kantor, tidak menutup kemungkinan bahwa suatu saat anda akan membutuhkan bantuan orang lain. Untuk itu, ketika teman anda membutuhkan bantuan dalam menyelesaikan pekerjaannya, tidak ada salahnya anda membantunya sesekali dan jangan memtingkan pekerjaan anda sendiri.

Dibeberapa kesempatan, pastinya akan ada kerja tim di dalam kantor. Untuk membangun kerjasama yang baik, anda tidak boleh egois. Anda harus menyingkirkan sifat egois anda dan mencoba untuk bergabung dengan rekan kerja yang lain.

Baca Juga  Tips Berkomunikasi, Dijamin PD!

2. Jadi diri sendiri

Sudah fitrah manusia yang selalu ingin dipuji dan dikagumi orang. Hal inilah yang membuat sebagian manusia rela untuk berpura-pura menjadi orang lain. Bahkan kita rela melakukan hal yang sebenarnya tidak kita sukai. Padahal, untuk merasa nyaman bergabung dengan suatu lingkungan, dimanapun itu, kita harus menjadi diri sendiri.

3. Budayakan kata “maaf”, “tolong” dan “terimakasih”

Hidup di dunia kerja tentu kita dituntut untuk memiliki tatakrama yang baik. Meskipun tidak ada aturan baku yang tertulis tentang tatakrama yang baik, kita tetap harus bersikap baik dan sopan dengan rekan kerja terlebih atasan. Tidak peduli seberapa dekat kita dengan rekan kerja, mereka tetaplah orang lain yang harus kita hormati.

Bersikap baik bisa dimulai dengan cara membudayakan tiga kata ajaib. “Maaf”, “tolong” dan “terimakasih” adalah kata yang harus sering kita ucapkan. Ucapkanlah kata “maaf” apabila anda melakukan kesalahan terhadap rekan kerja anda, dengan begitu rekan kerja anda akan merasa dihargai. Ucapkanlah kata “tolong” ketika anda membutuhkan bantuan orang lain. Terakhir, ucapkanlah kata “terimakasih” atas kebaikan orang lain yang sudah menolong anda.

Baca Juga  Tips Ampuh untuk Tidak Membenci Diri Sendiri! Love Your Self!

4. Jangan ikut campur urusan orang lain

Memberikan perhatian kepada orang lain memang perlu, namun jangan sampai perhatian itu mengusik orang lain. Ketika anda tiba-tiba mendatangi rekan kerja yang sedang membahas sesuatu hal yang serius, boleh jadi mereka akan merasa anda mencapuri urusan mereka. Inilah sifat yang harus anda hindari. Hargailah rovasi rekan kerja anda dengan tidak mencampuri urusan pribadinya.

5. Jadilah pribadi humble, disiplin dan mau belajar

Terakhir, tips yang bisa anda lakukan untuk menjadi rekan kerja yang menyenangkan adalah dengan menjadi pribadi yang humble, disiplin dan mau belajar. Dunia kantor adalah dunia yang luas dan penuh dengan orang lain, untuk itu, anda dituntut untuk memiliki sifat humble, mudah bergaul dengan orang lain.

Baca Juga  Lakukan Hal Ini Dijamin Bau Sepatu Hilang!

Selain itu, anda juga dituntut untuk disiplin dalam mengerjakan pekerjaan. Menganggap enteng dengan mengeyampingkan deadline yang diberikan di tempat kerja, hanya akan menjadikan dirimu rekan kerja yang tidak disenangi. Untuk itu, jadilah pribadi yang disiplin.

Anda juga dituntut untuk terus belajar karena dunia kerja adalah dunia yang terus berkembang. Anda dituntut untuk meu mendengarkan untuk mendapatkan ilmu baru. Sikap mau belajar sangat dibutuhkan untuk menjadi rekan kerja yang menyenangkan.

Itulah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk menjadi rekan kerja yang menyenangkan. Ciptakanlah suasana kantor yang asik.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here