5 Bahasa Kasih yang Perlu Kamu Tahu, Jangan Gagal dalam PDKT!

0

KabarUang.com, Jakarta – Banyak orang yang belum mengetahui soal lima bahasa kasih yang ada. Namun, biasanya ketika masa PDKT setiap orang melakukan kelima hal ini. Diantaranya adalah bahasa kasih lewat kata-kata cinta (word of affirmation), sentuhan fisik (physical touch), menerima hadiah (receiving gift), waktu berkualitas (quality time), dan melayani (act of service). Teori Five Love Languages (Lima Bahasa Cinta) ditemukan oleh Dr. Gary Chapman.

Ilustrasi Tips PDKT via unsplash/pabloheimplatz

Perlu diketahui, berhasil atau tidaknya sebuah pendekatan terjadi ketika kamu bisa memberikan kasih sayang dengan benar kepada orang yang kamu sayang. Terlebih, kita tahu bahwa setiap orang berbeda dalam mendefinisikan rasa sayangnya. Untuk itu, kamu perlu tahu apa bahasa kasih menurut seseorang yang kamu sayangi.

Berikut ini lima bahasa kasih yang perlu kamu ketahui :

1. Word of affirmation

Word of afiirmation atau pujian adalah bahasa kasih yang pertama. Ada orang yang merasa disayangi ketika mereka diberi pujian. Perhatian kecil berupa kata-kata manis bisa membuat seseorang merasa dirinya dicintai.

Baca Juga  Tips Produktif di Usia Muda Ala Boy William

Misalnya saja seperti pujian “Kamu cantik hari ini”, “Kamu kelihatan keren waktu main futsal tadi”, “Suara kamu bagus banget” dan pujian-pujian lainnya bisa membuat seseorang merasa dirinya dicintai. Untuk itu, jika kamu memiliki pasangan dengan bahasa kasih word of affirmation kamu bisa memberinya pujian yang sederhana dan sesuai dengan kenyataan.

Hal ini karena pujian yang sesuai dengan kenyataan lebih mudah diterima dibandingkan dengan pujian yang mengada-ada. Terkadang, pujian yang mengada-ada terkesan seperti negatif. Untuk itu, ada baiknya pujian itu disesuaikan dengan pribadi orang yang kamu sayangi.

2. Physical touch

Bahasa kasih sayang selanjutnya adalah physical touch. Biasanya sentuhan fisik ini membuat hubunganmu lebih dekat dengan pasanganmu. Physical touch diberlakukan untuk mereka yang hubungannya sudah jauh, misalnya seperti pasangan suami istri.

Ketika bahasa kasih istrimu adalah physical touch, anda hanya perlu memeluk atau bahkan mencium istrimu ketika istrimu dalam masalah. Alih-alih mengatakan hal yang tidak ingin dia dengar, sentuhan fisik jauh lebih bekerja untuk meredakan amarahnya.

Baca Juga  Siapa Sangka! Minuman Menggiurkan Ini Bisa Sebabkan Diabetes

3. Receiving gift

Ketiga adalah bahasa kasih receiving gift. Mereka yang bahasa kasihnya adalah receiving gift akan merasa disayangi ketika mereka diberikan hadiah. Untuk itu, kejutan spesial di hari ulang tahunnya akan sangat membahagiakan orang yang anda sayangi.

Bukan hanya di hari ulang tahunnya saja, anda juga bisa memberikan dia hadiah di hari penting lainnya. Misalnya ketika dia berhasil mendapatkan nilai yang bagus saat ujian, dia baru saja selesai sidang skripsi dan masih banyak momen penting lainnya. Bahkan anda juga bisa memberikan dia hadiah kecil di hari-hari biasa.

4. Quality time

Bagi anda yang mempunyai pasangan dengan bahasa kasih quality time, anda hanya perlu meluangkan waktu berharga anda untuk menemani pasangan anda. Ketika anda meluangkan waktu anda, maka pasangan anda akan merasa sangat dicintai.

Misalnya saja di sela aktivitas anda yang padat, anda mengajak pasangan anda untuk pergi keluar hanya sekedar makan atau jalan-jalan. Itu akan membuat pasangan anda merasa bahagia. Hal ini karena pasangan anda berpendapat bahwa quality time adalah bahasa dari kasih sayang.

Baca Juga  Bagaimana Nasib Chanel dan Fendi Sepeninggal Karl Lagerfeld?

5. Act of service

Bahasa kasih act of service atau melayani bisa dilakukan dengan cara melayani pasangan anda. Jadi ketika anda melakukan sesuatu untuk pasangan anda, itulah kasih sayang menurut mereka. Misalnya saja melakukan hal kecil seperti membukakan pintu, membawakan tas pasangan anda, membantunya mengerjakan sesuatu dan masih banyak bentuk dari melayani yang bisa anda lakukan untuk pasangan anda.

Itulah beberapa bahasa kasih yang bisa anda terapkan untuk pasangan anda. Pastikan anda tahu bahasa kasih pasangan anda untuk mempererat hubungan anda.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here