Tips 3 Aplikasi Pemantau Penggunaan Kuota, Bikin Hemat Kuota!

0
Ilustrasi Pemantau Kuota Smartphone via unsplash/yiranding

KabarUang.com, Jakarta – Bagi mereka yang tidak tersambung dengan wifi atau menggunakan kuota unlimited, penggunaan kuota biasa tidak terkontrol. Berikut ini ada beberapa palikasi yang bisa memantau dan membatasi penggunaan kuota. Jadi, bisa dipastikan akan lebih menghemat kuota anda.

Cara kerja aplikasi ini sendiri, yaitu dengan membatasi waktu penggunaan aplikasi tertentu atau yang anda pilih. Selain itu juga dengan mematikan sejumlah aktivitas di latar belakang yang ternyata bisa menguras kuota. Berikut 5 aplikasi yang bisa anda gunakan untuk menghemat kuota.

1. DataEye

Ilustrasi via DataEye

Aplikasi pertama yang bisa anda gunakan untuk menghemat kuota adalah DataEye. Aplikasi ini berguna untuk menampilkan penggunaan kuota secara real-time. Bahkan bisa untuk menampilkan berapa banyak kuota yang habis digunakan untuk setiap aplikasi yang kita gunakan.

Baca Juga  Mahasiswa UGM Kembangkan Aplikasi Game Meet Pharmy Untuk Kenalkan Profesi Apoteker

Selain menampilkan informasi tersebut, aplikasi DataEye memberikan kesempatan kepada pengguna untuk mematikan data dari aplikasi yang memang jarang digunakan atau menghentikan aktivitas yang berjalan di belakang layar. DataEye adalah aplikasi yang mudah digunakan.

2. Glasswire

Ilustrasi via Glasswire

Selanjutnya aplikasi yang bisa anda gunakan untuk menghemat kuota adalah Glasswire. Aplikasi ini berfungsi sebagai aplikasi keamanan yang bertujuan untuk mengetahui penggunaan kuota yang digunakan pada saat real-time.

Aplikasi glasswire memungkinkan anda mengerti dalam satu kali melihatnya. Selain itu, anda juga bisa melihat penggunaan kuota di masa lalu, atau di hari sebelumnya. Pengguna diberikan kesempatan untuk bisa mem-blokir akses data dari aplikasi-aplikasi yang memang dirasa perlu untuk dihentikan karena menguras kuota. Itulah beberapa fasilitas yang bisa anda dapatkan ketika menggunakan apalikasi Glasswire.

Baca Juga  Penipisan Ozon Dikabarkan Di Sebabkan Oleh China

3. My Data Manager – Data Usage

Ilustrasi via APKpure

Dari namanya saja, kita sudah bisa mengetahui bahwa aplikasi My Data Manager ini bisa digunakan untuk melihat penggunakan data pada aplikasi yang ada. My Data Manager juga dikenal sebagai aplikasi yang paling populer di kalangan android. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya memantau dan mengontrol penggunaan data dari setiap aplikasi yang terinstal di handphone.

Selain itu, My Data Manager juga bisa berfungsi sebagai pengingat dalam penggunaan data. Ketika anda menggunakan aplikasi terlalu lama dan kuota anda hampir habis, My Data Manager akan memberikan notifikasi bahwa kuota anda hampir habis. Dengan begitu, anda bisa menghentikan aktivitas anda untuk menghemat kuota. Bukan hanya itu, aplikasi My Data Manager juga bisa menampilkan sebuah ‘history’ dimana anda bisa melihat penggunaan data pada periode tertentu.

Baca Juga  10 Usaha yang Menguntungkan di Desa

Itulah beberapa aplikasi yang bisa anda gunakan untuk menghemat kuota. Anda bisa memilih aplikasi mana yang paling cocok dengan anda.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here