Tips Bangkitkan Semangat Para Pencari Kerja!

0

KabarUang.com, Jakarta – Bagi kamu yang baru saja lulus sekolah baik SMK atau kuliah (fresh graduate) mencari pekerjaan adalah hal yang harus dilakukan. Namun, dalam masa pencarian itu, terkadang kamu akan merasa lelah atau bahkan menyerah. Berikut ini tips agar semangat mencari kerjamu bangkit lagi!

Ilustrasi via Merdeka.com

Kendalikan pikiran negatif

Hal pertama yang harus kamu lakukan ketika kamu merasa ingin menyerah dalam masa pencarian adalah mengendalikan pikiran negatifmu. Kamu perlu untuk terus berpikir positif bahwa suatu saat kamu akan mendapatkan pekerjaan yang layak. Pikiran positif akan memberikan energi positif kepada dirimu. Itulah yang akan menjadikan kamu terus bergerak, berusaha dan mencari apa yang menjadi kebutuhanmu.

Namun, sebaliknya. Jika kamu terus berpikir negatif artinya kamu sedang memberikan energi negatif pada tubuhmu. Inilah yang menyebabkan kamu merasa tidak punya harapan lagi dan ingin menyerah pada keadaan.

Baca Juga  Ingin Sukses ? Simak Beberapa Cara Berfikir Orang Sukses Menurut Deddy Corbuzier!

Padahal, seperti yang kita tahu, kesuksesan butuh proses yang panjang untuk digapai. Jika kamu sudah berpikir negatif, maka tidak akan kesempatan untuk kamu untuk mendapatkan hal yang baik di masa depan. Untuk itu, selalu kendalikan pikiran negatifmu.

Perluas jaringan pertemanan

Selanjutnya hal yang harus kamu lakukan untuk membangkitkan semangatmu adalah memperluas jaringan pertemananmu. Mengapa demikian ? Hal ini perlu kamu lakukan untuk membangkitkan semangatmu lagi. Sadari bahwa diluar sana juga masih banyak temanmu yang belum mendapatkan pekerjaan. Namun, mereka tidak menyerah.

Baca Juga  3 Tips Memilih Manajer Investasi Terbaik

Memperluas pertemanan juga bisa membuat kamu lebih banyak tahu tentang lowongan pekerjaan yang ada. Ketika kamu punya teman yang sama-sama sedang berjuang, maka kamu bis alebih bersemangat. Kamu dan temanmu bisa bekerjasama untuk melamar ke tempat pekerjaan yang sama. Dengan begitu, kalian bisa saling support.

Mencoba menjadi sukarelawan

Jika kamu merasa banyak waktu yang terbuang ketika kamu hanya menunggu panggilan kerja, mengapa tidak kamu bergabung dengan sebuah perusahaan dan menjadi relawan. Meskipun kamu tidak dibayar, kamu akan mendapatkan pengalaman sekaligus pelajaran. Kamu bisa menyalurkan kemampuanmu, mengevaluasi hasil kerjamu dan mendapatkan kolega baru.

Dengan begini, kamu sudah punya pengalaman ketika nanti kamu akan bekerja. Selain itu juga, kolega di perusahaan tersebut bisa saja memberikan banyak manfaat kepadamu. Misalnya, kolegamu memberikan informasi terkait lowongan pekerjaan. Kamu juga bisa banyak bertanya kepada yang sudah berpengalaman. Sehingga kamu tidak kaget lagi ketika kamu sudah benar-benar bekerja karena kamu memiliki pengalaman bekerja saat mejadi sukarelawan.

Baca Juga  Tips Efektif Agar Bisnis Onlinemu Diserbu Pembeli

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk membangkitkan semangatmu dalam mencari pekerjaan. Ingatlah bahwa setiap orang punya jalan masing-masing menuju sukses. Untuk itu, teruslah semangat dalam meraih kesuksesan.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here