Si Ratu Buah Tropis Ini Ternyata Banyak Manfaatnya Untuk Lingkungan Sekitar

0
ilustrasi via wartakota tribunnews com
ilustrasi via wartakota tribunnews com

KabarUang.com , Jakarta – Buah manggis atau Si Ratu Buah Tropis banyak dijumpai di kawasan hutan atau perkebunan. Tak banyak yang tahu, selain bernilai ekonomi dan bergizi tinggi, ternyata manggis juga turut berperan dalam perbaikan kualitas lingkungan.

Direktur Buah dan Florikultura, Liferdi Lukman, di sela-sela kunjungan kerja ke kebun manggis PT ALC AGRO Desa Kopo Kecamatan Cisarua, Bogor menyebut pengembangan manggis memberi manfaat ganda. Sebab selain manfaat ekonomi langsung juga berpotensi mengurangi emisi karbon.

“Tanaman manggis adalah salah satu anugerah yang diberikan Tuhan untuk daerah tropis seperti Indonesia. Selain buahnya bernilai komersil tinggi, manggis juga baik untuk konservasi. Tanaman pelindung kota, memperbaiki kualitas lingkungan karena sifatnya yang every green, akarnya kokoh serta batangnya kuat dan elestis. Sangat potensial untuk mendukung upaya pengurangan emisi karbon,” ujar Liferdi dalam siaran persnya.

Baca Juga  Wall Street Mulai Anjlok Imbas Dari Wacana Delisting Perusahaan China

Liferdi menjelaskan adanya Protokol Kyoto 1997 yang mengatur tentang perdagangan karbon. Dalam konteks negara, siapa pun yang melakukan upaya pengurangan emisi misalnya CO2 maka berhak mendapatkan kompensasi. Dengan asumsi satu ton karbon mendapatkan kompensasi senilai 71 dolar AS.

“Sesuai data BPS tahun 2018, kita punya 2,1 juta batang pohon manggis yang sudah menghasilkan atau identik dengan pohon manggis yang sudah berumur tua. Nah, kalau dalam setiap satu pohon manggis diasumsikan menyimpan 10 kilogram (kg) karbon saja, maka sejatinya sudah berkontribusi mengurangi emisi sebanyak 21 ribu ton CO2. Kalau dikalkulasi ekonomi atau diperdagangkan di pasar karbon bisa senilai kurang lebih 1,49 juta dolar AS,” papar Liferdi.

Baca Juga  Mendag Pastikan Harga Pangan Stabil Selama Ramadhan dan Lebaran

Dalam konteks jasa, lanjut Liferdi, lingkungan tanaman manggis yang telah menghasilkan buah, mampu memberikan manfaat ekonomi lingkungan kepada masyarakat sebesar 1,49 juta dolar AS atau Rp 20,8 miliar.

“Nilai tersebut baru dari aspek pengurangan emisi, belum nilai ekonomi langsung dari hasil buah dan bagian tanaman manggis lainnya. Terlebih lagi kalau dihitung jasa lingkungannya terhadap pengendalian banjir, erosi dan konservasi air tanah. Luar biasa besar manfaatnya,” terang Liferdi yang juga dikenal sebagai pakar manggis tersebut.

Baca Juga  Sistem Bank Mandiri Telah Penuhi Syarat POJK
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here