Mahasiswa IT? Tenang 3 Peluang Karir Ini Bisa Jadi Acuan Kamu

0
ilustrasi via edumor com
ilustrasi via edumor com

KabarUang.com , Jakarta – Teknologi yang semakin berkembang dengan sangat pesat sudah memberikan banyak peluang kerja yang baru selama belasan tahun belakangan ini, salah satunya di bidang IT. Bagi Anda yang menekuni bidang yang satu ini, Anda tentu sudah mulai mempersiapkan diri untuk menekuni profesi yang sesuai dengan keahlian yang dimiliki. 

Untuk bisa sukses dalam profesi di bidang IT, Anda tentu membutuhkan perpaduan dari pengetahuan atau pendidikan dan juga keterampilan yang berasal dari pengalaman serta praktik yang Anda lakukan selama ini.

Pada dasarnya profesi di bidang IT ini memiliki prospek yang sangat cerah, bahkan hingga bertahun-tahun yang akan datang. Ada banyak perusahaan yang membutuhkan keahlian tersebut, baik perusahaan dalam skala kecil hingga yang berskala besar sekalipun. 

Baca Juga  Kementerian Perindustrian Aktif Dorong Peningkatan Digital Melalui Making Indonesia 4.0

Peluang karir ini pada umumnya akan dibedakan menjadi beberapa bagian yang disesuaikan dengan kemampuan serta keterampilan dasar yang dimiliki oleh seseorang. Bagi Anda yang ingin menekuni karir di bidang IT, berikut beberapa peluang karir yang menjanjikan untuk Anda yang sudah di rangkum dari berbagai sumber, di antaranya:

1. Sistem analis

Sebagaimana namanya, seorang sistem analis akan bertugas untuk melakukan analisa terhadap sistem yang akan diterapkan. Analisa sistem ini dilakukan dengan beberapa langkah sekaligus, mulai dari melihat kelebihan serta kekurangan sistem tersebut, hingga melakukan studi kelayakan terhadap desain sistem yang kelak akan dikembangkan dalam sebuah proyek.

Baca Juga  Pemerintah Coba Atur Pajak Untuk Netflix dan Spotify

2. Programmer

Programmer menjadi salah satu profesi yang paling populer dan banyak diminati di bidang IT. Untuk mengimplementasikan sebuah rancangan sistem yang telah dianalisa oleh seorang sistem analis adalah tugas utama dari seorang programmer. Programmer akan membangun sebuah program yang telah dirancang oleh sistem analis, baik itu program yang berupa sistem operasi maupun dalam bentuk sebuah aplikasi. 

3. Web designer

Profesi yang satu ini lebih dikenal sebagai desainer website dan bisa membuat tampilan sebuah website menjadi lebih menarik dan unik. Namun di dalam prakteknya, seorang web designer memiliki tugas yang lebih kompleks lagi dan bukan hanya sekedar mendesain website saja. 

Baca Juga  Menaker Tegaskan Pengusaha Wajib Bayar THR Pegawai

Web designer akan menangani beberapa tugas sekaligus, mulai dari perencanaan, melakukan studi kelayakan sebuah program, melakukan analisa, bahkan hingga membuat desain program dalam bentuk aplikasi pada sebuah web. 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here