Ini Dia Pentingnya Memiliki Asuransi Jiwa untuk Hari Tua

0
ilustrasi via avrist com
ilustrasi via avrist com

KabarUang.com , Jakarta – Sedia payung sebelum hujan. Pasti kamu sudah akrab dengan pepatah yang merupakan nasihat agar orang mengantisipasi risiko yang bisa terjadi di masa depan. Risiko ini bisa berkaitan dengan apa saja, mulai dari usia, harapan hidup seseorang hingga kondisi finansial. Oleh karena itu, penting untuk kamu memiliki asuransi jiwa.

Alasannya karena asuransi jiwa merupakan produk keuangan yang akan menanggung kerugian finansial tak terduga yang disebabkan oleh seorang pemegang polis asuransi jiwa terkena musibah, bahkan meninggal dunia. Jika seorang pemegang polis adalah kepala keluarga, maka ahli waris penerima polis bisa turut mendapatkan perlindungan.

Baca Juga  Sequis Re-Branding Unit Bisnis Asuransi, Untuk Segarkan Di Ranah Online

Sayangnya, menurut Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI), tingkat penetrasi asuransi di Indonesia sulit lepas dari kisaran 2 – 3% yang membuat Indonesia berada di posisi dua terendah untuk penetrasi asuransi di antara negara-negara ASEAN. Hal ini karena masih banyak orang yang salah paham terhadap asuransi jiwa akibat kurangnya literasi.

Tidak sedikit orang beranggapan bahwa asuransi jiwa merupakan produk yang tidak penting dan tidak terpakai. Padahal, keberadaan asuransi jiwa sangat penting, apalagi bagi keluarga yang sangat mengandalkan sang kepala keluarga sebagai satu-satunya sumber pemasukan keluarga. Tidak hanya itu, asuransi jiwa juga memberikan banyak keuntungan lainnya.

Baca Juga  Ini 5 Asuransi Investasi Terbaik: Central Asia, Simas, Equity

1. Perlindungan Bagi Aset

Bukan hanya sebagai perlindungan diri dan keluarga, aset pun juga terlindungi dengan adanya asuransi jiwa. Aset ini adalah harta yang selama bertahun-tahun kamu kumpulkan dari hasil banting tulang, tentu sangat berharga, bukan? Untuk melindunginya dari kerusakan atau hilang, harus diasuransikan untuk memperkecil kerugian.

2. Sebagai Bentuk Investasi

Alasan pentingnya kamu punya asuransi jiwa yang lain adalah saat kamu memiliki asuransi jiwa kamu akan mendapat jaminan pengembalian investasi pada akhir kontrak. Jadi, dana yang kamu setorkan selain premi bisa dikelola oleh pihak asuransi sebagai investasi. Dengan demikian, kamu bisa memperoleh keuntungan ganda.

Baca Juga  Cara Buat Momen Ramadhan Makin Seru Tanpa Harus Boros

3. Disiplin Mengatur Keuangan

Dengan memiliki asuransi jiwa, maka kamu diharuskan untuk membayar premi asuransi dalam jangka waktu yang panjang. Secara tidak langsung, kamu akan menyisihkan sedikit dari pendapatan untuk membayar asuransi. Tanpa kamu sadari, kamu akan lebih hemat dan bijak dalam mengelola keuangan, lho.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here