Hadapi Cuaca Panas dengan Tips Berikut!

0

KabarUang.com, Jakarta – Akhir-akhir ini Indonesia sedang mengalami cuaca panas sejak 19 Oktober yang lalu. Hal ini seperti yang di catat oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bahwa cuaca panas terjadi di sejumlah daerah.

Tercatat suhu di Jakarta mencapai 37 derajat Celcius. Di Makassar sendiri suhu sangat ekstrem mencapai 38 derajat Celcius. Bahkan ini menjadi catatan suhu terpanas dalam setaun terakhir. BMKG juga mengatakan bahwa cuaca panas ini masih akan berlanjut untuk beberapa waktu kedepan. Maka dari itu, masyarakat harus mengetahui cara mengantisipasi cuaca panas ini.

Ilustrasi via Atmago

Berikut ini tips menghadapi cuaca panas :

1. Konsumsi banyak air mineral

Cuaca panas mengakibatkan cairan dalam tubuh terkuras karena keluarnya keringat. Untuk itu, anda harus menjaga cairan dalam tubuh dengan cara konsumsi banyak air mineral. Hal ini juga seperti yang dijelaskan oleh dokter spesialis penyakit dalam, Ari Fahrizal Syam untuk menjaga agar tubuh tetap bugar.

Baca Juga  Meski Rasanya Asam Jeruk Nipis Punya Khasiat Banyak

“Selama di udara terbuka, minum air sebanyak tiga hingga empat liter untuk mencegah dehidrasi. Lihat warna urin untuk melihat apakah telah terjadi dehidrasi. Jika warna urin kuning, tingkatkan jumlah minum yang dikonsumsi,”jelas Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI), dilansir antaranews.com.

2. Konsumsi banyak buah-buahan

Selanjutnya untuk menghadapi cuaca yang ektrem ini mengkonsumsi banyak buah-buahan adalah solusi agar tetap sehat. Buah-buahan yang mengandung banyak air dan mineral bisa menjaga kondisi tubuh agar tetap kuat dalam kondisi yang ekstrem.

Baca Juga  Tips Hindari Jet Lag Saat Liburan

Buah yang bisa anda konsumsi di cuaca ektrem adalah semangka, kiwi, alpukat, lemon, dan beri. Kelima buah ini mengandung banyak kandungan air, vitamin E, Vitamin C dan gula yang mampu menjaga kondisi tubuh di cuaca panas.

3. Hindari aktivitas di luar ruangan pada pukul 10 pagi hingga 4 sore

Dilansir dari antaranews.com Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti mengimbau masyarakat agar tidak melakukan aktivias di luar ruangan. Imbauan ini berlaku mulai pukul 10 pagi hingga 4 sore. Hal ini perlu dilakukan agar terhindar dari dehidrasi hingga heat stroke karena cuaca yang ekstrem.

Baca Juga  3 Rutinitas Pagi yang Bikin Kamu Makin Produktif

4. Jaga kondisi tubuh

Terakhir, untuk menjaga kondisi tubuh di cuaca yang ekstrem, anda bisa menggunakan pelindung agar tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung. Misalnya saja dengan menggunakan topi atau payung saat beraktivitas di luar. Jangan lupa pula untuk menggunakan sunscreen agar kulit anda terjaga.

Itulah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk menghadapi cuaca yang ekstrem ini.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here