Doyan Ngemil? Tapi Tidak Mau Gendut, Ini Dia Tips Nya

0
ilustrasi via grandslamsfitness com
ilustrasi via grandslamsfitness com

KabarUang.com , Jakarta – Makanan sehat membutuhkan perencanaan yang tepat. Ini tidak hanya berlaku untuk makanan utama saja, tetapi juga makanan ringan yang kerap kamu konsumsi.

Walaupun kebiasaan ngemil dilakukan dengan spontan, Kamu harus merencanakannya dengan sangat baik untuk memastikan camilan yang Kamu makan adalah camilan sehat.

Jika Kamu bingung memilih camilan yang sehat, berikut tiga tips yang bisa membantu memilih camilan yang sehat, supaya tetap langsing. Seperti dilansir dari Times of India, Minggu, 20 Oktober 2019.

Pilih camilan yang tepat

Menurut ahli, camilan harus mengandung antara 150-250 kalori. Makanan ringan Kamu harus mengandung 5 gram protein, 3 gram serat dan tidak lebih dari 12 gram lemak. Protein dan serat akan membantu merasa kenyang lebih lama, jadi Kamu enggak ada keinginan lagi buat mengambil camilan lain.

Baca Juga  Jika Waktu Bisa Kembali , Ini Dia Tanggapan Orang-orang Sukses

Kalau susah mendapatkan semua kandungan itu dalam satu camilan, Kamu bisa menambahkannya dengan camilan lain. Misal, jika satu camilan kurang protein, Kamu bisa mengambil camilan lain yang mengandung banyak protein.

Cara tepat mengonsumsi camilan

Hanya ada satu cara yang tepat untuk mengemil, yaitu sadar. Perlakukan camilan Kamu layaknya makanan ringan, bukan makanan utama. Ambil camilan dengan piring layaknya makanan utama. Ini akan membuat Kamu merasa lebih kenyang.

Baca Juga  Sibuk Bekerja Tapi Ingin Sehat ? Begini Solusinya

Selain itu, jangan melakukan banyak kegiatan saat makan camilan. Nikmati setiap gigitan dan cita rasa makanan.

Sebuah studi yang dilakukan pada 2009 menemukan bahwa ketika Kamu terganggu saat makan, Kamu lebih mungkin untuk ngemil. Ini terjadi ketika kita makan, tubuh memberikan informasi tentang makanan. termasuk rasa, tekstur dan seberapa puasnya kita.

Ini disebut ingatan makanan. Ketika kita tidak memiliki ingatan makanan yang tepat, kita cenderung akan makan berlebih atau sebaliknya kurang makan.

Baca Juga  Wisata Pilihan Berkunjung ke Candi Borobudur Waktu Pagi Buta

Waktu tepat untuk mengemil

Salah satu cara termudah untuk mengetahui kapan Kamu benar-benar membutuhkan camilan adalah dengan menggunakan skala 1 hingga 10, di mana 1 rasa lapar dan 10 kenyang. Kamu perlu camilan saat skornya 3-4.

Sebuah studi pada 2011 yang dilakukan oleh Fred Hutchinson Cancer Research Center menemukan bahwa orang yang melewatkan camilan di pagi hari, kehilangan berat badan lebih banyak dibanding mereka yang mengonsumsi camilan di pagi hari.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here