Belajar Jadi Ibu Milenial dari Acara Popmama Parenting Academy 2019!

0

KabarUang.com, Jakarta – Acara Popmama Parenting Academy yang digelar pada Sabtu lalu (12/10) mengajarkan bagaimana seorang Ibu harus menghadapi anka milenial. Pada acara ini dihadirkan sosok yang bisa membagikan kisahnya sebagai bahan pelajaran. Diantaranya hadir sosok psikolog anak, Saskhya Prima. Selain itu, ada pula bintang tamu yang bisa dijadikan role model soal parenting yakni Adya Kirana seorang selebgram dan mama milenial. Selain itu ada pula seorang Ibu dan anak yang menginspirasi yakni Ibu Beby Erwina dan Kafin Sulthan.

Ilustrasi via PopMama

Ibu Milenial dituntut untuk cerdas dalam mengurus seorang anak. Terlebih untuk mempersiapkan maa depannya. Sehingga dari kecil dibutuhkan arahan yang sesuai dengan bakatnya yang muncul sejak kecil. Berikut ini pelajaran untuk seorang Ibu milenial yang bisa diambil dari acara Popmama Parenting Academy 2019 :

Biarkan anak menemukan gayanya sendiri dalam bakatnya

Hal pertama yang diajarkan oleh Ibu Beby adalah membiarkan anaknya, Kafin Sulthan untuk menemukan gayanya sendiri dalam mengembangkan bakatnya di bidang seni. Meskipun kedua orangtuanya bergerak di bidang seni, Ibu dan Ayah Kafin tidak pernah menunjukkan bakat mereka kepada anaknya.

Baca Juga  Cara Mengambil Uang di ATM dengan Aman

Ini mereka lakukan agar Kafin bisa mengembangkan bakatnya dalam bidang seni dengan caranya sendiri. Karena seperti yang kita ketahui kebanyakan anak, mereke meniru apa yang dilakukan kedua orangtuanya. Alasan inilah yang mengantarkan Ibu dan Ayah Kafin tidak menunjukkan bakat mereka didepan anaknya. Hal ini agar Kafin bisa mengembangkan bakat di bidang seni tanpa mengikuti cara yang dilakukan Ibu dan Ayahnya.

“Kafin itu sudah tertarik dengan menggambar sejak kecil. Kebetulan, ayahnya adalah seorang arsitek. Saya juga suka menggambar. Tapi selama 11 tahun hidup Kafin, saya gak pernah menggambar di depan dia,”ungkap Beby.

Hal ini dilakukannya agar Kafin bisa menggambar dengan caranya sendiri. Sehingga bakatnya bisa berkembang.

Jangan hanya mengarahkan anak pada satu bidang

Selanjutnya, sebagai orangtua tentunya anda punya harapan terhadap cita-cita sang anak. Mislanya, anda adalah seorang dokter, maka tidak menutup kemungkinan bahwa anda menginginkan anak anda kelak menjadi dokter yang sukses seperti anda.

Baca Juga  Tips Menebalkan Alis dan Bulu Mata! Mudah dan Murah!

Namun, perlu diketahui bahwa cara ini adalah cara yang salah. Hal ini karena setiap anak sudah lahir dengan bakatnya sendiri. Tapi, bakat yang dia miliki belum tentu juga sama dengan bakat kedua orangtuanya. Atau boleh jadi masih dalam satu bidang namun dengan cita-cita yang berbeda.

Untuk itu, bagi orangtua yang sudah mengetahui bakat sang anak, jangan arahkan anak hanya pada satu bidang saja. Hal ini karena cita-cita anak bisa saja luas cakupannya. Hal terpenting adalah anda harus berdiskusi dengan sang anak tentang apa yang menjadi cita-citanya. Dengan begini, anda akan mudah dalam mengarahkan anak anda.

Jadilah role model yang baik bagi anak anda

Keluarga adalah sekolah pertama bagi anak. Untuk itu, anda sebagai orangtua harus mencontohkan serta menanamkan nilai-nilai posistif dalam keluarga. Orangtua sudah selayaknya menjadi role model yang baik bagi sang buah hati.

Baca Juga  Belanja Dapet Cashback? Yuk Manfaatkan Jadi Sumber Penghasilan

Hal ini karena buah hati akan meniru setiap perilaku yang dilihatnya. Jika orangtua mengajarkan nilai-nilai positif, maka snag anak pun akan menerapkan nilai-nilai positif yang dia lihat. Begitupun sebaliknya. Jika orangtua mengajarkan nilai-nilai negatif, maka sang anak pun akan menerapkan nilai-nilai negatif itu.

“Mislanya, kita kasih tau ke anak harus cuci tangan. Anak pasti akan tanya kenapa? Jadi bukan hanya menjelaskan buruknya saja, tetapi harus memberikan contoh kepada anak agar mereka lebih mengerti,”tutur Saskya.

Saskhya, psikolog anak itu juga mengatakan bahwa orangtua harus sabar dan konsisten dalam mendidik anak. Jangan sampai mudah menyerah, karena mendidik anak butuh konsistensi yang besar dari kedua belah pihak yakni Ibu dan Ayah.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here