Begini Cara Menghitung Harga Saham Per Lembar

0
ilustrasi via Rizensia com
ilustrasi via Rizensia com

KabarUang.com , Jakarta – Pendapatan per Lembar Saham (Earnings Per Share/EPS) adalah istilah yang umum digunakan dalam dunia keuangan. Pendapatan per Lembar Saham mencerminkan bagian dari laba perusahaan yang dibagikan untuk satu lembar saham. Oleh sebab itu, jika Anda mengalikan EPS dengan seluruh jumlah lembar saham yang dimiliki oleh perusahaan, Anda akan bisa menghitung laba bersih dari perusahaan ini. EPS adalah hasil perhitungan yang selalu diperhatikan oleh para pengamat pasar saham.

Hal pertama yang harus dilakukan yaitu coba carilah angka pendapatan bersih atau laba bersih perusahaan pada tahun sebelumnya. Informasi ini bisa ditemukan di banyak laman web keuangan, atau di situs web perusahaan. Menggunakan pendapatan bersih atau laba perusahaan sebagai angka yang utama dalam perhitungan ini adalah cara yang paling sederhana dalam menentukan EPS.

Sebagai contoh, misalnya Anda ingin menghitung EPS dari Microsoft berdasarkan laba bersih perusahaan. Melalui pencarian cepat, situs web Microsoft memberikan informasi kepada Anda bahwa selama tahun 2012, laba bersih perusahaan hampir mendekati $17 milyar.

Berhati-hatilah agar tidak keliru menggunakan angka laba bersih perusahaan kuartalan sebagai laba bersih tahunan. Perhitungan laba kuartalan dilakukan setiap tiga bulan, sementara laba tahunan dihitung setiap 12 bulan. Jika laba kuartalan digunakan sebagai laba tahunan maka hasil perhitungan EPS Anda akan menjadi empat kali lebih kecil.

Baca Juga  6 Cara Bermain Saham Online untuk Pemula

Langkah selanjutnya yaitu cari tahu berapa jumlah lembar saham yang beredar. Berapa banyak lembar saham yang dimiliki oleh perusahaan di bursa saham? Informasi ini bisa diperoleh dengan mengunjungi situs web keuangan dan mencari informasi perusahaan.

Kita lanjutkan dengan menggunakan contoh Microsoft. Pada saat artikel ini ditulis, Microsoft mempunyai 8,33 milyar lembar saham yang sedang beredar.

Langkah selanjutnya bagilah laba bersih dengan jumlah lembar saham yang sedang beredar. Dengan menggunakan data dari Microsoft sebagai contoh, kita akan membagi $17 milyar dengan 8,33 milyar dan hasilnya adalah angka EPS sebesar $2.

Gunakan contoh lainnya. Kita umpamakan sebuah perusahaan bola bocce meraih laba sebesar $4 juta dan mempunyai 575.000 lembar saham yang sedang beredar. Kita bagi $4 juta dengan 575.000 dan mendapatkan angka EPS sebesar $6,95.

Adapun cara menghitung yang kedua yaitu menghitung EPS tertimbang. Hal pertama yang harus dilakukan yaitu Lakukanlah sedikit penyesuaian dalam perhitungan EPS secara sederhana untuk memperoleh angka EPS tertimbang. Hasil perhitungan EPS tertimbang akan lebih akurat karena angka yang dipergunakan sudah memperhitungkan dividen yang dibayarkan oleh perusahaan kepada para pemegang saham. Akan tetapi perhitungan dengan rumus ini akan lebih rumit jika dibandingkan dengan rumus EPS secara sederhana, sehingga tidak begitu sering dipergunakan sekalipun cara perhitungan ini lebih akurat.

Baca Juga  OJK Blokir Sebanyak 177 Fintech Ilegal Tahun Ini 2019

Yang kedua yaitu coba temukan angka dividen yang dibagikan oleh perusahaan untuk saham preferen. Dividen adalah sejumlah uang yang dibayarkan kepada para pemegang saham — biasanya per kuartal — dari laba perusahaan.

Dalam contoh berikut ini, kita akan menggunakan data perusahaan Apple untuk menghitungnya. Selama tahun 2012, Apple mengumumkan bahwa perusahaan akan membayar dividen per kuartal sebesar $2,5 milyar, dimulai dari kuartal ketiga.[4] Dengan demikian, selama tahun berjalan, total dividen yang dibayarkan oleh perusahaan adalah sebesar $5 milyar.

Yang selanjutnya coba carilah berapa laba bersih perusahaan lalu kurangilah dengan dividen untuk saham preferen. Dalam contoh menggunakan data perusahaan Apple ini, pencarian cepat menunjukkan bahwa laba bersih Apple selama tahun 2012 adalah sebesar $41,73 milyar Kurangilah angka $5 milyar ini dari $41,73 milyar sehingga menghasilkan angka $36,73 milyar.

Langkah terakhir coba bagilah hasil pengurangan ini dengan jumlah lembar saham yang beredar. Laba bersih Apple setelah dikurangi dengan dividen pada tahun 2012 adalah sebesar $36,73 milyar. Bagilah jumlah ini dengan jumlah saham yang beredar yaitu 934,82 juta, dan hasilnya adalah EPS tertimbang sebesar $39,29.

Hal ketiga kita manfaatkan hasil perhitungan EPS yaitu dengan cara pertama Gunakanlah hasil perhitungan EPS sebagai barometer untuk mengukur profitabilitas sebuah perusahan. EPS memberikan petunjuk kepada para investor dan calon investor mengenai profitabilitas sebuah perusahaan. Angka EPS yang lebih tinggi pada umumnya menunjukkan bahwa kondisi perusahaan ini lebih baik dalam menghasilkan keuntungan. Seperti angka-angka yang lainnya, bagaimanapun juga EPS tidak boleh dilihat secara terpisah. Tidak pasti jika angka EPS tinggi berarti sahamnya harus dibeli, dan jika angka EPS rendah berarti sahamnya harus dijual. Angka EPS suatu perusahaan harus dilihat dalam kaitannya dengan perusahaan lain.

Baca Juga  PT Kencana Energi Lestari Tetapkan Harga Saham Rp. 396 per Saham

Ketahuilah bahwa lebih dari sekedar perhitungan, EPS bisa merupakan faktor terpenting yang menentukan harga saham perusahaan. Mengetahui besarnya EPS dari suatu perusahaan lebih bermanfaat daripada mengetahui laba perusahaan sebab EPS akan menjelaskan tentang kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba. (Sebuah perusahaan besar yang menghasilkan laba bersih $1 juta tidaklah begitu mengesankan jika dibandingkan dengan perusahaan kecil yang sama-sama menghasilkan laba $1 juta.) EPS juga merupakan kesatuan dalam melakukan evaluasi atas rasio Harga Saham terhadap Pendapatan (Price to Earning Ratio), atau rasio P/E.

Ketahuilah bahwa hasil perhitungan EPS saja tidak cukup dalam memberikan informasi sebagai dasar pengambilan keputusan untuk melakukan investasi. EPS hanya memperlihatkan kepada Anda bagaimana pencapaian suatu perusahaan dibandingkan dengan perusahaan lain, atau bagaimana pencapaian perusahaan ini dalam bidang industrinya secara keseluruhan, tetapi angka ini tidak memberikan petunjuk apakah berinvestasi di perusahaan ini adalah keputusan yang paling tepat atau apakah nilai perusahaan ini yang terlalu tinggi.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here