5 Dasar Cara Investasi Bitcoin

0

KabarUang.com, Jakarta – Seperti yang kita ketahui ada banyak investasi yang bisa kita lakukan, salah satunya investasi bitcoin. Dewasa ini, investasi bitcoin semakin populer. Hal ini karena bitcoin memberikan keuntungan yang cukup menjanjikan dengan cara kerja yang mudah bagi pemula.

Ilustrasi via Cermati

Namun, perlu diperhatikan bahwa trading bitcoin pun memiliki resikonya. Harga yang fluktuatif membuat trader sulit memperkirakan kenaikan serta penurunan harga. Prinsipnya yakni melakukan sell ketika harga jual lebih rendah dibanding harga beli. Eksekusi buy akan dilakukan ketika harga sedang mengalami penurunan sampai batas yang diharapkan.

Saat ini pasar bitcoin masih baru dan sedang berkembang. Namun, tidak semua orang bisa berhasil dan mendapatkan uang dalam waktu yang cepat. Pasalnya, banyak trader yang salah mengambil langkah. Berikut ini beberapa dasar cara investasi bitcoin bagi pemula :

Pahami grafik harga

Hal pertama yang harus anda perhatikan ketika anda ingin investasi bitcoin adalah anda harus memahami fondasi grafik harga dan grafik dasar lainnya. Kebanyakan dari kesalahan trader adalah tidak memahami fondasi grafik ini sehingga mereka mengambil keputusan yang salah. Meskipun terbilang rumit, grafik pergerakan pasar dan harga koin memiliki pola grafik yang dapat diidentifikasi dengan analisa yang tepat. Artinya, anda harus memiliki pemahaman soal fondasi grafik harga dan pergerakan pasar untuk memperoleh profit yang lebih besar.

Baca Juga  3 Keuntungan Investasi Emas di Bukalapak

Meski tidak ada jaminan di pasar kripto, teknik menganalisa bisa memperkecil resiko. Jadi, anda harus sedikit paham soal dasar-dasar investasi bitcoin seperti candlestick, trendline, zona dukungan (support zone), dan zona resistensi (resistance zone).

Lakukan sebuah riset

Selanjutnya yang harus anda lakukan sebagai dasar cara investasi bitcoin adalah melakukan riset. Hal ini karena biasanya trader bitcoin tergabung dalam grup telegran, twitter, forum atau media sosial online lainnya. Forum ini bermanfaat untuk trader agar mendapatkan informasi dan update tentang hal-hal yang bisa diketahui di dunia trading.

Namun, perlu diperhatikan, banyak pula diantara mereka yang menggunakan akun palsu untuk mengelabui calon pembeli. Biasanya mereka akan memberikan informasi yang berbeda dengan faktanya. Untuk itu, agar anda terhindar dari informasi yang salah, anda harus melakukan riset sendiri.

Riset ini adalah riset dasar yang perlu anda lakukan. Anda harus memahami apa pengertian dari bitcon, bagaimana harganya bergerak, tahap perkembangannya dan banyak hal lagi. Selanjutnya anda juga harus update berita terbaru tentang analisis pasar.

Hindari panic selling

Investasi bitcoin yang naik turun harganya sangat sering terjadi, memungkinkan anda mudah terpengaruh orang lain. Dalam kondisi ini panic selling seringkali terjadi sehingga merugikan diri anda sendiri.

Baca Juga  Neraca Perdagangan Pada Bulan April Diprediksi Defisit Dikisaran USD376 Juta

Menjual bitcoin dengan harga yang lebih rendah dibanding dengan harga beli hanya akan merugikan diri anda. Kondisi pasar yang tidak stabil dalam investasi bitcoin memang sengaja diciptakan oleh para pelaku agar mereka mendapat ungtung yang besar. Untuk itu, anda harus menunggu kondisi pasar hingga stabil untuk menjual bitcoin.

Membuat Exit Plan

Dengan kondisi pasar yang tidak stagnan, hal yang harus anda lakukan adalah membuat exit plan. Ketika trend harga sedang menanjak jangan terlalu lama menunggu harga naik lebih tinggi. Hal ini karena kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi kedepannya.

Jadi, ketika harga sudah naik, anda harus membuat sebuah keputusan. Berikut cara yang bisa anda lakukan untuk investasi bitcoin :

  • Membuat exit plan. Maksudnya adalah eksekusi buy. Tetapkanlah harga minimun untuk eksekusi sell. Hal ini dilakukan dengan perkiraan bahwa anda sudah mendapatkan profit yang jelas. Begitu batas tersebut sudah bisa anda capai, segera jual bitcoin anda karena anda sudah mendapatkan keuntungan.
  • Menjual sebagian bitcoin anda. Hal ini bisa menjadi pilihan anda agar anda bisa meraup keuntungan yang lebih besar. Sisa dari bitcoin yang anda miliki bisa anda jual ketika harga semakin melambung.
Baca Juga  Punya Modal Dana 1jt? Tapi Ingin Berinvestasi? Yuk Coba 4 Jenis Investasi Ini

Eksekusi trading bertahap

Terakhir yaitu cara investasi bitcoin bagi pemula bisa dilakukan dengan cara melakukan eksekusi trading secara bertahap. Maksudnya adalah anda jangan pernah menggunakan semua uang yang anda miliki untuk satu kali transaksi, meskipun harga bitcoin sedang rendah. Jika anda menemukan kondisi dimana anda menemukan titik yang bagus untuk masuk pasar trading, anda cukup alokasikan dana anda sebanyak 50 atau 60% dari jumlah keseluruhan. Sisanya bisa anda gunakan setelah melihat kondisi pasar.

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk investasi bitcoin bagi pemula. Tips lainnya bagi anda yang masih pemula dalam investasi bitcoin adalah jangan gunakan tabungan masa depan anda untuk investasi bitcoin. Karena hal ini akan mempengaruhi kestabilan keuangan keluarga anda ketika anda mengalami kerugian.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here