5 Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa

0

KabarUang.com, Jakarta – Mahasiswa selalu dituntut untuk mandiri dan kreatif. Alih-alih menghabiskan uang kedua orang tua, mahasiswa dituntut untuk menghasilkan uang. Meski tidak bisa sepenuhnya untuk menanggung biaya kuliah sendiri, setidaknya sebagai mahasiswa kita bisa jajan dengan uang hasil jerih payah sendiri.

Untuk itu, ada beberapa bisnis yang cocok untuk mahasiswa. Dimana seorang mahasiswa masih bisa fokus untuk mencari ilmu namun bisa menghasilkan. Bisnis ini juga bukan hanya sekedar menghasilkan untuk mahasiswa, namun juga sebagai bekal pembelajaran setelah lulus kuliah. Hal ini karena bisa jadi ada sebagian mahasiswa yang memilih jadi pengusaha ketimbang bekerja sesuai dengan bidangnya.

Ilustrasi via Mamikos

Berikut ini bisnis yang cocok untuk mahasiswa :

1. Bisnis pulsa elektrik

Bisnis yang cocok untuk mahasiswa yang pertama adalah bisnis pulsa elektrik. Kenapa demikian ? Karena kita tidka membutuhkan modla yang cukup besar untuk menjualnya. Modalnya juga hanya smartphone dan pulsa.

Bisnis pulsa elektrik pun adalah bisnis yang snagat mudah. Anda bisa mendaftarkan diri anda ke agen pulsa. Setelah itu anda akan menerima kode untuk pengiriman pulsanya. Biasanya pihak agen akan menjelaskan bagaimana cara kerjanya.

Baca Juga  Kemenkop UKM Temukan Investasi Bodong Dalam Usaha Berbasis Koperasi

Keuntungannya sendiri memang hanya sedikit, sekitar 500 hingga 1000 rupiah. Namun, jika banyak pelanggan yang membeli pulsa, anda akan mendapatkan pendapatan yang lumayan. Bisnis pulsa elektrik juga bukan tanpa resiko. Biasanya anda harus siap dengan adanya utang pembayaran pulsa. Sebab, teman anda bisa saja membeli pulsa di malam hari dan baru akan dibayarkan ketika bertemu di kampus esok hari.

2. Bisnis online shop

Selanjutnya peluang bisnis yang cocok untuk mahasiswa adalah bisnis online shop. Produk yang bisa dipilih untuk dijual secara online sangatlah beragam. Mulai dari baju, celana, gamis, kerudung, pernak-pernik dan sebagainya. Pilihlah satu produk yang paling diminati di kampusmu.

Lalu, sering-seringlah upload bahwa kamu menjual produk tersebut. Dengan begini, ketika mereka membutuhkan produkmu mereka akan mencarimu untuk membeli produk tersebut. Ada banyak pilihan jasa pengantaran dalam menjalani bisnis online ini. Pilihlah yang terjangkau olehmu. Selain itu, metode pembayarannya juga beragam. Tergantung dari metode apa yang paling mudah menurutmu. Lebih enak lagi, kamu tidak membutuhkan modal jika kamu menerapkan sistem dropship.

Baca Juga  Penjualan Microsoft Corp Kalahkan Ekspetasi Karena Pertumbuhannya Yang Melambat

3. Bisnis les privat

Bisnis yang cocok untuk mahasiswa selanjutnya adalah bisnis les privat. Bagi kamu yang suka belajar atau memang kamu merasa bisa mengajarkan orang lain, kamu bisa membuka bisnis les privat ini. Misalnya saja mengajarkan anak SD, SMP atau bahkan SMA jika kamu sanggup. Mata pelajaran yang bisa diajarkan pun beragam. Mulai dari pelajaran yang paling sering diles kan misalnya matematika, kimia, biologi atau fisika. Bisa pula pelajaran kebahasaan seperti bahasa inggris.

Bisnis ini akan sangat laris ketika menjelang ujian atau kenaikan kelas. Biasanya biaya les privat dihargai lebih tinggi karena kamu harus datang ke rumah muridmu. Aturlah jadwalnya sesuai dengan jadwal kosongmu. Jangan sampai jadwal mengajar les privat bentrok dengan jadwal kuliah.

4. Bisnis camilan/makanan kecil

Selanjutnya bisnis yang cocok untuk mahasiswa adalah bisnis makanan kecil atau camilan. Sebagai seorang mahasiswa, camilan dibutuhkan untuk teman mengerjakan tugas. Untuk itu, ini bisa menjadi peluang yang besar untuk kamu yang ingin berbisnis.

Baca Juga  Yuan Anjlok Turun di Tengah Virus Corona Sedang Meningkat

Banyak makanan kecil atau camilan yang bisa kamu jual misalnya saja keripik, kue, jajanan pasar, gorengan dan masih banyak lagi. Biasanya bisnis makanan ini adalah bisnis yang akan terus berjalan karena sudah menjadi kebutuhan.

5. Bisnis servis komputer/laptop

Terakhir, jika kamu senang memperbaiki sesuatu, terkhusus komuter, kamu bisa membuka bisnis servis komputer/laptop. Bisnis ini sangat potensial untuk mahasiswa yang saat ini sudah banyak yang memiki taptop.

Kamu membutuhkan beberapa peralatan seperti obeng, tang dan alat-alat lainnya. Kamu bisa mempromosikan bisnis ini kepada teman terdekat anda. Jangan lup memberikan pelayanan yang maksimal. Hal ini agar banyak pelanggan yang lapang untuk waktumu. Jadi, setidaknya ada dua kemmapuan yang harus dikuasai, yakni soal software dan hardware.

Itulah beberapa bisnis yang cocok untuk mahasiswa. Jadilah mahasiswa yang kreatif dan mandiri. Selamat mencoba berbisnis.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here