3 Keunggulan Investasi Saham Syariah

0

KabarUang.com, Jakarta – Sebagaian masyarakat percaya bahwa investasi saham bertentangan dengan prinsip agama, terlebih bagi pemeluk agama Islam. Namun, saat ini sudah hadir inovasi baru yakni investasi saham syariah.

Ilustrasi via Laduni

Pada tahun 2011 lalu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) menerbitkan fatwa mengenai penerapan prinsip syariah dan pasar modal dengan sisitem syariah. Investasi saham syariah ini adalah bukti surat berharga atas penyertaan modal untuk suatu perusahaan dimana keuntungan dari pembeliannya saham ini dilakukan dengan bagi hasil. Hal ini dilakukan sesuai dengan prinsip agama.

Selain itu juga, saham syariah sudah pasti terhindari dari riba. Tidak seperti saham konvesnional lain atau cara sistem perbankan lain yang bisa dikatakan haram karena riba. Kini, bagi anda yang beraga Islam tidak perlu khawatir karena investasi saham syariah ini tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip Islam, terlebih riba.

Investasi saham syariah ini memiliki banyak keunggulan. Berikut ini keunggulan investasi saham syariah :

Sesuai dengan ajaran agama

Hal pertama yang menjadi keunggulan investasi saham syariah ialah investasi ini menganut prinsip-prinsip Islam. Saham syariah yang tercatat di pasar modal sudah tercatat di pasar modal. Bukan hanya itu, investasi saham syariah ini sudah dijamin kehalalannya oleh MUI (Majelis Ulama Indonesia). Untuk itu, bagi anda yang ingin berinvestasi, anda bisa memilih investasi saham syariah.

Baca Juga  5 Investasi Yang Menguntungkan

Investasi saham syariah ini dilakukan dengan cara melakukan akad atau perjanjian antara kedua belah pihak yakni investor dan pemilik saham. Lalu nantinya akan dijelaskan mengenai hal-hal yang diharamkan oleh Islam.

Semua aktivitas investasi saham syariah ini dilakukan dengan memberi kejelasan untuk kedua belah pihak. Hal ini dilakukan agar tidak adanya fitnah selama proses investasi ini berlangsung. Kedua belah pihak pun diperbolehkan membahas hal-hal yang sifatnya kritis soal persetujuan investasi.

Selain itu juga dalam investasi saham syariah ini tidak adanya praktik maisyir, gharar dan riba yang semuanya dilarang oleh agama. Investasi saham syariah cenderung lebih terbuka dan demokratis. Apabila ada masalah ditengah berjalannya investasi, maka masalah yang ada harus segera diselesaikan. Sehingga hal ini tidak akan menimbulkan kerugian yang cukup besar.

Lebih aman dan minim resiko

Selanjutnya yang menjadi keunggulan dari investasi saham syariah adalah lebih aman dan minim resiko. Dikatakan lebih aman karena investasi saham syariah ini tidak memperbolehkan adanya disinformasi atau kebohongan yang terjadi dalam proses investasi. Pasalnya, kebanyakan investasi saham konvensional yang menyebarkan berita bohong atau disinformasi demi memajukan suatu perusahaan yang akan diinvestasikan.

Baca Juga  7 Tips Investasi Reksadana

Selain itu juga, investasi saham syariah dinilai lebih minim resiko. Hal ini karena investasi saham syariah berpegang teguh pada prinsip kepercayaan. Bukan hanya itu, diantaranya saham-saham syariah yang ada, terdapat saham syariah yang dikategorikan sebagai saham blue chip (saham kapitalisasi besar). Maksudnya adalah saham yang minim resiko dari penurunan harga yang terlalu dalam. Dengan kata lain, investasi syariah lebih minim resiko.

Mendapat keuntungan lewat capital gain atau pembagian deviden

Terakhir, keunggulan yang akan anda dapatkan ketika anda investasi saham syariah yakni anda akan mendapatkan keuntungan melalui capital gain atau pembagian deviden. Maksudnya adalah jika saham anda bertumbuh dan mencapai harga yang ditargetkan, maka anda bisa menjualnya dengan mendapatkan untung yang besar (capital gain). Lalu, jika saham yang anda miliki setiap tahunnya berbagi keuntungan dengan investor, maka anda bisa dipastikan mendapatkan pembagian deviden setiap tahunnya.

Baca Juga  Ini Dia Maskapai Murah Yang Ada di Bandara Soekarno-Hatta

Itulah beberapa keunggulan yang hanya akan anda dapatkan jika anda investasi saham syariah. Lalu, seperti apa saham yang harus dibeli ? Berikut ini rekomendasi saham syariah yang harus anda beli :

  1. Unilever Indonesia (UNVR). Meskipun saham ini dikenal cukup mahal dan per lembarnya dihargai dengan harga Rp 45 ribu namun pergerakan saham UNVR ini juga cenderung naik. Saham ini juga sudah termasuk saham syariah blue chip.
  2. Indofood CBP Sukses Makmur (ICBP). Saham ini dijual dengan harga Rp 10.125 per lembarnya. Meski sedikit mahal, saham ini termasuk kedalam syariah blue chip.
  3. Telekomunikasi Indonesia (TLKM). Saham yang satu ini dihargai dengan harga Rp 4.290 per lembarnya. Namun profit dan revenuenya terus meningkat. Saham TLKM juga sudah termasuk saham blue chip.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here