3 Jenis Usaha Modal Kecil Untung Besar

0

KabarUang.com, Jakarta – Hal pertama yang dipikirkan oleh kebanyakan orang yang ingin terjun ke dunia usaha adalah modal. Modal menjadi faktor penting yang juga bisa menghambat berdirinya usaha itu sendiri.

Maka dari itu, anda harus pintar dalam mengelola modal. Terlebih jika modal yang anda miliki hanya sedikit. Carilah jenis usaha modal kecil untung besar. Artinya, usaha yang anda pilih haruslah dengan modal yang terjangkau namun memberikan keuntungan yang besar bagi anda.

Ilustrasi via Mogloger

Berikut jenis usaha modal kecil untung besar :

Usaha Berbasis Internet

Jenis usaha modal kecil untung besar yang berada di uruan nomor satu adalah usaha berbasis internet. Hal ini karena internet bukan lagi barang mahal bagi banyak orang. Bahkan, internet sudah menjadi kebutuhan pokok yang wajib di beli. Jenis udaha berbasis internet ini bisa dikatakan tanpa modal, karena hanya mengandalkan koneksi internet saja.

Anda bisa memilih usaha menjadi seorang droppshiper. Artinya, anda menjual produk milik orang lain tanpa perlu anda mengeluarkan modal. Jadi, jika ada yang memesan barang, anda hanya perlu meneruskannya kepada supplier barang tersebut. Setelah itu biarkan supplier anda yang menyiapkan barangnya untuk anda. Lalu anda bisa memberikan barang itu kepada konsumen anda.

Baca Juga  Jepang Sedang Incar Tenaga Kerja Yang Punya Skiil Tinggi Dari Indonesia

Anda bisa melakukan berbagai promosi di berbagai media dengan koneksi internet. Misalnya lewat facebook, twitter, atau instagram. Dengan begini, anda bis amendapatkan keuntungan yang besar tanpa harus mengeluarkan modal. Terlebih, anda juga tidak harus memikirkan barang yang tidak akan terjual karena anda tidak perlu stock barang.

Setelah keuntungan yang anda dapatkan cukup, tahap selanjutnya adalah membuka toko online. Anda hanya membutuhkan uang sekitar Rp 300 ribu saja per tahun untuk domain dan hosting. Jika anda merasa tidak bisa membuat website toko online sendiri, anda bisa meminta bantuan jasa pembuatan website. Biasanya harganya sebesar Rp 500 ribu. Jadi bisa diperkirakan modal yang anda butuhkan adalah Rp 800 ribu rupiah.

Modal itu jauh lebih hemat dibandingkan dengan anda harus membuka toko secara konvensional dan membayar sewa lapak. Belum lagi, toko online memiliki jangkauan yang luas dibanding dengan toko konvensional.

Selain yang sudah disebutkan, jenis usaha berbasis internet sebenarnya masih banyak lagi. Misalnya saja seperti publisher adsense, bisnis blogger, dan masih banyak lagi. Saatnya anda merencanakan bisnis internet apa yang akan anda pilih.

Baca Juga  6 Jenis Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar

Usaha Jasa

Selanjutnya, jenis usaha modal kecil untung besar adalah usaha di bidang jasa. Seperti dengan namanya, jenis usaha jasa ini adalah sebuah usaha dimana anda menjual jasa anda. Usaha di bidang jasa banyak ragamnya. Seperti usaha di bidang properti, jasa konsultasi hingga jasa desain.

Usaha jasa ini tidak membutuhkan modal yang besar, namun membutuhkan keahlian. Contohnya saja usaha jasa konsultasi, konsultasi hukum, konsultasi keuangan, jasa pembuatan website, jasa desain busana, jasa desain interior, jasa desain grafis dan banyak lagi.

Anda tidak diharuskan memiliki sebuah kantor. Ini karena anda bisa saja bertemu dengan klien anda di luar. Misalnya saja di restoran, coffe shop atau bahkan datang ke rumah anda atau sebaliknya. Anda juga bisa menyewa ruangan yang bisa dijadikan kantor untuk beberapa jam bertemu dengan klien. Dengan begini, anda tidak perlu mengeluarkan modal yang besar untuk usaha di bidang jasa.

Usaha di bidang kreatif

Terakhir, jenis usaha modal kecil untung besar yakni usaha di bidang kreatif. Maksudnya anda mengandalkan kreatifitas yang anda miliki. Misalnya saja seperti membuat kerajinan yang bernilai jual tinggi.

Baca Juga  IHSG Sesi I Kini Tergelincir ke Angka 5.871

Saat ini sudah banyak yang terjun ke dunia usaha di bidang kreatif ini. Bahkan mereka menyulap sampah menjadi sebuah seni yang bernilai jual tinggi. Salah satu yang berhasil yakni Salam Rancage yang mampu menyulap koran bekas menjadi aneka produk mebel yang berkualitas bahkan bisa di ekspor ke berbagai negara. Produknya kini sudah merambah pasar Eropa.

Selanjutnya, contoh lain yakni kaleng Lani yang membuat kaleng bekas menjadi bernilai tinggi. Ada juga limbah kayu yang disulap menjadi kap lampu batik yang menarik. Usaha di bidang kreatif ini boleh dibilang jenis usaha modal kecil untung besar, sebab bahan bakunya adalah barang bekas yang sudah tak terpakai. Hanya dengan modal kreatifitas yang anda miliki, anda akan mendapatkan keuntungan yang besar.

Itulah beberapa jenis usaha modal kecil untung besar yang bisa anda coba. Sesuaikan dengan kemampuan yang anda miliki dan peluang yang ada.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here