3 Dasar Cara Investasi Bitcoin

0

KabarUang.com, Jakarta – 3 dasar cara investasi Bitcoin berikut dapat menjadi referensi khususnya bagi investor pemula.

3 Dasar Cara Investasi Bitcoin
Ilustrasi via Coindesk

Investasi digital bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya investasi mata uang kripto yang sedang naik daun. Investasi bitcoin ini bisa dimulai dari nominal yang terkecil seperti 100 ribu rupiah.

Bitcoin sendiri berfungsi untuk memudahkan transaksi pengiriman uang keseluruh penjuru dunia. Pembuatan bitcoin membutuhkan biaya produksi yang besar. Inilah yang menyebabkan bitcoin dipilih karena harganya yang menjulang. Namun, tak jarang harga bitcoin pun bisa turun drastis.

Dahulu investasi bitcoin bukanlah pilihan yang tepat karena membutuhkan banyak biaya, namun saat ini bitcoin bisa dijadikan investasi pilihan. Saat ini, investasi bitcoin bisa dilakukan secara gratis melalui fasilitas dari situs ternama.

Investasi bitcoin bisa dilakukan dengan aman menggunakan mata uang lokal. Maksudnya kita bisa menggunakan mata uang rupiah, dibanding harus menukarnya dengan dolar. Di Indonesia sendiri investasi bitcoin bisa dilakukan di tempat jual beli bitcoin resmi yang didirikan pemerintah.

Berikut ini dasar cara investasi bitcoin :

Investasi di Exchange Terpercaya

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk investasi bitcoin yaitu dengan menyimpan uang kripto di ‘dompet’ atau ‘wallet’. Nantinya dompet ini akan berisi angka dan huruf yang disebut dengan ‘address’ atau alamat. Layaknya nomor rekening bank, address ini memiliki fungsi yang sama.

Baca Juga  3 Investasi Jangka Pendek, Pilihan Terbaik Anda

Anda bisa daftarkan diri anda ke situs INDODAX untuk mendapatkan address walllet anda. Situs ini adalah tempat investasi bitcoin yang sudah terpercaya dan ternama di Indonesia. Pendaftarannya gratis, jadi anda tidak perlu mengeluarkan modal untuk mendaftar. Anda hanya harus mengikuti prosedurnya seperti ketika anda membuat rekening bank.

Anda diharuskan melampirkan foto, KTP dan nomor rekening bank untuk melakukan pencairan uang bitcoin. Setelah akun anda disetujui, maka anda bisa lengsung membeli bitcoin atau kripto lain yang ada di situs tersebut. Namun, jangan lupa untuk isi deposito terlebih dahulu untuk melakukan transaksi.

Usahakan untuk membeli bitcoin atau kripto ketika harga sedang turun. Sebaliknya, hindari investasi bitcoin ketika harga mulai naik. Hal ini karena biasanya bitcoin akan naik secara signifikan.

Resiko investasi bitcoin bisa dibilang tidak selalu anjlok. Namun, anda akan rugi jika anda belum bisa membeli bitcoin di waktu yang tepat. Membeli bitcoin di waktu yang salah membuat modal investasimu semakin lama kembali.

Baca Juga  Rupiah Pada Pagi Ini Menguat ke Angka Rp14.335/USD

Cloud Minning

Selanjutnya, cara kedua yang bisa anda lakukan untuk investasi bitcoin adalah melalui pembelian cloud mining. Cara ini bisa dilakukan dengan menyewa penambangan bitcoin yang sudah disediakan provider. Biasanya investasi ini dimulai dengan harga 10 hingga 25 dolar AS. Kita hanya perlu menunggu hasilnya setiap hari. Anda bisa menawarkan kontrak tahunan atau seumur hidup (llifetime).

Jika anda memilih lifetime maka anda hanya harus membayar satu kali saja. Biaya operasionalnya akan dipotong setiap hari dari bitcoin yang anda hasilkan. Jadi, selama bertahun-tahun kita akan mendapatkan bagi hasil profit sebanyak 50 hingga 60 persen. Sisanya digunakan untuk biaya operasional dan jasa perawatan.

Cara investasi bitcoin ini bisa dilakukan dengan mendaftar di website Minergate dan CCG MIning. Biasanya investasi bitcoin dengan cloud minning resikonya tidak besar. Hal ini karena nilai jualnya tergantung hasil penambangan bitcoin.

Investasi ICO

Terakhir, dasar investasi bitcoin bisa dilakukan dengan cara ICO (Initial Coin Offering). Biasanya investasi ini yang paling beresiko. Banyak website yang menawarkan ICO namun kebanyakan proyeknya tidak dijalankan sama sekali. Bahkan ada juga yang tutup secara tiba-tiba dan membawa kabur ratusan bitcoin.

Baca Juga  Mahasiswa IT? Tenang 3 Peluang Karir Ini Bisa Jadi Acuan Kamu

Namun, investasi bitcoin dengan ICO juga bisa menguntungkan. Hal ini apabila kita mengetahui betul proyek yang direncanakan. Misalnya seperti mengetahui siapa saja yang ada dibalik pengembang software, apakah proyek yang dibuat inovatif dan pertanyaan lainnya. Jika proyeknya berjalan sukses, anda bisa mendapatkan keuntungan ratusan kali lipat.

Berikut ini tips dasar yang perlu anda ketahui sebelum memulai investasi bitcoin :

  1. Beli dan gunakan hardware wallet bitcoin.
  2. Biasakan catat beragam situs informasi tentang bitcoin.
  3. Install Software Anti Crypto Phising.
  4. Gunakan Local/Offline Wallet Bitcoin.
  5. Jangan mudah percaya dengan pesan yang tersebar di Internet.
  6. Selalu nyalakan fitur 2FA (2 Factor Authentication).

Itulah dasar cara investasi bitcoin serta tips melakukan investasi bitcoin. Selamat mencoba.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here